Cara mengobati mononucleosis secara alami - Mononucleosis, yang biasa dikenal dengan penyakit ciuman, demam mono atau kelenjar, adalah suatu kondisi menular yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Virus ini termasuk dalam keluarga herpes dan menargetkan limfosit dan sel epitel.

Umumnya hadir dalam air liur dan lendir, virus ini kebanyakan menyebar dengan berciuman, bersin dan batuk, atau berbagi makanan atau sedotan. Virus ini tidak menyebar dengan jenis kontak biasa.

Penyakit ini paling sering terlihat pada remaja dan dewasa muda sampai awal usia 20an tahun. Sebagian besar orang dewasa sudah kebal terhadap virus karena terpapar saat anak-anak.

Tanda-tanda dan gejala mononukleosis yang umum adalah kelelahan, sakit tenggorokan, demam, kelenjar getah bening bengkak di leher dan ketiak, amandel bengkak, sakit kepala dan ruam kulit.

Penyakit ini juga dapat menyebabkan komplikasi seperti pembesaran limpa, masalah hati seperti hepatitis dan ikterus, anemia serta amandel bengkak yang bisa membuat sulit bernafas.

Tidak ada pengobatan yang tepat untuk penyakit menular ini, karena antibiotik tidak bekerja melawan infeksi virus seperti mono. Biasanya sembuh sendiri dalam waktu 2 sampai 4 minggu. Namun, meskipun begitu, seseorang yang terinfeksi virus, virus tetap berada di tubuhselama sisa hidup Anda, meskipun gejalanya tidak aktif.


Cara Mengobati Mononucleosis Secara Alami

Cara Mengobati Mononucleosis Secara Alami

Fokus utama pengobatan adalah mengatasi gejala yang terkait dengan infeksi dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dibarengi dengan perubahan gaya hidup tertentu dan pengobatan di rumah bisa sangat membantu. Berikut ini, kami bagikan kepada Anda mengenai cara mengobati mononucleosis secara alami. Simak dibawah;

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki asam lemak rantai menengah yang membuatnya menjadi agen antivirus yang sangat efektif. Hal ini efektif melawan mono dan influenza, serta bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit campak, herpes, hepatitis C dan AIDS.

Asam laurat dan asam lemak rantai menengah lainnya dalam minyak kelapa cepat diserap oleh tubuh dan digunakan untuk membentuk monolaurin, monoester yang memiliki aktivitas antivirus dan antibakteri yang kuat.

Plus, susunan vitamin dan nutrisi lainnya dalam minyak membantu mengembalikan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bagaimana cara mengobati mononucleosis secara alami menggunakan minyak kelapa? Berikut adalah caranya;
  • Untuk mengobati infeksi, minum minyak kelapa extra-virgin setiap hari melalui mulut. Bergantung pada tingkat toleransi Anda, Anda bisa mengkonsumsi 1 sampai 3 sendok makan setiap hari sampai infeksi mereda.
  • Untuk mencegah infeksi, Anda bisa menggunakan minyak ini dalam masakan harian Anda.

2. Vitamin C

vitamin C ialah jenis vitamin yang larut dalam air, ini merupakan komponen penting dari rejimen pengobatan mono. Ini mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mempersingkat durasi kondisinya.

Sebuah studi tahun 2014 yang dipublikasikan di Medical Science Monitor melaporkan bahwa terapi vitamin C dosis tinggi memiliki efek positif pada durasi infeksi virus Epstein-Barr, termasuk mononucleosis, dan mengurangi tingkat antibodi virus.

Nah, infus intravena bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan kadar vitamin C Anda. Cara mengobati mononucleosis secara alami dengan menerapkan diet kaya akan vitamin C juga bisa sangat membantu.
  • Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C, seperti paprika, kangkung, brokoli, stroberi, lemon, grapefruits, kiwi, nanas, blackberry, tomat, bayam, chard dan jeruk Swiss.
  • Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, setelah berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis terbaik untuk Anda.

3. Cuka Sari Apel

Pengobatan lain yang efektif untuk cara mengobati mononucleosis secara alami adalah cuka sari apel. Jenis bahan ini, kaya akan khasiat antivirus, yang berguna untuk membantu membunuh virus yang bertanggung jawab atas infeksi ini.

Plus, cuka sari apel kaya akan vitamin dan mineral yang memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga membantu mempercepat pemulihan.
  • Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa pemanis dalam secangkir air hangat. Tambahkan sedikit madu mentah dan aduk rata. Minumlah dua kali sehari untuk membantu melawan infeksi.
  • Campurkan 1 sampai 3 sendok teh cuka sari apel dalam 1 cangkir air hangat. Kumur dengan larutan ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan untuk meringankan sakit tenggorokan.

