Penyebab Shock Absorber Keras Apa Saja?

Penyebab shock absorber keras terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu kerap melewati jalan jelek.

Hal ini, pada gilirannya mempengaruhi performa shockbreaker sehingga membuat guncangan terasa keras juga bahkan sanggup berpotensi mendapati kerusakan.

Shock absorber keras membuat kendaraan jadi tidak nyaman dikendarai. Lebih parah lagi jika berkendara di permukaan jalan tidak mulus.

Faktanya, shock absorber mobil yang keras dan kebiasaan mengemudi yang buruk membuat leher jadi tegang saat melewati jalan yang buruk. Bahkan penumpang juga akan mengeluh.

Suspensi ataupun shockbreaker ialah satu di antara komponen yang mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Manakala bagian ini bermasalah, pemilik mobil akan mengeluhkan shock absorber mobil terasa keras serta menganggu saat mobil dikendarai.

Apa saja penyebab shock absorber keras?

Untuk lebih memahami apa saja penyebab shock absorber keras mari kita simak ulasan berikut ini. Supaya bisa lebih berhati-hati dalam merawat kinerja shock absorber kendaraan.

Penyebab Shock Absorber Keras Apa Saja?

Jarang di servis

Selanjutnya, penyebab shock absorber keras yakni pemilik kendaraan jarang menggarap servis berkala. Dengan mengerjakan servis berkala pastinya mekanik bengkel bakal mengecek semua bagian kendaraan termasuk shock absorber.

Servis berkala mencakup pengecekan shock absorber, apakah ada kebocoran atau tidak? Sebab shock absorber letaknya ada dibagian bawah kendaraan tentunya pemilik gak bisa meninjau secara langsung, paling bakal merasakan perubahan dalam kesentosaan berkendara.[img]https://i.imgur.com/1JD9Yma.jpg[/img]

Sering melewati jalan rusak ataupun berlubang

Apabila mobil digunakan setiap hari juga sering melewati jalanan rusak ataupun berlubang umurnya mampu di bawah lima tahun. Ini merupakan satu di antara penyebab shock absorber keras. Situasi ini akan mempercepat usia pakai. Karena suspensi dituntut untuk selalu bekerja keras.

Efeknya elastistas per yang berkurang, bahkan bisa terbentuk kebocoran oli shock absorber. Akhirnya shock absorber menjadi keras alias kurang empuk.

Bukan hanya jalan rusak dan  berlubang yang menjadi masalah. Sobat kadang kala mobil melaju cepat kemudian mengerem mendadaak, juga menghasilkan beban kerja shock absorber jadi bertambah. Ini bisa berakibat ke usia pakai shock absorber menjadi lebih pendek.[img]https://i.imgur.com/79UHpBd.jpg[/img]

Pemasangan upper mounting gak pas

Penyebab shock absorber keras seterusnya adalah pemasangan upper mounting yang kurang tepat. Bilamana pemasangannya kurang pas maka shock absorber enggak berada di lokasi semestinya.

Seumpama situasi tersebut dibiarkan maka kinerja shock absorber jadi kurang maksimal alhasil shock absorber kendaraan jadi keras. Cek pada bagian upper mounting shock absorber apakah posisinya udah tepat ataupun tidak.

Kondisi ini lazimnya terjadi pada saat penggantian shock absorber lama dengan yang baru. Hal serupa juga mampu disebabkan ketika sahabat memasang shock absorber jenis aftermarket.[img]https://i.imgur.com/ZPMn2ub.jpg[/img]

Shock absorber kotor

Letak shock absorber yang berada di bawah kendaraan tentunya akan mudah terkena kotoran debu atau lumpur, keadaan tersebut bisa menjadi satu di antara penyebab shock absorber keras.

Kotoran yang menumpuk pada shock absorber pastinya dapat menimbulkan kinerja shock absorber jadi tidak optimal. Paling parah membawa dampak kerusakan semacam oli shock absorber yang rembes atau bocor.

