Kutu yang berada di rambut atau Head Lice/Head Louse (Pediculus humanus capitis) adalah ektoparasit obligat manusia yang menyebabkan kutu (pediculosis capitis).

Kutu adalah serangga parasit bersayap kecil yang menghabiskan seluruh hidup mereka di antara rambut manusia dan emakan sejumlah kecil darah diambil dari kulit kepala secara eksklusif.

Ukuran tubuh organisme ini sangat kecil, sehingga secara sekilas sulit terlihat oleh mata, saat baru menetas, ukuran kutu rambut lebih kecil daripada ujung kepala peniti.

Ketika sudah dewasa, ukurannya hanya sebesar biji wijen, masa tetas telur kutu berkisar antara delapan hingga sembilan hari. Masa hidup kutu dari sejak kecil, dewasa, hingga mati bisa mencapai 40 hari.

Kutu (jamak dari kutu) adalah masalah yang sangat umum, terutama untuk anak-anak. Mereka menular, menjengkelkan, dan kadang-kadang sulit untuk menyingkirkannya.

Orang yang memiliki kutu rambut kerap merasakan gatal pada kepalanya, rasa gatal bukan berasal dari gigitan kutu rambut pada kulit kepala, melainkan akibat reaksi alergi terhadap parasit tersebut.

Oleh karena itu, bagi orang yang tidak alergi terhadap kutu rambut, tidak akan menyadari mengenai keberadaan mereka di kepala.

Tetapi sementara Orang yang memiliki kutu rambut mereka kerap merasa jengkel karena gatal, kutu tidak berbahaya. Mereka tidak menyebarkan penyakit, walaupun gigitan mereka dapat membuat kulit kepala gatal dan iritasi, dan menggaruk dapat menyebabkan infeksi.

Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular dan menyebar dengan mudah dari orang ke orang saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut pada Anak

  1. Gunakan Sisir Khusus Kutu: Jenis sisir yang didesain dengan gigi rapat ini dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Agar lebih efektif, sebelum mengaplikasikannya, belah rambut menjadi beberapa bagian. Sisirlah mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan secara merata pada seluruh bagian rambut.
  2. Bila rambut anak perempuan Anda panjang, segera potong pendek. Sementara untuk anak laki-laki, cukur habis rambutnya.
  3. Pakai obat pemberantas kutu di batang rambut, lalu tutup semalaman.
  4. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis: mencampur 2 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan air jeruk nipis secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kepala sambil dipijit perlahan kulit kepala selama beberapa menit. Tutup kepala dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 1 jam. Lalu keramas sampai bersih, setelah rambut kering sisirlah rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat (serit). Lakukan cara ini sampai beberapa kali dalam satu minggu hingga telur dan kutu rambut hilang.
  5. Minyak Kelapa: Hangatkan minyak kelapa, kemudian balurkan minyak kelapa hangat tersebut ke kepala dan kulit kepala secara merata. Lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk putih bersih diamkan selama semalaman.Lakukan cara ini sebelum tidur, selama 3 malam berturut-turut dan ulangi selama kutu belum hilang.
  6. Satu minggu setelah pengobatan, pantau lagi untuk mengejar kutu yang baru menetas. Hal tersebut karena pengobatan biasanya hanya mematikan kutu, namun telurnya tetap hidup dan melekat di rambut.
  7. Lihat kondisi rambut semua penghuni rumah atau temannya, karena menularnya mudah, maka sumbernya pun harus diobati.
  8. Bila ada infeksi sekunder seperti nanah atau luka, olesi kulit kepala dengan antibiotika krim.
  9. Membersihkan bantal, sofa, lantai, dan tempat-tempat yang biasa terkena kepala Si Kecil.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut pada Anak