Penyebab Aki Mobil Panas dan Cara Mengatasi

Ada sejumlah penyebab aki mobil panas dan cara mengatasinya yang mesti kamu ketahui.

Aki mobil yang panas dapat menjadi indikasi adanya problem pada aki kendaraan atau sistem pengisian aki mobil.

Justru jika air aki, pada aki jenis basah, muncul mendidih, berbuih, dan mengeluarkan bau menyengat yang enggak sedap sewaktu mesin dihidupkan.

Berikut ini merupakan beberapa hal lazim yang mampu jadi penyebab aki kendaraan panas:

Penyebab Aki mobil Panas

Untuk memahami penyebab aki mobil panas alhasil air aki muncul berbuih juga mendidih tidaklah mudah. Aki mobil yang berada pada posisi “charge and discharge” alias beroperasi dalam mesin mobil yang sedang hidup, bakal mengalami reaksi kimia imbas pengisian serta pengosongan arus listrik, walhasil akan muncul energi panas sebagai konsekuensi dari proses.

Namun jikalau panas yang dihasilkan selama proses “charge and discharge” berlebihan walhasil air aki hadir mendidih dan berbau, kamu dapat mencurigai dua hal berikut ini:

Terjadi Overcharge Pada Aki

Overcharge yaitu kondisi dimana sistem pengisian listrik pada aki kendaraan kamu melebihi batas tegangan pengisian normal. Saat tegangan pengisian yang dihasilkan alternator melebihi batas tegangan pengisian normal, maka reaksi kimia yang berlangsung pada aki juga akan berlebihan. Akibatnya, air aki dan pelat-pelat yang terlihat di aki juga jadi terlalu panas juga membuat cairan aki mendidih.

Efek yang ditimbulkan dari air aki yang mendidih bakal sangat mengganggu serta bisa berbahaya andaikata dibiarkan. Sejumlah efeknya antara lain:

Body aki jadi cepat “bengkak”.

Keluar asap serta bau yang menyengat.

Kemungkinan terburuk yang akan terjadi, aki bisa meledak karena adanya tekanan uap di dalam aki yang udah terlalu tinggi.

Kondisi overcharge ini sering sekali ditemui terbentuk karena adanya problem pada komponen IC regulator yang terdapat pada alternator, alhasil komponen tersebut enggak dapat bekerja secara normal. Akibatnya, tegangan pengisian yang dihasilkan melebihi ambang batas tegangan pengisian normal untuk aki mobil.

Terjadi Short Circuit (Korsleting) Pada Aki

Selain overcharge pengaruh komponen IC regulator pada alternator menghadapi masalah, aki kendaraan yang panas juga bisa terjadi konsekuensi kondisi pada aki yang menghadapi short circuit (korsleting), kotor, rusak, maupun beberapa elemen aki tak dapat mencatat arus listrik yang diakibatkan oleh alternator. Kejadian ini sesekali dialami oleh aki kendaraan yang udah terlalu tua serta lama digunakan.

Bila kawan-kawan sudah memahami bagian-bagian dalam aki mobil, maka kamu bakal melihat bahwasanya di dalam aki mobil terdapat pelat aki negatif dan pelat aki positif yang dipasang saling berdekatan serta dipisahkan oleh pelat isolasi berpori.

Saat air aki kotor, kotoran tersebut bisa menyumbat dan membuat hubungan arus pendek antara pelat positif aki juga pelat negatif aki. Korsleting yang terbentuk pada aki bakal mengakibatkan panas yang berlebihan, malahan bakal mengakibatkan air aki mendidih, kering, dan kemungkinan besar aki bakal meledak.

Kotoran dan endapan yang terbentuk pada air aki sanggup saja berlangsung karena memakai air aki yang gak cocok.

Penggunaan air aki zuur maupun air selain demineralized battery water, dapat mengubah berat jenis cairan elektrolit di dalam aki. Risiko yang bakal terjadi merupakan kerusakan pada elemen-elemen di dalam aki yang akan berdampak pada penumpukan kotoran dan bakal memicu korsleting serta panas pada aki mobil.

Penyebab Aki Mobil Panas dan Cara Mengatasi

Cara Mengatasi Aki Mobil Panas dan Bau

Aki yaitu komponen berharga pada mobil yang mengatur sistem pengisian listrik. Sekiranya aki kendaraan soak, maka sistem pengisian listrik kendaraan pun bakal ikut bermasalah. Satu di antara gangguan yang lazimnya muncul ialah aki kendaraan panas. Umumnya, masalah ini diakibatkan oleh tegangan berlebih dari alternator atau dinamo ampere.

