Cara Membuat Dust Seal, O'Ring Fuel Pump, dan Sil Tutup Oli Mesin Semua Jenis Motor

Ada begitu banyak jenis bisnis yang berbeda di tanah air kita, salah satunya adalah jenis usaha rumahan pembuatan seal motor. Berikut adalah cara membuat dust seal, O'ring fuel pump, dan sil tutup oli mesin semua jenis motor.

Mesin Manual Pembuatan Dust Seal ORing Fuel Pump Motor dan Seal Tutup Oli Mesin Motor
Untuk membuat seal motor ini, bisa dilakukan dengan alat sederhana seperti di atas. Cara membuat seal motor ini, bahan baku karet akan di susun rapi pada cetakan matras yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi, kemudian matras yang sudah berisi bahan baku karet di press sedemikian rupa sehingga karet akan menyebar dan mengisi ruang kosong pada cetakan.

Tak butuh waktu lama, proses tahap awal pun selesai, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Cetakan Mesin Manual Pembuatan Dust Seal ORing Fuel Pump Motor dan Seal Tutup Oli Mesin Motor
Hasil cetakan pembuatan seal motor perhari bisa menghasilkan minimal/maksimal 150-200 lembar/hari, kemudian bila sudah melalui tahap cutting, hasilnya bisa mencapai 1000an lebih dust seal, O'ring fuel pump, dan sil oli mesin motor perhari.
Hasil Cetakan Mesin Manual Pembuatan Dust Seal ORing Fuel Pump Motor dan Seal Tutup Oli Mesin Motor
Penggunaan bahan pun enggak boleh asal, karena bahan baku pembuatan seal motor yang kurang bagus, akan menghambat hasil produksi juga kualitas dan ketahanan pendayagunaan nantinya selepas seal ini jadi.

Bahan baku pembuatan seal motor ini berbahan dasar karet alami maupun karet sintetis. Panjang bahan baku berkisar 1,5 meter dengan lebar 30cm. Lalu, untuk mempermudah menyusunnya di cetakan, lembaran karet tersebut di potong kecil-kecil seperti berikut ini.
Bahan Baku Karet Pembuatan Dust Seal ORing Fuel Pump Motor dan Seal Tutup Oli Mesin Motor
Berikut adalah hasil seal yang sudah melalui proses cutting. Tahap selanjutnya ialah menyortir dust seal, O'ring fuel pump, dan seal tutup oli mesin motor.

Bahan Jadi  Pembuatan Dust Seal ORing Fuel Pump Motor dan Seal Tutup Oli Mesin Motor

Cara Membuat Dust Seal, O'Ring Fuel Pump, dan Sil Tutup Oli Mesin Semua Jenis Motor
 
Dust Seal, O'Ring Fuel Pump, dan Sil Tutup Oli Mesin Semua Jenis Motor
Harga seal motor bervariatif, misalnya saja harga sepasang Dust Seal dan O'Ring Fuel Pump di pasar online mulai dari Rp.25.000 s/d Rp.68.900.- Sedangkan untuk seal tutup oli mesin berkisar antara Rp.5000 s/d Rp.13.000.-