Beberapa cara menghilangkan bau badan, ketiak, dan kaki - Bau di badan, ketiak, dan kaki sering membuat seseorang kurang percaya diri berhadapan di muka umum, karena malu orang akan mencium bau tak sedap yang dirasakan darinya. Lantas Bagaimana cara menghilangkan bau badan, ketiak, dan kaki?

Teruslah membaca artikel kesehatan transkerja.com ini, karena kami akan membagikan beberapa cara yang dapat Anda peragakan untuk cara menghilangkan bau badan, ketiak, dan kaki (step by step).
Cara Menghilangkan Bau Badan, Ketiak, dan Kaki (Step by Step)
Masalah bau badan dapat terjadi ketika orang memproduksi keringat terlalu banyak - mereka yang menderita hiperhidrosis - mungkin juga rentan terhadap bau badan, namun kadar keringat sering terlalu tinggi untuk dipecah bakteri - tergantung dari mana keringat berlebih terjadi dan keringat jenis apa pada kelenjar yang terlibat.

Sebenarnya keringat sendiri hampir tidak berbau. Namun, karena proses perkembang biakan bakteri dengan cepat di hadapan keringat dan apa yang mereka lakukan, akhirnya menyebabkan bau yang tidak sedap.

Bau itu dianggap tidak menyenangkan, banyak yang percaya, karena kebanyakan dari kita telah dibesarkan untuk tidak menyukainya. Bau badan kemungkinan besar terjadi di kaki, selangkangan, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan dan rambut lainnya termasuk; pusar, anus, di belakang telinga, dan beberapa bagian lebih rendah dari kulit kita.

Bau badan bisa memberi bau yang bagus dan spesifik pada individu, dan bisa digunakan untuk melacak keberadaannya - terutama oleh anjing dan hewan lainnya - untuk mengidentifikasi orang. Setiap orang memiliki bau tubuh unik yang dapat dipengaruhi oleh pola makan, jenis kelamin, kesehatan, dan pengobatan.

Dua jenis asam yang menyebabkan bau badan:
  • Asam propionat (asam propanoat) biasanya ditemukan dalam asam amino berkepanjangan - asam propionibacteria turun menjadi asam propionat. Propionibacteria hidup di saluran kelenjar sebaceous manusia dewasa dan remaja. Beberapa orang mungkin mengenali bau seperti cuka dengan asam propionat, karena mirip dengan asam asetat, yang memberi cuka rasa asam dan baunya yang menyengat.
  • Asam isovalerat (asam 3-metilbutanoat) adalah sumber bau tubuh lainnya akibat tindakan bakteri Staphylococcus epidermidis, yang juga terdapat pada beberapa jenis keju yang kuat.

Berkeringat dan kelenjar keringat kita

Rata-rata tubuh manusia memiliki tiga sampai empat juta kelenjar keringat, dimana ada dua jenis kelenjar keringat yang dikenal yaitu:

Kelenjar Ekrin

Jenis kelenjar keringat sederhana yang terletak di hampir semua area dimana ada kulit. Mereka menghasilkan keringat yang mencapai permukaan kulit melalui saluran yang dilipat (tabung). Saat keringat menguap dari kulit tubuh didinginkan. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mengatur suhu tubuh kita.

Kelenjar Apokrin

Kelenjar ini ditemukan di payudara, daerah genital, kelopak mata, ketiak dan telinga. Di payudara mereka mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Di telinga mereka membantu membentuk kotoran telinga.Kelenjar apokrin di kulit dan kelopak mata adalah kelenjar keringat.

Sebagian besar kelenjar apokrin di kulit berada di selangkangan, ketiak dan di sekitar puting payudara. Kelenjar apokrin di kulit biasanya memiliki bau; Mereka adalah kelenjar bau.

Para ahli mengatakan bahwa feromon secara tidak sadar mempengaruhi bagaimana kita bereaksi satu sama lain; Satu manusia mungkin menemukan benda menarik lainnya karena aroma feromon mereka sangat menarik baginya.

Kelenjar apokrin terutama bertanggung jawab untuk bau badan karena keringat yang mereka hasilkan tinggi protein yang bisa mudah rusak oleh bakteri.

