Jenis Rem Parkir Pada Mobil, Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakan

Artikel ini mengulas jenis - jenis rem parkir pada mobil, mengenal fungsi dan mekanisme kerja rem tangan, juga panduan cara menggunakan rem tangan mobil yang baik dan benar.

Rem parkir atau rem tangan pada mobil merupakan sistem pengereman yang ada pada kendaraan bermotor, subjektifnya pada kendaraan roda empat ataupun lebih.

Rem Parkir ini berfungsi untuk menangkal mobil bergerak dalam posisi kemiringan jalan yang miring, khususnya dalam keadaan menanjak maupun menurun. 

Tugas rem parkir ini bisa digunakan sebagai silihan rem fundamental jika kendaraan dalam situasi berhenti yang cukup lama, semisal dalam keadaan kemacetan ataupun saat parkir.

Setiap mobil, truk, maupun bus, sudah dilengkapi dengan rem parkir dengan cara kerja yang bervariasi. 

Jenis atau Tipe Rem Parkir Pada Kendaraan Sesuai Cara Penggunaannya 

Di manakah letak dari rem parkir serta bagaimana metode penggunaannya? Sesuai dengan cara menggunakannya, rem ini terdiri dari sejumlah jenis atau tipe. Mari mengenal jenis - jenis rem parkir pada mobil juga penjelasannya. 

Jenis Rem Parkir Tipe Tuas Geser

Tipe rem parkir ini lazimnya digunakan bagi kendaraan berat. Hanya saja, Honda CR-V generasi ketiga juga keempat juga memakai tipe rem parkir ini. Cara kerja rem tangan mobil ini adalah dengan menggeser tuas rem parkir dengan tangan. Begitu juga untuk menonaktifkannya, dengan arah yang sebaliknya.

Jenis Rem Parkir Tipe Tombol

Jenis Rem Parkir Pada Mobil, Fungsi dan Cara Menggunakan

Masih belum ramai mobil di Indonesia yang memakai jenis rem ini. Nama lain untuk menyebutnya yakni rem parkir elektrik. 

Tipe rem parkir ini yaitu yang paling mutakhir, karena dengan cukup menekan tombol, rem parkir akan berfungsi secara otomatis dengan mengunggulkan sensor perintah kerja.

Rem parkir jenis tombol yaitu bentuk yang paling enteng digunakan. Cara kerja rem tangan mobil ini yakni dengan menarik tuas sedikit yang terdapat pada tombol rem. Maka rem bakal bekerja serta mobil bakal berhenti. 

Jenis Rem Parkir Tipe Stik

Jenis rem parkir pada mobil ini dipakai pada model mobil manual serta otomatis. Bentuknya sendiri berupa stik juga letaknya di konsol tengah, tepatnya di samping kiri kursi pengemudi. Bagian ujungnya dilengkapi dengan tombol yang sanggup ditekan. 

Fungsi tombol tersebut ialah untuk melepaskan kunci gear supaya stik dapat naik atau diturunkan sesuai kebutuhan. Teknik menggunakannya  yaitu dengan  menekan tombol selanjutnya naik maupun turunkan stik. 

Jenis Rem Parkir Tipe Pedal

Jenis rem parkir ini letaknya setimbang dengan pedal gas. Sesuai dengan namanya ialah pedal, maka cara kerja rem tangan mobil ini yaitu dengan diinjak kayak gas dan kopling. Ketika ini kendaraan otomatislah yang memakai jenis rem ini. 

Kamu kudu menginjak rem sampai dalam supaya berfungsi juga mengunci, sedangkan untuk mengembalikannya tinggal injak yang dalam sekali lagi.

Fungsi Rem Tangan atau Rem Parkir Pada Mobil

Semua kendaraan dilengkapi dengan fitur keamanan berupa rem. Rem bakal menghentikan laju kendaraan agar aman dikendarai. Nama lain yang dipakai untuk rem tangan yaitu rem parkir. Hal ini mengingat fungsinya yakni menjaga supaya kendaraan senantiasa diam sewaktu parkir. Spesifiknya saat berada di jalanan yang tak rata semacam naik ataupun turun. 

Fungsi rem tangan juga tak hanya sebatas itu saja, akan tetapi juga mampu digunakan sebagai preferensi pengereman di kala darurat. Cuma saja kamu mesti tahu bagaimana cara penggunaannya yang baik. 

Namun selalu harus diperhatikan pada saat sahabat sedang memakai rem di tempat jalanan yang amat menukik. Ban kendaraan tetap perlu diganjal dengan batu agar lebih aman, terlebih-lebih jika sahabat transkerja akan berhenti dalam waktu lama. 

Rem akan lebih cepat aus saat harus bekerja berat semacam beban pada kendaraan terlalu berat. Walhasil kemampuannya untuk membendung mobil di wilayah tanjakan curam bakal semakin berkurang. 

Rem Tangan Mobil Untuk Roda Depan atau Belakang?

