Bila Indikator Airbag Menyala Tiba-tiba Ini Penyebabnya

Apa penyebab indikator airbag menyala? Lampu indikator yang berada pada dashboard bertugas sebagai pengingat buat pengemudi. Sekiranya lampu indikator ini menyala, maka sanggup diartikan, bila mobil sedang ada gangguan pada komponen tertentu.

Salah satu lampu indikator yang kerap kali menyala yakni lampu seatbelt. Seumpama lampu seatbelt menyala, artinya pengemudi belum mengenakan sabuk pengaman. Lantas apa saja yang sebabkan lampu indikator airbag menyala? Simak ulasan berikut:

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Cara kerja kantung udara (airbag) sememangnya selalu tergantung pada sensor ataupun indikator lampu pada mobil sobat. Buat itu, andaikata ada persoalan seperti indikator airbag menyala, segera temukan pemicunya.

Dalam tulisan ini, akan dibahas secara spesifik berkenaan penyebab indikator airbag menyala. Indikator kantung udara menyala nyatanya bisa ditimbulkan oleh sejumlah hal. Apa saja penyebab indikator airbag menyala? Berikut jawabannya:

penyebab indikator airbag menyala

1. Gangguan yang Jarang Terjadi

Lampu Indikator pada bagian mobil memang kudu selalu dicek berkala. Salah satunya, indikator airbag menyala tiba-tiba sebenarnya merupakan gangguan yang sangat jarang terjadi. Lampu indikator ini mewakili SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem pengamanan tambahan.

SRS dimanfaatkan untuk menyebut suatu perangkat keselamatan pada kendaraan yang biasanya berupa kantung udara (kantong udara) dan sabuk pengaman.Semisal lampu indikator ini menyala, tak berarti kantong udara akan terkembang.

Sebenarnya, lampu indikator tersebut memberi penjelasan bahwa diperoleh gangguan pada alat-alat keselamatan mobil teman-teman transkerja, mungkin itu pada komponen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, ataupun bisa juga sistem keamanan mobil.

2. Gangguan Pada Saklar Seatbelt

Kemungkinan penyebab pertama indikator kantung udara menyala tiba-tiba datang dari sistem seatbelt, tepatnya pada saklar seatbelt. Dapat jadi, sedang ada gangguan pada saklar seatbelt.

Peranan dari saklar ini merupakan untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman sudah terpasang ataupun belum. Kalau saklar seatbelt terganggu, maka lampu indikator airbag pun bakal menyala.

Gangguan tersebut sanggup berupa benda asing maupun kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman. Buat itu, kalau sobat transkerja meninjau lampu kantong udara menyala, coba cek sabuk pengaman. Lihat apakah ada kotoran ataupun benda lain yang mengganjal.

3. Kabel Clock Spring

Selain gangguan pada saklar seatbelt, lampu indikator airbag yang menyala juga dapat dipicu keadaan sulit pada clock spring. Apa itu clock spring? Clock spring yakni sebuah konstituen yang merangkaikan unit pengaturan kantung udara dengan driver module yang bertempat pada roda kemudi. Komponen ini tercantum tepat di belakang roda kemudi.

Bila indikator kantung udara menyala, ada kemungkinan kabel clock spring menghadapi masalah. Hal ini bisa berlangsung saat kemudi dibongkar dan kemudian berlangsung kesalahan dalam pemasangan kembali.

Untuk mengatasinya, teman-teman wajib membongkar kemudi serta mengembalikan kabel clock spring pada posisi semula.

4. Kode Komputer yang enggak cocok

Pemicu indikator kantong udara menyala tiba-tiba yang terakhir berasal dari keadaan sulit sistem keamanan kendaraan sendiri.

Mobil zaman sekarang kebanyakan tak hanya dirakit dengan komponen mekanis juga kelistrikan, tapi juga sistem komputer terdiri dari atas kode-kode rumit. SRS pun tersusun atas sistem tersebut.

Bisa menjadi ada kode komputer yang gak cocok, error, ataupun bahkan enggak berfungsi lagi. Untuk memastikannya, kamu mampu datang ke bengkel terdekat. 

Teknisi bengkel bakal menggunakan alat khusus untuk mendeteksi apakah sistem komputer SRS pada mobil kamu bekerja dengan normal atau tidak. Apabila benar-benar terdapat error, teknisi bakal melakukan penyetelan ulang supaya SRS normal kembali.

Dari sini, kamu mampu tahu kalau indikator kantung udara menyala tiba-tiba kenyataannya tidak berarti kalau kantong udara akan mengembang.

Dapat jadi sungguh-sungguh ada gangguan pada SRS mobil sobat transkerja. Nah, supaya SRS selalu berfungsi dengan baik dan berkendara pun selalu nyaman, buat service berkala di bengkel terdekat.