Apa Itu Parkir Paralel dan Bagaimana Cara Parkir Paralel yang Benar?

Tahukah teman-teman transkerja apa itu parkir paralel dan bagaimana cara parkir paralel yang benar? Parkir paralel yakni satu di antara posisi parkir kendaraan yang acap kali diterapkan oleh pengemudi kendaraan kala memarkir kendaraannya.

Ketika kamu perlu memarkir kendaraan di luar rumah, semacam di pusat perbelanjaan, kantor, ataupun halaman parkir, kadangkala dihadapkan dengan keterbatasan lahan parkir. Kamu enggak dapat memarkir mobil dengan kualifikasi berjajar.

Kalau berada di situasi yang demikian, maka sobat transkerja mau gak mau harus memarkir kendaraan dengan posisi paralel. Maka dari itu, mari pelajari pengertian juga juga teknik parkir paralel, subjektifnya jika teman-teman yaitu pemula.

Apa Itu Parkir Paralel?

Parkir paralel yaitu posisi di mana mobil diparkir secara berurutan depan belakang antar 1 mobil dengan mobil yang lainnya. Jadi, bagian depan mobil kamu bakal berhadapan dengan bagian belakang mobil yang berada di posisi depan. Kemudian, bagian belakang kendaraan kamu bakal berhadapan dengan bagian depan mobil yang berada di posisi belakang.

Umumnya, mobil lebih kerap diparkir dengan posisi berjajar di mana kendaraan berada bersebelahan sisi samping dengan mobil lainnya. Hal ini yang bikin parkir berjajar lebih gampang ketimbang dengan parkir paralel karena mulut mobil tinggal dimasukkan didalam wilayah yang kosong.

Sebaliknya, parkir paralel memerlukan beberapa tahapan sebelum kamu betul-betul dapat memarkir mobil dalam posisi yang jitu. Biarpun parkir paralel sulit untuk dilakukan, akan tetapi kamu perlu mempelajarinya supaya sewaktu-waktu dapat langsung mempraktikkan saat tidak ada lahan parkir.

Bagaimana Cara Parkir Paralel?

Apa Itu Parkir Paralel dan Bagaimana Cara Parkir Paralel yang Benar?

Berikut ini, kamu dapat mengikuti panduan parkir paralel yang mudah serta tepat untuk pemula, yaitu:

1. Menyejajarkan Posisi Mobil

Tahapan pertama yang harus kamu laksanakan ketika parkir paralel ialah menyejajarkan posisi mobil. Sejajarkan kendaraan kawan-kawan dengan mobil lain yang udah terparkir di posisi paralel terlebih dahulu, ambil jarak setengah meter dari sisi samping.

2. Mundurkan Mobil

Setelah posisi mobil ekuivalen dengan kendaraan yang udah terparkir, ubah persneling ke P untuk berjalan mundur, lalu putar kemudi kendaraan kamu ke arah kanan hingga mentok. Mundurkan mobil secara perlahan hingga membangun sudut 45 derajat.

3. Meluruskan Kemudi Mobil

Selanjutnya, luruskan kemudi kendaraan kamu, lalu mundurkan kembali kendaraan secara perlahan-lahan. Di dalam tahapan ini, mobil kamu sepantasnya sudah dapat masuk didalam sela-sela antara mobil yang berada di depan atau di belakang.

4. Kembali Menyejajarkan Posisi Mobil

Sejajarkan kembali mobil teman-teman alhasil sesuai dengan posisi mobil yang berada di depan dan belakang. Beri jarak aman supaya mobil teman-teman transkerja ataupun mobil lainnya bisa keluar dari parkiran paralel.

5. Meluruskan Roda Depan juga Kemudi Mobil

Setelah teman-teman transkerja memperoleh posisi yang jitu, maka langkah terakhir yang mesti dilakukan yakni meluruskan roda depan serta kemudi mobil. Gak meninggalkan mobil dengan keadaan roda juga setir yang enggak lurus karena hal ini dapat memengaruhi keseimbangan mobil sahabat transkerja sewaktu dibawa berkendara.

Itulah pengertian juga cara parkir paralel yang wajib kawan-kawan ketahui. Teruslah berlatih supaya sobat bisa mahir dalam melangsungkan parkir paralel.

Selain itu, perhatikan juga posisi mobil dan daerah parkir kamu. Hindari memarkir mobil di bawah paparan sinar uv dalam waktu yang lama sebab hal tersebut bakal mengakibatkan warna bodi kendaraan kamu pudar. Lalu perhatikan juga posisi ban dan kemudi mobil teman-teman. Posisi yang enggak tepat dapat sebabkan mobil kawan-kawan transkerja jadi tidak seimbang alhasil butuh digarap spooring juga balancing.