Penyebab Aki Mobil Sering Drop dan Cara Mengatasi

Ada bermacam ragam penyebab aki mobil sering drop yang wajib kamu ketahui. Kenapa sobat transkerja harus mengetahuinya?

Sebab Aki yaitu komponen terutama yang berperan untuk menghidupkan mesin mobil. Seumpama aki kendaraan kamu kadang kala drop, pasti saja pengalaman berkendara bakal menjadi gak nyaman karena mobil kawan-kawan akan sering mendapati mogok.

Lantas, apa saja penyebab aki mobil yang kerap kali drop serta bagaimana teknik merawatnya? Melalui tulisan ini, disini kita bakal memberikan seluruh keterangan yang sobat butuhkan terkait penyebab aki kendaraan yg kerap kali drop.

Penyebab Aki Mobil Sering Drop

Di bawah ini, ada 5 penyebab yang lazim yang dialami aki mobil yg acap kali drop, yaitu: 

Penyebab Aki Mobil Sering Drop dan Cara Mengatasi

1. Aki Mobil Tidak Pernah Diganti

Penyebab pertama dari aki mobil yg acap kali drop yaitu karena aki mobil tidak pernah diganti. Berapa lama kamu sudah menggunakan mobil yang kala ini dipegang dan kapan terakhir kamu mengganti aki mobil tersebut?

Setiap komponen mobil memiliki usia penggantian serta aki mobil kudu diganti setidaknya 3 tahun sekali. Penggantian aki kendaraan ini kudu dilakukan untuk menangkal terjadinya kerusakan komponen lainnya yang akan memicu kinerja mobil sahabat menurun.

Jadi, sekiranya mobil kamu udah berusia lebih dari 3 tahun serta akinya tak pernah diganti, ini saatnya untuk mengganti aki mobil tersebut. Dengan begitu, teman-teman bisa mencegah insiden aki drop yang mesti saja akan mengganggu keamanan selama berkendara.

2. Mobil Jarang Dipakai 

Apakah mobil sobat transkerja jarang digunakan? Kemudian, selama mobil tersebut enggak digunakan, apakah kawan-kawan ada kalanya memanaskan mesin mobil tersebut?

Mobil yang jarang dipanaskan dapat membawa dampak aki jadi tekor walhasil ketika kawan-kawan memakai mobil tersebut kembali, niscaya saja mobil akan sesekali mengalami mogok. Biarpun jarang digunakan, sahabat selalu harus memanaskan mobilnya setiap hari, setidaknya 15 menit supaya aki tak menjadi tekor.

3. Melewati Usia Pakai

Kebalikan dari poin sebelumnya, mobil yang jam terbangnya tinggi juga melewati usia pakai aki pasti dapat sebabkan aki jadi sering drop. Malahan jika kamu jarang mengangkat mobilnya ke bengkel terdekat untuk melangsungkan servis berkala.

Mobil dengan tingkat pemakaian yang tinggi wajib disertai dengan perawatan yg acap kali pula. Perawatan mobil secara rutin bakal membantu kamu dalam merawat performa mobilnya, spesifiknya agar aki mobil kawan-kawan tidak mudah drop.

4. Modifikasi Kelistrikan yang Sembarangan

Apakah sahabat menggarap banyak modifikasi pada sektor kelistrikan juga mesin mobil? Seyogianya modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan tersebut dimanifestasikan dengan aman juga tepat

Sebab, tahukah teman-teman kalau modifikasi yang terlalu ekstrim juga sembarangan akan berpengaruh pada aki mobil?

Modifikasi yang dimaksud di sini kayak pemasangan peralatan audio, lampu, juga komponen listrik lainnya yang menggaet sumber tenaga dari aki. Semakin melimpah modifikasi yang sobat lakukan, maka tata letak serta sambungan perkabelan perlu sangat aman. Andaikan tidak, maka bahaya arus pendek amat besar terjadi.

5. Kapasitas Aki tidak cocok dengan Kebutuhan

Penyebab terakhir dari aki kendaraan yang acap kali drop yaitu penggantian aki dengan keterampilan yang enggak cocok dengan harapan mobil sobat. Bilamana kawan-kawan transkerja belakangan ini baru saja mengganti aki tapi performa mobilnya masih kurang maksimal, maka dapat jadi kapasitas aki tersebut enggak cocok dengan mobil yang dikenakan ketika ini.

Dalam mengganti aki, carilah kapasitas yang lebih tinggi dari harapan mobil sahabat maupun yang sesuai dengan standarnya. Sekiranya kapasitas aki lebih kecil dari yang diperlukan oleh mobil sobat, maka sudah dapat dipastikan bahwasanya aki akan lebih cepat drop.

Jadi, itulah keterangan mengenai 5 penyebab aki mobil sering drop yang mesti kawan-kawan ketahui.