Solusi Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Rem mobil yang macet dan enggak bekerja tentu jadi mimpi buruk yang mendebarkan buat kamu. Sebab, rem mempunyai fungsi yang amat besar tatkala mengemudi. Dibanding kalang kabut, lebih apik sobat mengenali tanda-tanda rem mobil tidak balik lagi alias macet dan solusinya.

Macetnya rem mobil kala mengemudi udah jelas bikin pengemudi mobil bisa berkeringat dingin. Bahkan saat kendaraan sedang melaju dengan kencang di jalanan, rem mobil yang macet tentu membawa problem yang beruntun. Lebih buruknya, dapat terjadi kecelakaan yang tak disukai cuma karena kasus rem mobil tidak mau bergerak.

Kenali 4 Ciri-Ciri Rem Mobil Macet

Solusi Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Apabila kamu udah paham dengan prinsipilnya komponen ini, niscaya tidak akan melalaikan perawatan rem kendaraan yang biasa dilakukan. Soalnya, rem ini terdiri dari berbagai ragam sistem penggerak alhasil bisa bekerja dengan optimal, persis seperti bagian mobil lainnya. Jadi, wajib dilakukan perawatan secara menyeluruh asalkan rem mobil sudah mulai macet. Inilah sebagian tanda-tanda rem mobil tidak mau balik lagi yang kudu dikenali oleh pemilik mobil.

1. Rem Mulai Berkarat

Benda yang mulai berkarat serta kotor udah pasti susah digerakkan, bahkan rem mobil. Kontak antara rem dengan jalan kadang kala terjadi, belum juga ada kotoran semacam debu, lumpur, maupun tanah yang benar-benar mudah masuk ke komponen ini.

Panas dari sinar uv juga air hujan juga membawa dampak rem menjadi mudah berkarat. Performa rem mobil juga sangat berat, alhasil sering berlangsung vapour lock. Vapour lock yaitu kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, alhasil menyebabkan besi pada sistem rem gampang berkarat.

Penyebab ini dapat diselesaikan dengan biasa membersihkan sistem remnya. Gak biarkan kotoran pada sistem rem menumpuk, membawa dampak komponen vital ini menjadi susah digerakkan.

2. Rem Gak Digunakan dalam Waktu yang Lama

Komponen rem yang udah lama tidak digunakan juga menyebabkan penurunan fungsinya. Alhasil, rem gak bisa bekerja dengan optimal lantaran adanya perubahan suhu. Perubahan ini mampu membuat rem gampang berkarat, terutamanya di bagian permukaan cakramnya.

Kondisi minyak atau oli pada rem yang udah lama tak digunakan juga bikin titik didihnya menurun. Semisal udah begini, lebih baik dipenuhi pemeriksaan tentang sistem rem, dan mengganti komponennya dengan yang baru.

3. Rem udah Melewati Masa Pakai

Layaknya komponen mobil lainnya, rem juga punya umur pakainya, terlebih-lebih rem jenis seal yang berbahan karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal sanggup diketahui dari bahan karetnya yang mulai mengeras juga kaku.

Akibatnya, piston rem cuma terkunci di satu sisi, alhasil pergerakannya jadi terkunci. Inilah yang merupakan salah satu penyebab rem mobil tidak balik lagi, ditandai dengan susahnya rem ketika digerakkan.

Lebih baik mengganti rem yang sudah keras karetnya dengan yang baru, alhasil rem dapat digerakkan kembali dengan lancar juga tidak lagi macet.

4. Rem Terlalu Rapat Tatkala Disetel

Penyebab terakhir ialah penyetelan rem yang terlalu rapat. Mesti diketahui, rem juga memerlukan ruang untuk bergerak, menjadi jangan disetel terlalu rapat.

Baik rem cakram maupun rem tromol, keduanya wajib diperhatikan jarak bebas (free play) pada saat disetel. Teliti juga apakah ada kepadatan antara kampas rem juga permukaan tromol kala dipasang. Keduanya wajib ada ruang bebas, alhasil rem pun menjadi lebih enak ketika digerakkan.

Andaikan sungguh dipasang terlalu rapat, langsungkan saja penyetelan ulang dengan memperhatikan tingkat kerapatannya. Maupun bisa bawa ke bengkel terdekat terdekat supaya penyetelannya sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Itulah sebagian ciri-ciri rem mobil tidak balik lagi yang mesti diketahui kamu. Buat memperbaikinya, lebih baik percayakan kepada teknisi di bengkel terdekat saja. Semisal kamu mau melakukan servis berkala. Seandainya sahabat tak memiliki waktu untuk mengusung mobil ke bengkel, silakan tunaikan booking pelayanan service mobil. Kunjungi dealer mobil sekarang juga dan dapatkan bermacam-macam dealer mobil terbaru untuk beraneka ragam jenis sarana purna jual. Kamu mampu jadwalkan kunjungan di sini.