4. Istirahat

Salah satu cara terbaik untuk mengobati mononukleosis adalah dengan mendapatkan banyak istirahat. Penyakit ini benar-benar bisa menghapus Anda dan membuat Anda merasa kelelahan, bahkan jika Anda tidur nyenyak di malam hari.

Jangan mendorong tubuh Anda melalui kelelahan virus agar bisa bekerja, karena bisa membuat Anda lebih lemah dan menunda pemulihan. Istirahat dan tidur sampai kelelahan hilang dan energi Anda kembali.

Kapan pun Anda merasa lelah, dengarkan tubuh Anda dan berikan kesempatan untuk menyembuhkannya. Cara terbaik adalah menghindari olahraga, olahraga dan aktivitas fisik lainnya selama sebulan setelah infeksi dimulai. Selain itu, bergerak terlalu banyak meningkatkan risiko pecahnya limpa jika telah membesar.

5. Cairan

Minum banyak air dan cairan sehat lainnya sangat penting, terutama saat Anda demam. Cairan membantu menurunkan demam, meredakan sakit tenggorokan dan mencegah dehidrasi.

Plus, hidrasi yang adekuat baik untuk sistem kekebalan tubuh anda. Air membantu menyiram racun keluar dari tubuh dan memastikan bahwa sel dan organ Anda berfungsi dengan baik.
  • Minum banyak air secara berkala. Untuk meringankan sakit tenggorokan, Anda bisa menghirup air hangat.
  • Jus sayur nabati, kaldu dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air juga akan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi.

Pastikan untuk menghindari minuman beralkohol dan berkafein, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

6. Air Garam Hangat

Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala mono yang paling umum. Kumur air garam adalah obat terbaik untuk cara mengobati mononucleosis secara alami.
  • Air garam hangat akan memiliki efek menenangkan pada tenggorokan dan mengurangi ketidaknyamanan untuk sebagian besar kondisi.
  • Tambahkan ½ sendok teh garam ke 1 cangkir air suam-suam kuku.
  • Aduk dengan baik untuk membubarkan garam.
  • Berkumurlah dengan larutan ini selama beberapa detik, lalu lepaskan.
  • Lakukan ini secara berkala untuk meringankan sakit tenggorokan.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang memiliki khasiat antivirus. Allicin membantu membunuh virus yang bertanggung jawab atas penyakit ciuman.
  • Ini juga mengandung vitamin C, yang merangsang produksi interferon, zat melawan virus alami. Plus, mangan, vitamin B6 dan selenium hadir dalam bawang putih yang berguna untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  • Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah pada waktu perut kosong setiap hari.
  • Selain itu, tambahkan bawang putih yang hancur ke piring Anda. Hindari memasak bawang putih terlalu banyak, karena bisa menghancurkan senyawa aktifnya.
  • Anda dapat memilih untuk mengambil suplemen bawang putih, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

8. L-Lisin

L-lisin adalah asam amino yang baik untuk menghambat infeksi virus karena virus ini menyerang virus herpes. Faktanya, defisiensi l-lisin membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi virus.
  • Ambil suplemen 1500 mg l-lysine setiap hari selama 2 minggu. Pastikan berkonsultasi ke dokter sebelum mengambil suplemen.
  • Anda juga bisa memasukkan makanan kaya lysine seperti telur, keju, ikan, daging tanpa lemak, biji-bijian dan kacang-kacangan dalam makanan Anda.

9. Astragalus

Astragalus adalah obat herbal tradisional China yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kekayaan kekebalan dan sifat adaptogen dari astragalus membantu melawan infeksi dengan cepat dan memberikan kelegaan dari ketidaknyamanan. Ini juga membantu meningkatkan tingkat energi tubuh.
  • Tambahkan segenggam irisan akar astragalus kering sampai 1 liter air. Rebus, lalu biarkan mendidih selama 30 menit, saring dan minumlah teh ini dua kali sehari.
  • Astragalus juga tersedia sebagai suplemen, yang bisa Anda ambil setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Catatan: Jika Anda memiliki gangguan kekebalan tubuh, bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi ramuan ini.

Tips Tambahan

  • Hindari mencium orang lain selama beberapa minggu untuk mencegah penyebaran infeksi.
  • Jangan memanjakan diri dengan beban berat dan aktivitas ketat lainnya selama beberapa minggu untuk mengurangi risiko melukai limpa Anda.
  • Jangan berbagi makanan serta hidangan dan peralatan sambil menderita mono.
  • Berhenti merokok dan minum sampai sembuh total.
  • Jaga tenggorokan lembab dengan mengisap sepotong permen keras.
  • Batasi asupan karbohidrat sederhana.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Mengobati Mononucleosis Secara Alami