Cara efektif dan alami untuk mengobati kelelahan adrenal - Kelenjar adrenal adalah kelenjar endokrin yang menghasilkan berbagai hormon penting, termasuk adrenalin dan steroid aldosteron dan kortisol. Bila ada produksi yang tidak adekuat dari satu atau lebih dari hormon ini, hal itu bisa mengakibatkan kelelahan adrenal.

Seiring dengan perasaan lelah, tanda dan gejala insufisiensi adrenal lainnya adalah nyeri tubuh, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, tekanan darah rendah, pola tidur yang buruk, mudah tersinggung, masalah pencernaan, pusing, dan perubahan warna kulit.

Kelelahan adrenal dapat didiagnosis dengan tes darah dan tes stimulasi khusus yang dapat menunjukkan kadar hormon adrenal yang tidak adekuat.

Sayangnya, kelelahan adrenal bukanlah suatu kondisi yang bisa diperbaiki semalam. Jika Anda menghadapi kondisi ini, Anda perlu memiliki kesabaran dan berkomitmen untuk melakukan rejimen yang ketat untuk memulihkan fungsi kelenjar adrenal Anda.

Pada artikel kesehatan ini, kami akan membagikan informasi pengobatan rumah sederhana dan perubahan gaya hidup yang bisa membantu melawan kelelahan adrenal.

Cara Efektif dan Alami untuk Mengobati Kelelahan Adrenal

Cara Efektif dan Alami untuk Mengobati Kelelahan Adrenal

Berikut adalah beberapa cara efektif dan alami untuk mengobati kelelahan adrenal.

1. Vitamin B-Kompleks

Beberapa vitamin B berperan penting dalam metabolisme sel agar tingkat energi Anda tetap tinggi. Vitamin B5 membantu menghasilkan koenzim A, yang membantu respirasi seluler dan pemecahan lemak, protein dan karbohidrat. Vitamin B6 membantu menciptakan hormon adrenal, sementara Vitamin B12 membantu produksi energi, perbaikan sel dan pemeliharaan sel darah merah.

Oleh karena itu, memperbaiki jalur metabolisme Anda dengan memberi tubuh Anda vitamin B yang sangat dibutuhkan dapat dengan mudah meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi kelelahan adrenal.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B tinggi seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya, dan produk susu.
  • Anda juga dapat memilih untuk mengkonsumsi suplemen B-kompleks yang memiliki keseimbangan yang tepat dengan vitamin B penting yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui dosis yang sesuai.

2. Akar Manis

Akar manis atau 'Licorice' atau 'Liquorice'  adalah salah satu ramuan adaptogen terbaik untuk mengatur tingkat kortisol. Ini mengandung asam glycyrrhizin, yang menghambat kerusakan kortisol, sehingga membantu mengembalikan kadar normal hormon ini. Ramuan ini juga meningkatkan kadar dehidroepiandrosteron (DHEA), hormon perangsang stres lainnya.

Dalam sebuah penelitian 2011 yang dipublikasikan di Molecular and Cellular Endocrinology, para periset menemukan bahwa licorice membantu tubuh mengatur kortisol, yang pada gilirannya memberi kelenjar adrenal Anda istirahat.

Selain merangsang produksi hormon, juga membantu menjaga tingkat energi dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Tambahkan 1 sendok teh bubuk licorice ke secangkir air panas. Tutup, biarkan terjepit selama 10 menit dan saringlah. Minum teh ini 2 atau 3 kali sehari selama seminggu.
  • Anda juga bisa mengambil suplemen licorice, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Catatan: Jangan gunakan licorice secara berlebihan, karena bisa menaikkan tingkat tekanan darah Anda.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa organik adalah lemak seimbang yang bisa membantu melawan kelelahan adrenal dan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi. Lemak sehat, terutama trigliserida rantai menengah, dalam minyak kelapa dicerna dengan mudah dan digunakan sebagai bentuk energi langsung. Ini juga membantu mempertahankan tingkat energi.

Bila diminum secukupnya, akan berkhasiat dalam membantu mengurangi lemak perut, yang meningkatkan kelelahan adrenal.
  • Makan 1 sampai 2 sendok makan minyak kelapa extra-virgin setiap hari. Anda bisa menambahkannya ke smoothie atau kopi pagi Anda. Anda juga bisa menggunakannya dalam makanan panggang Anda.
  • Juga, gunakan minyak kelapa untuk melatih minyak setiap pagi agar tubuh Anda bebas dari toksin. Anda bisa membaca prosedur lengkap tentang minyak yang menarik artikel ini.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Magnesium

Magnesium sangat penting untuk kesehatan adrenal Anda. Ini memainkan peran kunci dalam memecah glukosa menjadi energi. Bahkan, sedikit kekurangan magnesium pun bisa mempengaruhi stamina dan tingkat energi Anda. Hal ini juga bisa mengakibatkan depresi.

Jadi, saat Anda menderita kelelahan adrenal, tingkatkan magnesium Anda diperiksa. Jika rendah, sertakan lebih banyak makanan yang kaya akan kandungan magnesium dalam makanan Anda. Asupan magnesium harian yang disarankan adalah sekitar 350 mg untuk pria dan 300 mg untuk wanita.
  • Beberapa sumber makanan yang baik dari magnesium adalah sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kedelai, alpukat, pisang dan coklat hitam.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur 1 sendok makan tetes gula hitam hitam tak tertimbang dalam 1 gelas susu panas atau hanya air. Minumlah sekali sehari ini.
  • Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi suplemen magnesium, tapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Vitamin C

Nutrisi lain yang penting bagi kesehatan adrenal dan kesehatan Anda adalah vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang berperan penting dalam produksi kortisol di kelenjar adrenal Anda.

