Pengobatan alami agar ph tubuh tidak terlalu asam - Sebagian besar dari kita bahkan tidak pernah memikirkan tingkat pH tubuh kita. Tapi sekarang saatnya untuk memikirkannya.

PH yang tepat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Memiliki pH tubuh seimbang sangat bermanfaat untuk terhindar dari penyakit.

Tingkat pH diukur pada skala nol sampai 14. pH yang lebih rendah berarti tubuh Anda lebih asam, sedangkan pH yang lebih tinggi berarti tubuh Anda lebih basa. Kebanyakan orang dengan ketidakseimbangan cenderung memiliki pH asam.

Sebenarnya, ini adalah ketidakseimbangan keasaman dan alkalinitas yang memungkinkan organisme tidak sehat berkembang, lalu merusak jaringan dan organ yang sehat, dan menurunkan kekebalan tubuh Anda.

Efek tingkat pH yang buruk dapat menyebabkan alergi, asma, kelelahan, sering demam, sakit kepala, radang, nyeri sendi dan otot, masalah kulit, bisul dan penambahan berat badan.

Tingkat pH yang tidak seimbang dapat terjadi karena penggunaan alkohol dan nar*koba, penggunaan antibiotik berlebihan, makanan yang tidak sehat, stres kronis, kurang olahraga, berada di daerah yang sangat tercemar, pernapasan dangkal dan paparan bahan kimia dan radiasi dari produk rumah tangga.

Pengobatan Alami Agar pH Tubuh Tidak Terlalu Asam

Pengobatan Alami Agar pH Tubuh Tidak Terlalu Asam

Anda dapat dengan mudah menyeimbangkan tingkat pH Anda dan memperbaiki lingkungan yang terlalu asam di tubuh Anda dengan menggunakan pengobatan rumah sederhana dan perubahan gaya hidup. Berikut adalah 10 pengobatan rumah alami agar pH tubuh tidak terlalu asam.

1. Cuka Sari Apel

Untuk pengobatan alami agar pH tubuh tidak terlalu asam dan memastikan tingkat pH seimbang, cuka sari apel sangat efektif.

Meski bersifat asam, cuka sari apel membantu alkalize tubuh Anda bila sudah terlalu asam. Plus, ini menyulitkan bakteri jahat untuk bertahan dan membunuh bakteri, virus dan protozoa, yang memungkinkan bakteri baik berkembang di tubuh Anda.
  • Campurkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa pemanis ke dalam segelas air suam-suam kuku.
  • Campurkan sedikit madu untuk meningkatkan rasa sekaligus untuk meningkatkan manfaat kesehatan.
  • Minum 1 sampai 2 gelas tonik kesehatan ini setiap hari.

2. Baking Soda

Baking soda sangat alkali, dan ini dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh Anda. Selain itu, ia bekerja sebagai antasid alami untuk menetralkan asam lambung dan memberikan kelegaan dari ketidaknyamanan yang terkait.

Untuk pengobatan alami agar pH tubuh tidak terlalu asam, caranya ialah;
  • Campur bersama ½ sendok teh baking soda dan 2 sendok makan jus lemon.
  • Tambahkan 1 gelas air ke dalamnya dan langsung diminum dalam satu kali duduk.
  • Lakukan sekali atau dua kali sehari.

Catatan: Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, jangan mengkonsumsi baking soda tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Air lemon

Untuk memperbaiki tingkat pH asam dan menjaga tubuh Anda basa, mulailah hari Anda dengan air lemon hangat.

Meskipun lemon adalah buah asam, bila jus dimetabolisme, ia memiliki efek alkalizing pada tubuh. Ini berarti lemon membersihkan tubuh dari kelebihan asam dan menciptakan keadaan pembentuk basa.
  • Campur jus dari setengah lemon organik ke dalam segelas air suam-suam kuku.
  • Tambahkan 2 sendok teh madu mentah dan aduk rata.
  • Minumlah di pagi hari dengan perut kosong, untuk menyiram sistem anda.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Meningkatkan jumlah buah dan sayuran yang Anda makan - terutama sayuran mentah dan hijau - akan membantu dalam pengobatan alami agar ph tubuh tidak terlalu asam, dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau. Hal ini akan berguna untuk menjaga tingkat pH seimbang di tubuh Anda. Sayuran hijau adalah beberapa makanan paling alkali yang dapat Anda temukan.

Sebaiknya makan makanan ini dalam bentuk mentah untuk mendapatkan nilai gizi tertinggi.

Konsumsi banyak sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, mentimun, bayam, arugula, biji-bijian, paprika hijau, chard, selada, zucchini, artichoke, seledri dan asparagus hijau.

