Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk atau Kletek Kletek

Bunyi-bunyian tertentu pada mobil nyatanya bisa jadi tanda adanya gangguan pada mesin juga beberapa sektor mobil. Salah satunya yakni bunyi gluduk-gluduk atau kletek kletek yang terdapat dari bagian kaki-kaki mobil, baik itu dari ban depan ataupun belakang. Berikut adalah penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk gluduk atau kletek-kletek yang perlu kamu ketahui.

Bunyi gluduk-gluduk ataupun kletek-kletek pada kaki kaki mobil bunyi ini lazimnya terdengar kala mobil melintasi jalanan bergelombang.

Pada jalanan yang bergelombang maupun tidak rata (misalnya saat melintasi polisi tidur), muncul bunyi seolah ada barang yang bergoncang dari arah kaki-kaki mobil. Normalkah bunyi tersebut?

Untuk memahami jawabannya, mari simak pembahasan mengenai penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk ini.

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk atau Kletek Kletek

Penyebab Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk Gluduk atau Kletek Kletek

Ada sejumlah penyebab bunyi gluduk-gluduk di komponen kaki-kaki mobil. Inilah ulasan lengkapnya.

1. Long tie rod aus

Long tie rod ialah konstituen yang terdiri atas tie rod, ball joint, serta rack end. Ketiganya bersinergi supaya gerak kaki-kaki mobil bisa senantiasa selaras dengan gerak setir. Tetapi, kalau long tie rod maupun satu di antara komponennya aus, setelan pun jadi longgar. Akibatnya, timbul bunyi gluduk-gluduk dan hal itu jadi  penyebab setir mobil berat.

Bagaimana long tie rod mampu aus? Lazimnya, kondisi ini diakibatkan cara mengemudi yang enggak tepat ketika melampaui jalan rusak. Seumpama melintasi jalan rusak dengan kecepatan tinggi, long tie rod akan memiliki beban yang amat berat. Beban tersebut mampu menyebabkan komponen saling bertabrakan serta kemudian aus. Untuk itu, semestinya teman-teman transkerja selalu melindungi kecepatan kala melintas di jalanan rusak.

2. Karet bushing arm menipis

Bushing swing arm merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mencegah getaran dari ban mobil dan mesin mobil. Bentuknya mirip botol dengan pipa besi berlapis karet di dalamnya. Umumnya, sebentuk mobil mendapati delapan buah bushing arm, empat di bagian depan serta empat di bagian belakang. Ternyata, komponen ini jua dapat menjadi penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk.

Bunyi gluduk-gluduk pada roda akan terdengar sekiranya karet pada bushing arm sudah menipis. Dalam sejumlah kasus yang parah, malahan ditemukan bushing arm sudah betul-betul rusak dan lapisan karetnya hilang. Untuk mengatasinya, enggak ada metode selain mengganti karet bushing arm dengan yang baru. 

3. Longgar pada bushing stabilizer

Penyebab kaki-kaki kendaraan bunyi gluduk-gluduk seterusnya datang dari komponen bushing stabilizer. Komponen ini bertugas membendung getaran dari link stabilizer agar enggak merambat ke chassis mobil. Tapi, bushing stabilizer pun sanggup longgar, tipis, ataupun bahkan rusak karena faktor lama penggunaan.

Ini karena bushing stabilizer membendung getaran link stabilizer dengan isolator berupa karet. Semisal karet ini aus, maka otomatis bushing stabilizer pun akan longgar. Selain karet, bushing stabilizer longgar juga mampu diakibatkan oleh pemasangan baut pengikat yang kurang kencang.

4. Shock breaker mati

Selain bushing stabilizer, komponen shockbreaker nyatanya juga dapat menjadi penyebab mengapa kaki-kaki mobil yang berbunyi gluduk-gluduk. Oleh sebab itu, andaikata teman-teman mendengar bunyi gluduk-gluduk tatkala melintasi jalanan rusak maupun permukaan yang enggak rata, mampu jadi ada kerusakan pada shockbreaker.

Untuk melihat dengan pasti apakah sememangnya shockbreaker jadi penyebabnya, coba tunaikan quick check. Metodenya adalah dengan menikmati ayunan shockbreaker. Kala melalui jalanan yang enggak rata, coba rasakan ayunan shockbreaker. Andaikan terasa ayunan naik-turun sesudah melalui jalanan tidak rata, dapat dipastikan shockbreaker kendaraan telah rusak.

5. Kerusakan karet support shockbreaker

Terakhir, bunyi gluduk-gluduk juga sanggup dikarenakan oleh karet support. Letaknya betul pada bagian atas komponen shockbreaker. Tugasnya ialah meredam getaran yang dihasilkan ban kendaraan biar tak merambat ke bodi mobil. Sekiranya karet ini rusak maupun aus, maka teman-teman bakal mendengar bunyi gluduk-gluduk.

Bunyi tersebut bakal terdengar tatkala mobil melintas di jalanan yang enggak rata. Bunyi datang dari arah roda mobil bagian atas. Solusinya  ialah dengan  mengganti karet support atau menyetel ulang baut pengikat di antara karet support serta shockbreaker.

Dari sini kamu mampu tahu apa saja penyebab kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk yang mengganggu. Kendatipun sebenarnya sepele, kerusakan ini kudu segera ditangani biar gak menjalar ke komponen lain.

Pada mobil yang shockbreakernya sudah mengalami kerusakan parah semacam bocor maupun bahkan matinya peranan peredaman maka segera ganti dengan yang baru. Pasti shockbreaker asli yang kudu sahabat transkerja pakai agar kinerja tetap terjaga.