Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus dan Cara Mengatasi

Lampu indikator jadi petunjuk akan situasi kendaraan. Misalnya tekanan oli, temperatur mesin, ketersediaan bahan bakar, dan lainnya. Tapi, pasti saja bagian ini gak dirancang untuk menyala terus-menerus. Indikator pada dashboard cuma akan menyala pada saat kawan-kawan transkerja memutar kunci ke posisi “On”. Tapi, apa saja ciri juga penyebab lampu indikator mobil menyala terus, sampai-sampai ketika sedang mengendarai mobil?

Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Ada beragam penyebab yang bikin lampu indikator menyala terus menerus. Manakala udah begini, maka udah waktunya kamu mengecek sejumlah bagian, mencakup mesin mobil. Buat yang belum tahu, lampu indikator ini ada di bagian dashboard mobil. Dapat saja ada kerusakan di bagian mobil, kayak busi, filter, aki mobil, hingga sensor oksigen. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Lampu Indikator Oli 

Lampu indikator oli akan berwarna terang pada saat sahabat transkerja memutar kontak “On”. Setelahnya, bakal kembali padam. Hanya saja, apabila lampu indikator kendaraan menyala terus pada penunjuk oli, maka sudah pasti ada situasi sulit yang terjadi. 

Setidaknya ada empat hal yang membawa dampak indikator bagian oli menyala. Sanggup karena volumenya hampir habis, tekanan sirkulasi berkurang, switch oli bermasalah, maupun sudah waktunya mengganti dengan oli baru. Biar gak salah penanganan, sebaiknya kawan-kawan menggarap pengecekan ke dealer resmi.

2. Lampu Indikator Tangki Bahan Bakar 

Lampu indikator mobil menyala terus pada bagian penunjuk bahan bakar merupakan pertanda kalau kawan-kawan transkerja kudu segera mengisinya kembali. Parameter jumlah bahan bakar ini bakal secara otomatis aktif sewaktu hanya tersisa 1/8 tangki saja. Alangkah baiknya sewaktu indikator bahan bakar aktif, sobat segera menelusuri stasiun pengisian terdekat untuk menangkal mobil mogok di tengah jalan. Problem ini mampu diatasi tanpa perlu pergi ke bengkel atau dealer. 

3. Lampu Indikator Aki

Lampu indikator aki kendaraan terus menyala jadi pertanda bahwasanya ada keadaan sulit pada bagian aki. Selayaknya kamu segera mengangkat mobil ke bengkel terdekat untuk mengecek masalah ini lebih lanjut. Manakala tidak, maka kerusakan lebih parah dapat saja terjadi.

4. Lampu Indikator Temperatur

Mesin yang dipacu melebihi keandalan maksimalnya dengan adanya keadaan sulit pada ruang bakar ataupun sistem pendinginan, lama kelamaan bakal mengalami overheat pengaruh kerja keras yang dilakukan. Otomatis, lampu indikator kendaraan menyala terus untuk menerangkan dapur pacu mobil yang panas. 

Selain itu, waspadai juga sekiranya indikator suhu menyala sebab bisa menjadi penyebabnya bukan dari mesin yang overheat. Contohnya ketika water coolant berkurang maupun terjadi kebocoran pada salurannya. Sekiranya situasi ini yang terjadi, kamu bisa menambahkan cairan pendingin (coolant) untuk turunkan suhunya. 

5. Lampu Indikator Check Engine

Lampu indikator kendaraan menyala terus juga bisa terjadi pada penunjuk check engine. Seandainya sampai penunjuk bagian ini aktif, sahabat mesti waspada. Karena kondisi tersebut menegaskan adanya kesalahan pada mesin atau komponen bermanfaat lainnya. Daripada memperburuk keadaan dan memperbesar risiko, ada baiknya sahabat transkerja segera mengunjungi bengkel resmi terdekat. Mekanik terunggul bakal melakukan serangkaian pengecekan, terdiri memeriksa apakah ada kebocoran, kabel terbakar, maupun sensor-sensor dalam mobil.

Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus dan Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil yang Menyala Terus

Lampu indikator kendaraan yang tampil dari dashboard berniat menyampaikan keterangan penting terkait komponen mobil? Apabila ini terus menyala, pasti ada persoalan yang enggak terlihat oleh kamu, bukan? Untuk itu, coba teknik mengatasi lampu indikator mobil menyala terus di bawah ini. 

Begini, satu-satunya teknik mobil menyampaikan adanya masalah yakni dengan  lampu indikator tersebut. Sejumlah mobil yang sudah canggih mungkin menggunakan sistem infotainment untuk menjalankan hal tersebut. 

Walau begitu, tak semua orang memiliki hak istimewa tersebut. Seumpama sobat transkerja yaitu dari mereka, coba cek teknik mengatasinya di sini, yuk!

Cek Aki Mobil

Salah satu cara mengatasi lampu indikator mobil yang menyala terus ialah mengecek aki. Karena, baterai mobil ini benar-benar mempengaruhi lampu indikator yang suka menyala. 

Seumpama perlu, Pins dapat melepas kepala aki yang bertanda minus dulu dan kendorkan, dan angkat kepala aki dengan hati-hati. Biarkan selama lima menit dan pasang aki kembali. 

Andaikata sudah terpasang dengan baik, tutup kap kendaraan dan periksa apakah lampu sinyal pada dasbor masih menyala atau tidak. 

Periksa Tangki Bensin Mobil

Selain memeriksa aki, Pins patut mengecek tangki bensin mobil. Lihat lagi apakah udah tertutup rapat maupun belum. Ini karena tangki bensin yang kurang tertutup mampu memicu lampu indikator terus menyala. 

Oleh karena itu, Pins kudu selalu pastikan bahwa tangki bensin udah tertutup dengan aman, baik sesudah mengisi bensin maupun tidak. 

Lihat Bagian Mesin Mobil

Pada kasus yang lebih parah, lampu indikator yang terus menyala mampu dikarenakan adanya dilema pada bagian dalam mesin mobil. 

Ini tidak hanya berlaku pada aki, melainkan juga kabel, busi, radiator, sekring, hingga cooling system mobil. Kerusakan pada satu di antara ada sejumlah bagian tersebut dapat mempengaruhi lampu indikator kendaraan dan kinerja mesin. 

Seumpama permasalahannya cukup sederhana, coba cari metode memperbaikinya sendiri. Tapi, kerusakan yang sudah cukup parah hingga mengganggu komponen mobil lainnya memerlukan teknisi ahli ya.

Rutin Servis mobil 

Cara menanggulangi lampu indikator kendaraan yang menyala terus mampu dilakukan dengan biasa servis mobil. Semisal sobat tengah mengunjungi bengkel, bilang permasalahan tersebut pada montir walhasil mereka akan mengecek apakah ada yang bermasalah ataupun tidak. 

Nantinya, mereka bakal memberitahu bila ada bagian yang rusak juga memberi saran perbaikan maupun penggantian komponen tertentu. Maka dari itu, selalu servis mobil di bengkel resmi guna meredakan risiko insiden kerusakan lebih lanjut. 

Bersihkan Busi secara rutin

Persoalan pada busi nyatanya bisa mengakibatkan lampu indikator mobil menyala terus. Itu sebabnya, kamu wajib mengecek serta membersihkan busi secara rutin. Sebab, busi memainkan tugas penting tentang mesin kendaraan sehingga wajib sering diperiksa. 

Rutin Ganti Penyaring (Filter) Udara

Penyaring udara pada mesin kendaraan pun ikut mempengaruhi nyala ataupun matinya lampu indikator mesin. Ini karena udara yang gak teraliri dengan baik mampu mengganggu sensor oksigen alhasil lampu pada dasbor akan menyala terus. 

Maka dari itu, usahakan untuk biasa mengganti filter udara pada mesin. Ini dapat kamu tunaikan setiap kali servis mobil di bengkel resmi. 

Masalah lampu indikator mobil menyala terus mampu terjadi pada mobil jenis apa saja. Bilamana sampai keadaan ini terjadi, segera datang ke bengkel resmi yang tampil di kota teman-teman.