Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Mobil matic menjadi satu di antara kendaraan impian berlimpah orang. Situasi jalanan yang macet jadi alasan sejumlah orang mulai beralih ke kendaraan matic. Niscaya saja, memilikinya berarti memerlukan maintenance yang rutin. Andaikata tidak, pemilik mobil akan mendapati masalah, salah satunya kendaraan matic tak bisa distarter alias tidak mau menyala.

Apa sih yang ciri-ciri mobil tidak mau menyala? Pasalnya beragam, mulai dari bahan bakar kendaraan matic yang habis, keadaan aki yang udah soak, busi mendapati kerusakan, hingga situasi sulit pada ignition switch. 

Apapun pasalnya, pemilik mobil harus menyelidik tahu alasan tentunya sehingga dapat diperbaiki. Seumpama dibiarkan, mesti saja situasi ini bakal menjadi masalah di selepas itu hari. 

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Biar tidak memicu masalah yang lebih dominan, sebaiknya sobat memahami kemungkinan yang menjadi gejala kendaraan matic tidak bisa distarter. Tidak sekadar itu, kawan-kawan transkerja sanggup mengetahui tindakan perbaikan yang paling betul lewat tulisan ini!

Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

1. Aki Kendaraan Soak

Salah satu penyebab paling biasa mobil matic enggak bisa distarter yaitu karena bahan bakarnya habis. Bilamana kawan-kawan meninjau indikator bahan bakar nyala di dashboard, maka sudah pasti harus isi ulang. 

Namun, bila bahan bakar kendaraan masih berjibun dan enggak bermasalah, apa yang sungguh-sungguh mungkin menjadi penyebabnya?

Cobalah mengecek situasi aki kendaraan apabila mobil tidak sanggup distarter. Aki kendaraan yang soak pengaruh pemakaian sanggup jadi pasalnya. Bilamana kendaraan sobat udah berumur lebih dari 10 tahun, sangat mungkin performa aki melemah hingga rusak. Solusinya yakni mengganti aki dengan yang baru.

2. Filter Bahan Bakar Tersumbat

Mobil matic enggak mau menyala padahal bahan bakar penuh? Problemnya terdapat pada filter bensin yang rusak. Teman-teman transkerja kudu tahu, filter ini merupakan bagian yang bertugas sebagai penyaring yang memisahkan air dan kotoran dari bahan bakar.

Sekiranya rusak, baik air atau zat pengotor bahan bakar bakal ikut terbawa didalam mesin mobil sehingga bakal membuat keadaan dimana mesin mobil tersumbat. Akibatnya, bahan bakar gak bisa mencapai mesin walhasil mobil tidak bisa distarter. Buat menjauhi hal ini, kamu dapat mengganti filter bensin tatkala mobil sudah mencapai sekitar 24.000 km. 

3. Kerusakan Pada Busi

Di samping aki, busi sanggup pula menjadi satu di antara indikasi mobil matic tidak bisa distarter. Supaya bisa menyala, kendaraan butuh percikan bunga api dari busi untuk menghidupkan starter. 

Seumpama busi menghadapi kerusakan, ataupun hanya kotor, tersumbat serta berkarat, proses percikan bunga api untuk menghidupkan mesin mobil tidak akan berjalan. Karena itu, coba cek situasi busi secara teratur.

Untuk menindak kondisi tersebut, sahabat bisa membuka kap mesin, lalu mencabut busi. Bersihkan komponen pada bagian yang ternoda dengan menunggangi kain bersih. Seumpama kenyataannya setelah pembersihan mobil tetap enggak bisa menyala, maka sobat transkerja dapat mengganti busi dengan yang baru. 

4. Dinamo Starter Bermasalah 

Selain busi, dinamo starter juga yakni komponen mobil lain yang bertanggung jawab dalam proses menghidupkan mesin. Tanda-tanda dinamo starter mendapati masalah merupakan munculnya suara mesin yang kasar, tapi mobil enggak bisa distarter. 

Apabila sudah begini, tidak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan mendatangi bengkel juga melakukan pengecekan. Sekiranya nyatanya hanya butuh perbaikan, maka dinamo starter bakal diperbaiki. Hanya saja, bila tidak, maka harus diganti baru.

5. Permasalahan pada Ignition Switch 

Ignition switch merupakan kunci kontak kendaraan yang menyatukan mesin dengan aliran listrik. Bagian ini mampu juga menjadi sebab mobil matic tidak bisa distarter bila diperoleh gangguan yang bikin aliran listrik tidak menyambung ke mesin. 

Solusi pertama pada kualifikasi tersebut ialah melakukan pengecekan untuk meyakinkan apakah aliran listrik mampu mencapai mesin mobil. Manakala kelistrikan tak mencapai mesin, cek ulang apakah aliran listrik masih ada.