Kelenjar ekrin (eccrine) menghasilkan keringat yang tinggi garam, sehingga membuat bakteri lebih sulit memecah protein. Dengan kata lain, banyak dari kita mengalami bau badan berasal dari keringat yang diproduksi kelenjar apokrin kita.

Mendiagnosis bau badan

Pada sebagian besar kasus bau badan, Anda tidak perlu menemui dokter Anda. Individu itu sendiri mungkin menyadarinya, atau teman baik atau anggota rumah tangga dapat memberi tahu mereka tentang bau badan mereka. Ada beberapa teknik perawatan diri yang biasanya akan berhasil mengatasi masalah ini.

Kapan harus menemui dokter Anda tentang bau badan

Beberapa kondisi medis dapat mengubah berapa banyak orang berkeringat, sementara yang lain dapat mengubah cara kita berkeringat, kemudian mengubah cara kita menciumnya. Misalnya, hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif) atau menopause dapat membuat orang berkeringat lebih banyak lagi, sementara penyakit hati, penyakit ginjal, atau diabetes dapat mengubah konsistensi keringat sehingga orang tersebut berbeda bau. Anda harus menemui dokter jika:
  • Anda mulai berkeringat di malam hari
  • Anda mulai berkeringat lebih dari biasanya, tanpa alasan logis
  • Anda memiliki keringat dingin
  • Berkeringat mengganggu rutinitas harian Anda.

Anda juga harus melihat dokter Anda jika tubuh Anda berbau berbeda. Bau buah bisa mengindikasikan diabetes karena kadar keton dalam aliran darah. Penyakit hati atau ginjal seringkali bisa membuat individu memiliki bau seperti pemutih karena adanya penumpukan racun di dalam tubuh.

Cara Mengobati dan mencegah bau badan

 Cara Mengobati dan mencegah bau badan
Langkah-langkah berikut dapat membantu mengendalikan bau badan:
  1. Cuci setiap hari dengan air hangat - mandi setidaknya sekali sehari. Ingat bahwa air hangat membantu membunuh bakteri yang ada pada kulit Anda. Jika cuaca sangat panas, pertimbangkan mandi lebih sering dari sekali sehari.
  2. Pakaian - serat alami memungkinkan kulit Anda bernafas, menghasilkan penguapan keringat yang lebih baik. Serat buatan alam termasuk wol, sutera atau kapas.
  3. Hindari makanan pedas - kari, bawang putih dan beberapa makanan pedas lainnya, berpotensi membuat keringat menjadi lebih tajam dibeberapa orang. Beberapa ahli meyakini diet tinggi daging merah juga bisa meningkatkan risiko timbulnya bau badan lebih cepat.
  4. Aluminium klorida - zat ini biasanya merupakan bahan aktif utama antiperspirant. Jika tubuh Anda tidak merespons pengobatan di rumah yang disebutkan di atas, bicarakan dengan apoteker atau dokter Anda tentang produk yang sesuai yang mengandung aluminium klorida. Ikuti instruksi yang diberikan kepada Anda dengan seksama.

Tip untuk cara menghilangkan bau ketiak

 Tip untuk cara menghilangkan bau ketiak
Konsentrasi besar kelenjar apokrin ada di ketiak, membuat daerah itu rentan terhadap perkembangan bau badan yang cepat.

Langkah-langkah berikut dapat membantu mengendalikan bau ketiak:
  1. Jagalah ketiak tetap bersih - cuci mereka secara teratur menggunakan sabun anti bakteri, agar jumlah bakteri akan tetap rendah, sehingga bau badan berkurang.
  2. Rambut di bawah ketiak memperlambat penguapan keringat, memberi bakteri lebih banyak waktu untuk memecahnya menjadi zat berbau; Mencukur ketiak secara teratur telah ditemukan untuk membantu pengendalian bau badan di daerah itu.
  3. Deodoran atau antiperspirant - deodoran membuat kulit lebih asam, membuat lingkungan lebih sulit bagi bakteri untuk berkembang. Sebuah antiperspirant menghalangi aksi kelenjar berkeringat, dan menyebabkan kurang berkeringat. Beberapa penelitian, bagaimanapun, telah mengindikasikan bahwa antiperspirant mungkin terkait dengan kanker payudara atau risiko kanker prostat; Studi ini menunjukkan bahwa bukti tersebut tidak dapat disimpulkan.
  4. Botulinum toksin - ini adalah toksin yang diproduksi oleh Clostridium botulinum; Ini adalah zat biologis paling beracun yang diketahui. Namun, dosis yang sangat kecil dan terkontrol saat ini digunakan di berbagai bidang kedokteran. Pengobatan yang relatif baru tersedia bagi individu yang berkeringat berlebih di bawah lengan.