Masalah ini jua sanggup menimbulkan persoalan lain, merupakan aki mengeluarkan bau menyengat. Gas berbau menyengat tersebut malahan bisa mengganggu kesehatan karena mengandung zat yang berbahaya. Nah, supaya masalah ini tak semakin merembet pada komponen lain, berikut teknik mengatasi aki mobil panas dan bau. Mari simak bersama.

1. Cek aki dan sistem pengisian listrik

Untuk betul-betul memahami penyebab aki mobil panas, lakukanlah pengecekan menyeluruh pada aki. Semisal sungguh-sungguh suhu aki jadi tinggi juga air aki mendidih, periksa sistem pengisian listrik aki mobil. Dengan demikian, kamu dapat memastikan bila tegangan dan arus listrik dari alternator enggak lewat dari batas tegangan pengisian.

Periksa alternator aki untuk memahami tegangan pengisian aki. Alternator berperan untuk memasok arus listrik ke aki selama mesin kendaraan dihidupkan, Arus listrik yang dihasilkan alternator yaitu tegangan AC yang dikonversikan jadi tegangan DC. 

Dalam situasi normal, tegangan pengisian aki mobil ada pada kisaran 12,7-14 Volt. Kalau kurang dari angka tersebut, ada kemungkinan bahwasanya aki tekor. Sebaliknya, andaikata tegangan pengisian di atas 14 Volt, maka temperatur aki bakal naik serta air di dalamnya pun mendidih. 

Nah, bila kondisi ini terbentuk pada kendaraan sahabat, langkah perbaikan seterusnya adalah mengganti alternator. Tegangan yang terlampau tinggi dikarenakan oleh alternator yang rusak. Tetapi, seumpama tidak mendeteksi dilema pada alternator, teman-teman dapat menuju cara mengatasi aki mobil panas juga bau berikutnya.

2. Menguras air aki

Semisal sobat transkerja gak menemukan gangguan pada alternator juga sistem pengisian listrik aki, maka lakukanlah pemeriksaan pada komponen lainnya. Air aki zuur yang lama gak diganti sesekali waktu menjadi penyebab di balik dilema aki panas dan bau.

Kuras air aki zuur yang lama serta ganti dengan yang baru. Sehabis air aki lama udah terkuras, bersihkan seluruh bagian dalam aki. Sikat kotoran dan kerak yang menempel, baru selepas itu isi kembali aki dengan air zuur baru. Terakhir, kerjakan pengisian tenaga ulang supaya aki mempunyai tegangan juga bisa segera kamu gunakan.

Saat mengerjakan pengurasan air aki zuur, jalankan dengan hati-hati. Air aki zuur menyimpan senyawa asam sulfat (H2SO4) yang tinggi serta bisa merusak kulit. Kenakan hanya air aki zuur (label merah) untuk cara mengatasi aki mobil panas dan bau. Enggak mencampur air zuur dengan air aki karena bisa merusak komponen dalam aki mobil sobat.

3. Mengganti aki mobil

Sudah mengadakan dua metode di atas, tetapi aki senantiasa panas dan bau? Solusi terakhir yang dapat kawan-kawan buat adalah melepas aki mobil dan menggantinya dengan yang baru. Kemungkinan besar kerusakan pada aki mobil kawan-kawan transkerja udah sangat parah. Kerusakan tak hanya terbentuk pada satu ataupun dua komponen, akan tetapi sudah merembet hingga keseluruhan aki. Apa yang mengakibatkan hal ini terjadi?

Kerusakan total pada aki sungguh jarang terjadi. Sebagian penyebab yang acap kali ditemui ialah aki sesekali overcharge walhasil kelebihan tegangan, salah memakai air aki, hingga usia penggunaan.

Demikian ialah penjelasan terhadap penyebab aki mobil panas dan cara mengatasi. Sekiranya aki yang panas dikarenakan oleh berlimpah kotoran yang menumpuk, mungkin kawan-kawan masih mampu melakukan pengecekan sendiri. Akan tetapi jika panas berlangsung akibat overcharge, selayaknya sobat transkerja menyelenggarakan pengecekan di bengkel terdekat karena pengukuran ini memerlukan alat pengukur tegangan yang sungguh-sungguh presisi.