Aki Mobil Baru Namun Mobil Tidak Dapat Di Starter? Ini 5 Penyebabnya

Penggantian aki yakni satu di antara solusi kendaraan tidak menyala efek aki soak. Tapi, apabila ada keadaan di mana udah ganti aki baru akan tetapi mobil selalu tak mau menyala mesti harus dipertanyakan. Penyebab keadaan sulit ini beragam, mampu karena kualitas aki yang diterapkan hingga sistem kelistrikan mobil.

Kamu mesti mengenali pelbagai tanda-tanda mobil tidak mau menyala padahal sudah ganti aki supaya dicari solusinya.

Penyebab Aki Mobil Baru Akan Tetapi Tidak Dapat Di Starter

Mobil enggak hanya memerlukan bensin supaya bisa menyala, akan tetapi juga energi listrik. Sumber baku pasokan listrik mobil terletak di komponen akinya. Permasalahan aki, kayak kehabisan air aki hingga soak, pasti menjadi satu di antara alasan biasa mobil tidak bisa di-starter.

Pemilik mobil pasti melangsungkan penggantian aki tatkala menghadapi keadaan sulit tersebut. Prosedur penggantian serta pemasangan aki pun dipenuhi secara cermat mengikuti manual book. Sayangnya, mobil tetap gak mau menyala biarpun akinya udah baru serta belum pernah dipasang sebelumnya.

Lalu, apa yang jadi pemicunya? Bacalah ulasan mengenai ciri-ciri mobil tidak dapat menyala biarpun sudah ganti aki.

1. Aki Belum Di-charge

Aki baru enggak menyimpan arus serta tegangan listrik cuma untuk starter mobil. Ini lazim terjadi bahwasanya kamu memakai aki basah yang tak bersifat Maintenance Free (MF). Andaikata teman-teman memakai aki kering dan bersifat MF, daya listriknya cukup untuk menyalakan mobil.

2. Kualitas Aki Buruk

Penyebab ini berlangsung kalau sobat transkerja membeli aki rekondisi alias aki bekas yang sudah mengalami perbaikan keadaan agar tampak bagus. Kualitas aki ini lazimnya tidak bahana dan udah mengalami perbaikan kualitas berkali-kali lewat rekondisinya. Lebih baik memakai aki yang terjamin keasliannya, hadir dari boks, segel, serta kondisi bodi. Maka dari itu selalu beli serta gunakan aki yang udah direkomendasikan oleh bengkel terdekat.

3. Masalah Kelistrikan pada Starter

Komponen penyusun kelistrikan starter kendaraan sangat berlimpah dan rumit. Mulai dari aki, kabel starter, sekring, relay, hingga motor starter, semuanya ialah bagian dari sistem kelistrikan mobil. Ketika penggantian aki, sanggup saja satu di antara komponennya bermasalah. Sekring putus, terminal kepala aki tertutup keras, relay rusak, serta lain-lain. Kawan-kawan transkerja mesti mengecek satu per satu sistem kelistrikan ini serta lakukan perbaikan bila ada konstituen yang rusak.

4. Persoalan pada Alarm Mobil

Alarm mobil bisa jadi pemicu kendaraan tidak mau menyala pasca penggantian aki. Ada mobil yang dirancang peranan alarmnya supaya terputus ke sistem starter. Keadaan ini terjadi bila ada prosedur pengaktifan alarm yang terlewat ketika ganti aki.

5. Sistem Pengapian Bermasalah

Terakhir, sistem pengapian yang buruk, kayak busi usang atau kualitasnya menurun, sanggup saja jadi alasan mobil susah di-starter. Koil dan ECU mobil yang sudah tidak mumpuni pun mampu menjadi penyebabnya. Ada juga dinamo starter yang rusak walhasil aliran listrik mobilnya tak sampai ke aki mobil. Untuk mengenal alasan spesifiknya, dibutuhkan