Hal ini juga diperlukan untuk sintesis katekolamin, yaitu produksi norepinephrine, epinefrin dan dopamin. Oleh karena itu, ia bekerja sebagai blok bangunan penting untuk pemulihan kelenjar adrenal Anda.

Plus, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.
  • Beberapa makanan kaya vitamin C terbaik adalah brokoli, grapefruits, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, kecambah dan tomat.
  • Anda bisa memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Melakukan Pernafasan Diafragma

Mempraktikkan teknik relaksasi seperti pernafasan diafragma membantu mencegah kelenjar adrenal melepaskan aliran hormon konstan yang membuat tubuh berada dalam kondisi hipervigil.

Dengan berlatih pernafasan diafragma, Anda dapat membantu memulihkan energi Anda sekaligus melawan stres dan kecemasan yang sering kali berdampak pada fungsi adrenal dan tingkat energi Anda.

Berkomitmen pada periode latihan pernapasan dalam, untuk membantu menenangkan pikiran dan rilekskan respons stres tubuh.
  • Berbaringlah di tempat yang nyaman dan letakkan tangan di perut Anda.
  • Bernapaslah dalam-dalam melalui hidung selama kurang lebih 2 detik dan tahan napas selama 2 detik lagi.
  • Selanjutnya, hirup perlahan melalui mulut selama kurang lebih 4 detik.
  • Ulangi selama 10 menit.
  • Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

7. Tetap Terhidrasi

Tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, dan kelenjar adrenalin Anda tidak terkecuali. Padahal, tidak cukup minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi, yang juga merupakan ciri kelelahan adrenal.

Karena air membentuk 65 sampai 70 persen dari berat total tubuh, bila ada sedikit air dalam tubuh, hal itu pasti mempengaruhi energi Anda. Plus, air membantu membangun stamina dengan melawan kelelahan otot.
  • Minum banyak air secara berkala sepanjang hari untuk memastikan tubuh Anda memiliki energi yang baik untuk berfungsi. Anda juga bisa minum banyak jus buah atau sayuran buatan sendiri yang sehat.
  • Kurangi minuman beralkohol dan berkafein yang bisa menyebabkan dehidrasi.

8. Ashwagandha

Sebagai ramuan adaptogen, ashwagandha mengatur berbagai sistem di tubuh Anda, termasuk kelenjar adrenal.

Ramuan ini sangat baik dalam membantu kelenjar adrenal menyesuaikan diri dengan stres. Hal itu terjadi dengan menghasilkan hormon stres saat Anda membutuhkannya dan berhenti memproduksinya saat Anda tidak melakukannya.

Ini juga membantu mengurangi kecemasan, memperbaiki fungsi kekebalan tubuh dan memperbaiki tidur. Semua faktor ini penting untuk fungsi adrenal. Ini juga berfungsi sebagai antioksidan.

Dosis ashwagandha yang dianjurkan adalah sekitar 500 mg per hari. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai rejimen suplemen apapun.

9. Aktivitas Fisik

Meskipun kelihatannya berlawanan dengan intuisi, tetap aktif secara fisik adalah cara yang bagus untuk melawan kelelahan adrenal. Namun, tidak perlu melakukan aktivitas yang gencar.

Latihan sederhana seperti berjalan kaki, jogging, menari atau berenang dapat membuat Anda tetap aktif dan mengurangi berat badan. Hal ini pada gilirannya akan membantu memperbaiki fungsi kelenjar adrenal Anda.

Juga, olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh Anda bebas dari racun, yang penting untuk meningkatkan stamina serta metabolisme yang lebih tinggi.

Hindari latihan kardio atau daya tahan yang berlebihan, karena aktivitas seperti itu sangat sulit dilakukan pada kelenjar adrenal. Selain itu, jangan terlalu memperparah kelenjar adrenal dengan mengatur tujuan latihan yang tidak terjangkau.

10. Kurangi Kafein

Kafein merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres, yang pada gilirannya membuat tubuh untuk tetap waspada dan memberikan peningkatan energi sementara.

Tapi kafein juga meningkatkan tekanan darah, mengganggu tidur nyenyak dan menyulitkan kelenjar adrenal Anda pulih.

Jika Anda harus minum kopi atau minuman berkafein, pilih satu dengan kandungan kafein rendah, dan batasi konsumsi 1 atau 2 porsi setiap pagi.

Tips Tambahan

  • Minum teh basil atau teh hijau 2 atau 3 kali sehari.
  • Hindari gula dan minuman manis yang memiliki sedikit nilai gizi.
  • Bangun pagi-pagi dan mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat.
  • Dapatkan lebih banyak tidur dan istirahat untuk membantu tubuh Anda pulih.
  • Hindari begadang dan tetap pada siklus tidur biasa.
  • Lakukan yoga, meditasi atau tai chi untuk mengendalikan tingkat stres Anda.
  • Gunakan garam alami seperti garam laut Himalaya, karena ada banyak trace mineral di dalamnya yang mendukung kelenjar adrenal.
  • Hilangkan biji-bijian olahan dari makanan Anda, karena bisa menjadi sulit pada kelenjar adrenal.
  • Jangan melewatkan makanan dan mencoba untuk memiliki makanan kecil secara berkala.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Efektif dan Alami untuk Mengobati Kelelahan Adrenal