Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Saat Jalan

Apa yang kamu lakukan ketika tiba-tiba kendaraan mati secara mendadak? Kamu pernah menghadapi mobil tiba-tiba mati? Keadaan ini tentu bisa bikin panik. Apalagi jikalau teman-teman sedang melakukan perjalanan jauh. Apa sih penyebab mesin mobil mati mendadak saat jalan dan gimana cara mengatasinya?

Mengapa mobil tiba-tiba mati mendadak?

Mobil tiba-tiba mati mendadak dapat diakibatkan oleh sejumlah hal semacam mesin yang terlalu panas, konverter katalitik tersedak, bahan bakar habis, problem pada alternator, keadaan sulit pada ECU, permasalahan sistem pengapian, baut mesin longgar, pompa bensin tersumbat, ignition switch bermasalah, hingga aki yang soak.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Saat Jalan

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak Saat Jalan

Sekiranya mau menghindari hal tersebut, kawan-kawan transkerja mesti melakukan pemeliharaan mobil secara rutin. Selain itu, sobat juga mesti tahu apa saja penyebab mobil mati mendadak. Temukan jawabannya disini.

1. Mesin terlalu panas

Alasan pertama yang sanggup mengakibatkan mobil mati mendadak merupakan mesin yang terlalu panas atau biasa diucap dengan overheat. Situasi sulit ini nyatanya cukup kadang-kadang dialami oleh pemilik kendaraan saat melangsungkan perjalanan.

Saat mesin mobil menyala, bahan bakar ialah bensin diubah jadi energi panas. Energi panas tersebut berikutnya diubah lagi jadi energi mekanik untuk menggerakkan mobil. Bilamana energi panas terlalu berlebihan, mesin kendaraan bisa mati.

Hal tersebut mungkin berlangsung jika tak secara teratur memeriksa water coolant. Karena itulah, sahabat wajib memastikan kalau air di radiator selalu cukup.

Sekiranya mesin mobil overheat sebab water coolant kurang, teman-teman mesti mengisinya. Tapi bila tidak tahu caranya, lebih baik kawan-kawan meminta tolong kepada mekanik ataupun bengkel radiator mobil terdekat.

2. Konverter katalitik tersedak

Penyebab seterusnya yang mesti teman-teman tahu ialah adanya problem di konverter katalitik ataupun catalytic converter. Bagian ini yakni bagian yang berguna dalam sistem pembuangan mobil. Konverter katalitik bertugas merawat knalpot kendaran kawan-kawan senantiasa jernih.

Kotoran dalam bahan bakar yang lebih gadang daripada yang mampu ditangani, konverter bakal tersedak dan berhenti bekerja. Hal inilah yang selepas itu bikin mobil sahabat transkerja mogok di jalan. 

Untuk mencegah hal ini, sobat harus memilih bahan bakar yang berkualitas biar enggak membentuk kotoran yang berlebihan. 

Konverter katalitik yang terawat dengan baik juga menunjang proses penyaringan supaya lebih efisien juga teman-teman tak harus keluar uang untuk budget servis mobil.

3. Tangki bahan bakar kosong

Kenapa kendaraan tiba-tiba mati? Mungkin pasalnya ialah tangki bahan bakar kawan-kawan transkerja kosong. Niscaya saja apabila bensin habis, kendaraan bisa mogok. 

Karena itu, tidak lupa untuk selalu cek indikator bahan bakar mobil kamu. Ini bermanfaat sehingga sobat gak kehabisan bensin di jalan juga malah bikin mobil mogok.

Tanamkan kebiasaan untuk mengisi bensin walaupun indikator belum mencapai tempat merah. Dengan demikian, kawan-kawan transkerja dapat lebih aman saat melebihi daerah yang jarang didapati SPBU.

Teman-teman juga wajib memastikan indikator bahan bakar di kendaraan memang akurat. Semisal indikator tidak tepat, sobat harus segera memperbaikinya di bengkel agar tidak mengira bahan bakar masih ada padahal udah habis ataupun sebaliknya.

4. Alternator

Mobil tiba-tiba mati sanggup diakibatkan oleh alternator yang bermasalah. Alternator atau dinamo ampere merupakan bagian mobil yang bertugas memasok aliran listrik ke aki. 

Andaikan ada keadaan sulit di alternator, pasokan listrik dalam aki bakal habis seiring berjalannya waktu. Keadaan ini kemudian mengakibatkan mobil tiba-tiba mati juga tidak mampu distarter.

Masalah ini lazim terjadi sewaktu mobil dalam keadaan langsam atau idle. Alternator yang bermasalah dapat memotong pasokan listrik ke pelbagai bagian vital di mobilmu.