Rem tangan mobil dibagi jadi dua tipe sesuai dengan cara kerjanya. Pertama yakni rem tangan mobil untuk roda belakang juga kedua tipe center brake. Soal teknik kerjanya, kedua tipe rem ini sama sesuai dengan jenis rem di atas. 

Saat rem ditarik, ditekan, maupun diangkat, maka gaya tarik bakal dipindahkan ke rem memakai kabel rem parkir. Khusus untuk rem roda belakang diperoleh kabel yang mempunyai equalizer walhasil gaya pengereman dapat disamakan di kedua roda.  Penjelasan dari sendiri-sendiri tipe rem parkir ini ialah sebagai berikut. 

1. Rem Tangan Mobil Untuk Roda Belakang

Pada kala kamu mengaktifkan tipe rem ini, maka bagian roda belakang yang bakal berhenti terlebih dahulu. Tipe rem ini paling berlimpah didayagunakan untuk mobil penumpang ataupun mobil kecil. 

Tipe ini mendapati beberapa bagian body adalah rem tromol maupun drum brake juga juga rem piringan maupun disc brake. 

2. Rem Tangan Mobil Untuk Center Brake

Tipe yang kedua ini letaknya pada bagian poros propeller dengan transmisi. Tatkala diaktifkan, maka pengereman berlangsung di bagian tersebut. Lazimnya kendaraan niaga atau mobil angkutan barang yang memakainya. 

Model rem tangan mobil ini semacam rem tromol, cuma saja letaknya ada di antara transmisi dan poros propeller. 

Kerusakan Akibat Rem Tangan

Cara pendayagunaan rem pada mobil wajib dipandang dan dipakaikan dengan benar. Masih berjibun pengemudi yang menyepelekan hal ini. Ujung-ujungnya sistem pengereman bakal rusak serta sobat transkerja mesti mengeluarkan bujet lebih tinggi. 

Kelalaian yg acap kali berlangsung seperti lupa turunkan rem tangan pada saat berkendara. Andaikan keadaan ini dilakukan terus menerus, hasil berikut ini akan terjadi. 

1. Kampas Rem Aus

Masalah yang kerap kali terjadi ialah kampas rem jadi aus. Pengikisan kampas rem bakal terjadi pada saat kinerja rem semakin berat. Keadaan ini memang gak terjadi secara langsung, tetapi dalam jangka waktu panjang. 

2. Kampas Rem Copot

Selain aus, kampas rem tangan mobil juga gampang copot. Keadaan ini dikarenakan roda dipaksa berputar padahal rem masih aktif. Maka dari itulah tenaga mesin bakal tertahan dan menekan kampas rem walhasil cepat copot. 

3. Kampas Rem Melekat di Tromol

Saat posisi mesin masih aktif serta kamu memaksakan pemakaian rem tangan, maka peluang kampas berapit pada bagian tromol jadi lebih tinggi. Karena kondisi rem basah dapat sebabkannya gampang menempel. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil 

Agar mobil tidak mengalami risiko kerusakan pada bagian kampas rem, maka perhatikan selantas gimana proses penggunaannya. Metode berikut ini pula jadi bagian perawatan dari komponen rem. 

Apa saja cara yang wajib diperhatikan? Berikut ini penjelasannya. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil di Jalan Tanjakan

Saat berada di jalanan tanjakan juga teman-teman kepingin mulai mengendarai, hindari menginjak gas sebelum rem dilepas. Prosesnya yang akurat yaitu lepas rem tangan baru injak pedal gas. Agar konfigurasinya lebih stabil juga seimbang. 

Cara ini akan membantu agar kabel rem enggak mudah putus. Buat dapat menguasai tekniknya, bakal lebih baik apabila sahabat terus belajar mengendarai di jalan tanjakan. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Ketika Parkir dalam Waktu Lama

Rem tangan benar-benar banyak didayagunakan untuk parkir, tapi hanya dalam jangka waktu yang pendek. Bilamana kawan-kawan kepingin parkir dalam waktu lama, seyogianya gunakan penangkal saja maupun masukan transmisi P pada mobil otomatis. Dengan begitu ban tidak terkunci. 

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil Jenis Stik

Bagi kawan-kawan yang memakai rem acuan stik, tarik tuas juga pastikan berbunyi empat klik sampai tujuh kali. Andaikan lebih dari itu artinya setelan rem kurang pas. 

Cara Menarik Rem Tangan yang Akurat

Baik itu menginjak ataupun menarik, kamu enggak harus melakukannya berlebihan. Metode yang tepat yaitu sampai 45 derajat saja walhasil penguncian terbentuk dengan baik pada mobil. 

Rem tangan mobil wajib disetel dengan biasa sehingga rem yang aus bisa dideteksi sejak awal.

Pastikan teman-teman datang ke bengkel untuk melaksanakan penyetelan secara rutin. Enggak tunggu sampai rem gak berfungsi karena posisinya besar buat keselamatan.