Lampu Indikator Kendaraan Mengenal Simbol dan Artinya

Mengenal simbol pada lampu Indikator pada kendaraan, mana yang menyala di dasbor kendaraanmu serta apa artinya?

Panduan berikut akan membantu kamu dalam memahami tanda-tanda dari simbol dan indikator lampu yang ditemukan pada dasbor kendaraanmu untuk sebagian besar merek dan model mobil, truk, bus, dan sepeda motor.

Kamu akan mengetahui tanda lampu indikator pada kendaraan, dan apa artinya bila sekarang sedang aktif atau menyala.

Sebagian pemilik kendaraan, tentu perlu memahami penyebab lampu indikator menyala, agar tidak bingung sewaktu lampu indikator itu menyala di dasbor kendaraan pribadi mu.

Memahami fungsi pada indikator lampu yang hidup ini amat berharga untuk pemilik kendaraan, agar sesuatu yang gak baik untuk kendaraan dapat segera di ketahui.

Lampu Indikator

Apa yang dimaksud lampu indikator?

Yang dimaksud lampu indikator adalah suatu komponen yang berada pada dasbor kendaraan yang fungsinya sebagai sinyal pemberitahu bahwa adanya persoalan pada sejumlah bagian mobil.

Lampu-lampu ini menunjukkan masalah dengan mobil yang memerlukan tindakan atau pemeriksaan segera. Bilamana ada lampu yang menyala sebaiknya segera mengusung mobil ke bengkel kendaraan terdekat.

Di dalam mobil terdapat serangkaian sensor pada sistem elektroniknya. Sensor inilah yang disebut lampu indikator juga akan memberitahu asal terdapat hal yang enggak wajar pada mobil.

Mengetahui arti pada lampu indikator mobil ialah penting untuk mengidentifikasi potensi masalah yang berlangsung pada mobil kesayangan mu, baik itu terkait masalah keamanan atau titik kegagalan langsung.

Sejatinya, terdapat dua jenis warna lampu indikator yang mesti kamu ketahui:

  1. Merah, menyimbolkan adanya persoalan serius dan harus diantisipasi dengan cepat semacam masalah sistem pengereman, minusnya tekanan oli atau overheat.
  2. Orange, menerangkan adanya hal yang tak wajar pada mobil. Pada situasi ini kamu masih mampu mengemudikan mobil, akan tetapi harus segera diperiksa ke bengkel terdekat.

Dengan adanya lampu indikator, keadaan mobil cukup gampang dikenali situasi ataupun perubahannya. Jika berlangsung hal yang enggak wajar pada mobil terutama yang berkaitan dengan situasi kendaraan bakal terlihat melalui notifikasi yang tampil pada lampu indikator.

Masing-masing pabrikan kendaraan udah menyediakan beragam parameter yang berhubungan langsung pada sensor lampu indikator sendiri-sendiri pada mobil.

Namun, yang kudu kamu ingat bahwa tidak semua notifikasi yang tampak di lampu indikator menandakan hal buruk berlangsung pada mobil. Akan tetapi, memberi sinyal untuk tetap waspada.

Tanda Lampu Indikator Peringatan

Periksa lampu indikator menyala supaya bisa langsung mengecek serta mengambil tindakan andaikan memang dibutuhkan.

Suhu Mesin

Lampu Indikator Suhu Mesin

Lampu indikator ini menandakan suhu mesin sudah melebihi batas normal.  Ini berfungsi sebagai peringatan temperatur panas pada mesin kendaraan saat mengalami overheat. Bila lampu indikator suhu mesin kendaraan teman-teman menyala, maka kawan-kawan transkerja kudu mematikan komponen elektronik yang dapat membebani mesin semacam AC ataupun Audio.

Untuk menghandel masalah ini, pengemudi kudu meminggirkan kendaraan hingga idle serta matikan mesin supaya suhu yang terlalu panas dapat turun.

Pengisian Aki

Lampu Indikator Pengisian Aki

Aki mempunyai peran bernilai untuk menyuplai kepentingan kelistrikan di kendaraan. Jika lampu indikator ini menyala berarti sistem pengisian daya mobil kekurangan daya atau tidak mengisi daya dengan benar. Ini biasanya menunjukkan masalah dengan Aki itu sendiri atau alternator. Yang berdampak aki bakal kosong walhasil kendaraan gak dapat distarter, lampu juga semua sistem kelistrikan tak dapat dioperasikan.