Anda bisa memasukkan sayuran hijau ini ke dalam salad Anda. Pilihan lainnya adalah memadukan sayuran alkali pilihan Anda menjadi smoothie hijau yang sehat dan meminumnya saat sarapan pagi.

Beberapa makanan alkalin lainnya termasuk semua melon, buah ara, buah yang paling matang, rumput laut, selada air, wheatgrass dan teh herbal.

5. Hindari Diet Sangat Asam

Diet rutin Anda sangat mempengaruhi tingkat asam atau basa tubuh Anda. Hindari makanan yang sangat asam ini dari makanan Anda:
  • Alkohol
  • kopi
  • Soda
  • Minuman berenergi
  • tepung putih
  • daging merah
  • Daging olahan
  • Gula halus
  • Susu dan produk susu

6. Makanan Organik

Meskipun makanan organik sedikit mahal dan kurang tersedia daripada rekan-rekan mereka, Anda harus memasukkan lebih banyak makanan organik dalam makanan Anda.

Makanan organik bebas dari organisme hasil rekayasa genetika (bebas transgenik) dan membantu Anda tetap bersih dari pestisida, bahan kimia dan kontaminan lainnya yang dapat membuat pH tubuh Anda lebih asam.

Untuk memperbaiki tingkat asam tubuh, investasikan barang organik. Jika memungkinkan, mulailah membuat kebun dapur Anda sendiri. Berkebun akan memberi Anda hasil organik untuk dimakan sekaligus membantu tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

7. Enzim Pencernaan

Untuk mulai memperbaiki tingkat pH tubuh Anda dan mengurangi kandungan asam kuat perut Anda, enzim pencernaan sangat membantu.

Menambahkan enzim ini ke makanan Anda membantu mendukung pencernaan dan sintesis makanan Anda yang lebih efisien, yang berarti tubuh Anda lebih mampu memanfaatkan semua nutrisi dalam makanan.

Enzim pencernaan tersedia dari apotek dan toko makanan kesehatan. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan dosis yang benar dan bagaimana Anda harus meminumnya.

8. Tetap Terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu menjaga kelebihan asam yang bergerak melalui sistem Anda. Selain itu, asupan air yang tepat membantu penghapusan racun dan produk limbah lainnya melalui saluran pencernaan.

Minum air putih berkualitas tinggi. Jumlah air yang harus Anda minum bergantung pada sejumlah faktor seperti berat badan, tingkat aktivitas dan kondisi iklim Anda. Bagi berat badan Anda menjadi dua dan minumlah jumlah itu dalam ons air per hari. Misalnya, jika berat badan Anda 100 pon, Anda harus minum 50 ons air setiap hari.

Selain itu, makan buah dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi, seperti semangka, mentimun, seledri dan sebagainya.

9. Puasa

Anda juga bisa mencoba berpuasa sebentar sebagai upaya pengobatan alami agar ph tubuh tidak terlalu asam dan mencapai tingkat pH yang seimbang.

Puasa terputus-putus pada dasarnya berarti Anda makan normal selama lima hari dan sangat membatasi kalori Anda pada dua hari lainnya dalam seminggu. Batasan kalori yang direkomendasikan untuk dua hari itu adalah 600 kalori untuk pria dan 500 untuk wanita.

Jenis puasa ini meningkatkan kesehatan usus Anda secara keseluruhan dan dapat membalikkan asam lambung rendah. Juga, puasa memberi waktu tubuh Anda pulih dan sembuh dari asam yang terlalu asam.

Plus, ini membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dan menurunkan berat badan, yang pada gilirannya akan menangkal beberapa penyakit dan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat.

Jadi, puasa intermiten adalah cara lain yang bagus untuk membantu keseimbangan asam lambung dan tingkat pH tubuh Anda.

10. Kunyah Makanan Anda dengan Benar

Meski bukan obatnya, tip gaya hidup ini berjalan jauh untuk memperbaiki tubuh asam.

Selalu mengunyah makanan Anda dengan saksama, bukan hanya menelannya saja. Mengunyah makanan dengan benar membantu memperbaiki asam lambung yang rendah, dan dengan demikian membantu menyeimbangkan tingkat pH di perut Anda.

Kunyah makanan Anda 25 sampai 30 kali sebelum menelan. Potongan makanan yang lebih besar sulit dipecah. Makanya, tubuh memproduksi lebih banyak asam lambung untuk membantu mencerna makanan.

Hal ini, pada gilirannya, berkontribusi pada tingkat asam yang lebih tinggi dalam tubuh. Selain mengunyah dengan benar, makanlah makanan kecil beberapa kali sehari.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Pengobatan Alami Agar pH Tubuh Tidak Terlalu Asam