Sebaiknya lakukanlah tune up mobil secara teratur supaya masalah ini enggak mesti kawan-kawan transkerja alami.

5. ECU bermasalah

Electronic Control Unit atau disingkat ECU mobil adalah komputer kecil yang dapat berperan sebagai sirkuit elektronik fundamental dalam mobil-mobil modern. 

Bagian ini berperan seperti CPU dalam komputer yang menangani fungsi mekanis. Bilamana bagian ECU bermasalah, umumnya dapat menyebabkan mobil tiba-tiba mogok.

Manakala ada persoalan dengan ECU, lampu check engine di dashboard mobil akan menyala. Seandainya udah begitu, sobat transkerja harus memeriksa apa yang salah ke mekanik terdekat. 

Komponen ini bukan bagian yang sanggup diperbaiki sendiri menjadi pastikan sahabat memperoleh pertolongan dari profesional.

6. Sistem pengapian

Mobil macet tiba-tiba juga mampu dikarenakan oleh permasalahan sistem perapian. Sistem ini mengalirkan daya ke mesin kendaraan agar sanggup bergerak. Sekiranya sistem ini terganggu, mobilmu sanggup berhenti tiba-tiba.

Saat mobil mati, sobat sanggup coba menstarter ulang mobil. Tetapi bila kendaraan tidak dapat distarter, sanggup jadi ada persoalan dengan sistem pengapiannya.

Mesti diingat kalau sistem ini sangat mempengaruhi mesin. Bila mobil sahabat transkerja mati tiba-tiba, dapat jadi coil dalam sistem pengapian tidak bekerja dengan baik. Berarti untuk menegaskan sekring mobil masih menyambung dan asupan udara untuk sistem pembakaran ini cukup.

7. Baut mesin longgar

Alasan seterusnya yang sanggup bikin mobil tiba-tiba mati merupakan adanya baut mesin yang longgar. Sekiranya ada baut mesin yang longgar, mesin bakal bergetar dan enggak bekerja dengan baik. Baut longgar sanggup terjadi sebab keausan mesin kala mobil digunakan.

Jangan sampai cuma karena hal tersebut, mesin kendaraan menjadi rusak seluruhnya serta justru teman-teman transkerja wajib mengeluarkan uang untuk cost turun mesin mobil. Jadi, segera perbaiki seandainya memang baut mesin terasa longgar.

8. Pompa bensin tersumbat

Pompa bensin yang tersumbat juga sanggup menjadi pertanda mobil mogok, lho. Bilamana pompa bahan bakar ataupun fuel pump tersumbat, mesin gak mendapatkan bahan bakar yang cukup.

Sekiranya sahabat mau menghindari hal ini, selalu isi bahan bakar di SPBU resmi dengan bensin yang mempunyai cetane maupun nilai oktan yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

9. Ignition switch bermasalah

Alasan kemudian yang mampu bikin mobil tiba-tiba mati ialah adanya problem di ignition switch. Bagian ini merupakan kontak transenden yang mengalirkan arus listrik ke sistem kelistrikan mobil, sistem bahan bakar, dan juga ECU.

Kerusakan di saklar pengapian ini sanggup terjadi sebab getaran atau guncangan yang cukup kencang di jalan. Misalnya ketika teman-teman melewati polisi tidur ataupun lubang di jalan. Seumpama ignition switch bermasalah, niscaya akan menghambat performa mesin mobil dan menyebabkannya mati.

10. Aki soak

Alasan terakhir yang sanggup jadi penyebab mobilmu mati tiba-tiba yakni aki yang soak. Rata-rata, aki mobil bisa didayagunakan dalam waktu dua hingga tiga tahun. 

Beberapa kendaraan tua mungkin cukup sesekali mengalami permasalahan satu ini. Segera ganti aki mobil teman-teman transkerja sesudah lewat 3 tahun sebab apabila udah lewat periode itu, aki lazimnya tidak bekerja secara maksimal.

Ketahui metode melepas aki mobil yang betul saat akan mengganti aki biar enggak merusak sistem mesin pada mobil. Tanda-tanda yang perlu sahabat perhatikan saat aki sudah mulai soak yaitu sulit untuk starter kendaraan di pagi hari. Tanda lainnya yakni bunyi klakson yang tak lagi keras ataupun nyaring.

Itulah tadi sejumlah penyebab mengapa mobil tiba-tiba mati. Sehabis kawan-kawan mengenal semua penyebabnya, kini sahabat sanggup melakukan pencegahan agar tak mendapati kendala mobil mogok. Kamu mesti rutin melancarkan service kendaraan agar permasalahan-masalah di atas tidak mesti terjadi.