Tekanan Oli Mesin

Lampu Indikator Tekanan Oli Mesin

Lampu indikator ini menyala berarti kehilangan tekanan oli, artinya pelumasan rendah atau hilang sama sekali sebab adanya kebocoran.

Lampu indikator ini bentuknya semacam teko dengan fluida menetes, sekiranya menyala menandakan sistem pelumasan mesin kendaraan sobat transkerja bermasalah.

Kondisi ini dapat dikarenakan dari volume oli menurun ataupun dari sistem pelumasan yang bermasalah. Laksanakan pengecekan volume oli serta tambahkan kalau kurang dan cek adanya kebocoran.

Check Engine

Memiliki bentuk gambar semacam mesin, sekiranya menyala mengisyaratkan adanya suatu situasi sulit yang terbentuk pada bagian mesin atau controlnya. Biarpun demikian, hal enggak selalu menerangkan kerusakan serius buat pengguna.

Dapat dikarenakan adanya soket yang kendor, juga dapat menjelaskan adanya komponen/sensor pada mesin yang memerlukan penggantian.

Rem Parkir

Rem parkir dengan bentuk lingkaran dan P pada bagian tengahnya, memperlihatkan dalam situasi sedang dioperasikan (aktif).

Minyak Rem

Berbentuk lingkaran dengan tanda seru pada bagian tengahnya. Pada saat menyala menampilkan volume minyak rem kurang, diakibatkan hausnya kampas rem risiko penggunaan ataupun adanya kebocoran. Tambahkan minyak rem dengan jenis yang sama.

ABS (Anti-Lock Braking System)

Lampu Indikator ABS (Anti-Lock Braking System)

Lingkaran serta tulisan ABS pada bagian tengahnya, menerangkan adanya keadaan sulit pada sistem tersebut. Pada saat sistem ABS bermasalah peran rem senantiasa berfungsi dengan tipe konvensional, walhasil tidak harus di khawatirkan rem tak beroperasi.

AT (Automatic Transmission)

Hanya dimiliki oleh kendaraan bertransmisi otomatis, asal menyala dapat mengindikasikan adanya dilema pada sistem transmisinya.

VSC (Vehicle Stability Control)

Dengan gambar kendaraan dan alur jalan slip, jikalau menyala menandakan VSC sedang di non aktifkan pengemudi maupun sedang ada malfungsi pada sistem tersebut.

TRC (Traction Control)

TRC/off ini menyala menandakan TRC sedang di non aktifkan pengemudi ataupun sedang ada malfungsi pada sistem tersebut.

EPS (Electric Power Steering)

EPS cuma dimiliki dari kendaraan yang memakai Electric Power Steering. Kalau menyala merepresentasikan adanya malfungsi pada sistem, yang ditandai dengan steering terasa berat.

Lampu Indikator Air Bag

Berupa gambar penumpang dan kantong udara di depannya. Bila indikator ini menyala memberitahukan adanya malfungsi pada sistem air bag.

Lampu Indikator Bahan Bakar

Simbol ini tentu sudah akrab lagi buat kamu dengan gambar pompa bensin yang umumnya disertai dengan keterangan volume bahan bakar dengan jarum maupun bar, disertai dengan huruf E (Empty) & F (Full). Serta terdapat anak panah yang menunjuk kanan/kiri lubang pengisian bahan bakar.

Lampu Indikator Immobilizer

Gambar bulatan merah akan menyala mengedip pada saat kunci dilepas ataupun ketika ada dilema pada sistem immobilizernya.

Lampu Indikator Key Free

Hanya dipegang kendaraan yang memakai Key Free, gambar kunci dengan sinyal warna kuning menyala mengedip pada saat key free berada di luar kendaraan sedangkan mesin masih hidup maupun ketika ada dilema pada sistemnya.

Lampu Indikator Seat Belt

Simbol ini bakal menyala pada saat seat belt di bagian driver enggak digunakan, buzzer akan berbunyi pada saat kecepatan melebihi 20km/jam juga akan berhenti berbunyi ketikan seat belt udah digunakan.