Pasien diberi kira-kira 12 suntikan toksin botulinum di ketiak - prosedur yang seharusnya tidak berlangsung lebih dari 45 menit. Toksin menghalangi sinyal dari otak ke kelenjar keringat, sehingga tidak berkeringat di daerah sasaran.

Satu pengobatan bisa berlangsung dari dua sampai delapan bulan. Di negara-negara di mana layanan kesehatan universal gratis tersedia, seperti NHS (National Health Service), Inggris, terapi toksin botulinum untuk keringat ketiak yang berlebihan biasanya tidak tersedia dan kebanyakan pasien harus melakukannya secara pribadi (membayar untuk perawatan khusus ini).

Apa yang menyebabkan bau kaki?

Apa yang menyebabkan bau kaki?
Sebagian besar dari kita memakai sepatu dan kaus kaki, sehingga membuat keringat semakin sulit menguap, memberi bakteri lebih banyak keringat untuk memecah menjadi zat berbau. Kaki lembab juga meningkatkan risiko pengembangan jamur, yang juga bisa menimbulkan bau tak sedap.

Tip untuk cara menghilangkan bau kaki (bromodosis)

Kaki bau kurang bermasalah secara sosial daripada ketiak dan bau badan. Karena bau tak sedap biasanya terkandung oleh sepatu dan kaus kaki. Namun, baunya bisa menjadi jelas jika orang dengan kaki bau mengunjungi rumah dimana sepatu harus dilepas sebelum masuk, seperti kebiasaan di berbagai negara dan rumah.

Langkah-langkah berikut dapat membantu mengendalikan bau kaki:
  1. Cuci kaki Anda dengan air hangat secara teratur - ini berarti setidaknya sekali sehari. Ingat bahwa air hangat lebih baik dalam membunuh bakteri daripada air dingin. Minyak pohon teh, bila ditambahkan ke air, membantu membunuh bakteri (jangan mengoleskan minyak pohon teh secara langsung ke kulit). Pastikan Anda mengeringkan kaki Anda dengan seksama setelah itu, termasuk di antara jari-jari kaki Anda.
  2. Kaus kaki - mereka harus membiarkan keringat menguap. Kaus kaki terbaik adalah kombinasi dari serat buatan manusia dan wol. Pakailah sepasang kaus kaki bersih setiap hari.
  3. Sepatu - jika Anda memakai pelatih atau sepatu dengan lapisan plastik pastikan tidak lama menggunakannya. Lapisan kulit lebih baik untuk penguapan keringat. Jika Anda memiliki masalah dengan kaki berkeringat, jangan memakai sepasang sepatu yang sama dua hari berturut-turut - sepatu tidak benar-benar kering dalam semalam.
  4. Batu apung - bakteri tumbuh subur pada kulit mati. Jika telapak kaki Anda memiliki bekas kulit mati, lepaskan mereka dengan batu apung.
  5. Deodoran dan antiperspirant - mintalah apoteker untuk deodoran kaki dan antiperspirant khusus. Jika Anda memiliki kaki atlet Anda sebaiknya tidak menggunakan deodoran atau antiperspirant - mengobati infeksi jamur terlebih dahulu dengan obat yang tepat.
  6. Pergilah tanpa alas kaki - kapan pun Anda bisa berjalan tanpa alas kaki, atau setidaknya melepaskan sepatu Anda secara teratur.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan menganai cara menghilangkan bau badan, ketiak, dan kaki (step by step), semoga dengan adanya artikel ini, dapat membatu Anda mengatasi masalah ini.

Sedang Trends Terkait: Cara Menghilangkan Bau Badan, Ketiak, dan Kaki (Step by Step)

Advertisement