Shock absorber kedaluwarsa

Penyebab shock absorber kendaraan keras yang pertama lazimnya karena masa pakainya. Umumnya masa pakai shock absorber mobil ialah lima tahun. Lewat dari itu oli atau minyak shock absorber kekentalannya tidak optimal. Lalu elastisitas per pun berkurang.

Sering membawa muatan berlebih

Penyebab shock absorber keras juga bisa karena sering mengusung muatan berlebih pada kendaraan. Keadaan ini akan diperparah pada saat jalan yang dijalani merupakan jalan rusak atau berlubang serta melewatinya dengan kecepatan tinggi.

Alhasil kendaraan dipaksa bekerja keras untuk dapat melewati medan tersebut. Akibatnya shock absorber mengalami kebocoran. Semisal shock absorber sudah bocor olinya, maka peredaman menjadi tidak optimal serta terasa keras.

Andaikan mendapati kebocoran oli shock absorber, teman-teman mampu melakukan servis shockbreaker. Dapat pula menyelenggarakan penggantian komponen shock absorber secara keseluruhan. Pasti bujet ganti shock absorber bakal lebih mahal bila perlu ganti shock absorber baru.[img]https://i.imgur.com/FPcIkI8.jpg[/img]

Ban aus

Membiarkan ban kendaraan sudah tipis terlalu lama berpotensi jadi penyebab shock absorber keras. Keadaan tersebut menjadikan jarak main shockbreaker menjadi lebih sempit. Alhasil kinerjanya menjadi lebih keras dari lazimnya dan menghasilkan usia pakai shock absorber jadi berkurang.

Cara Mengatasi Shock Absorber Keras

Shock absorber empuk sangat mempengaruhi kualitas kendaranya. Meskipun sistem shock absorber terdiri dari banyak komponen yang berbeda, beberapa bagian penting, seperti shock absorber, memiliki dampak terbesar pada kualitas pengendaraan. Bagian lain yang mempengaruhi pengendaraan juga termasuk busing yang mengisolasi berbagai titik sambungan shock absorber dan swaybar.[img]https://i.imgur.com/FaqW4aA.jpg[/img]

Langkah 1

Pasang shock dan struts yang lebih lembut. Sebagai komponen utama yang mempengaruhi kualitas berkendara kendaraan, shock dan struts memiliki dampak yang sangat besar. Jika kendaraan memiliki suspensi yang sangat kaku, mungkin karena memiliki kinerja tugas yang lebih berat yang dirancang untuk membuat pegangan mobil lebih baik daripada memberikan tumpangan yang lembut.

Langkah 2

Sesuaikan shock absorber ke pengaturan yang lebih lembut, jika memiliki shock absorber yang dapat disesuaikan. Sebagian besar mobil tidak memiliki peredam kejut yang dapat disesuaikan, tetapi periksa mobil untuk memastikannya.

Langkah 3

Pasang shock absorber yang lebih lembut. Jika kendaraan telah diturunkan oleh pemilik sebelumnya dengan penambahan pegas yang lebih kaku dan berkinerja lebih rendah, itu mungkin penyebab shock absorber keras. Shock absorber memiliki efek luar biasa pada kualitas pengendaraan kendaraan. Jika merasa shock absorber terlalu rendah, gantilah dengan shock absorber yang lebih lembut dan lebih tinggi. Ini akan menghasilkan lebih banyak ruang gerak shock absorber dan pengendaraan yang lebih lembut.

Langkah 4

Ganti bushing di shock absorber. Bushing adalah bagian yang mengisolasi shock absorber dari sasis. Namun, ada tingkat yang berbeda dari bushing. Bushing urethane lebih kaku dan kokoh serta memberikan shock absorber yang lebih responsif tetapi juga dapat membuat mobil dikendarai lebih keras. Ganti bushing urethane dengan bushing karet untuk pengendaraan yang lebih empuk dan nyaman.

Selain itu, ganti swaybar dengan bar yang lebih kecil. Swaybar dibaut dari satu sisi shock absorber ke sisi lainnya, biasanya satu di kedua ujung mobil, mencegah ban bagian dalam terangkat dengan memaksanya ke tanah. Ini pada gilirannya meningkatkan cengkeraman. Namun jika swaybar terlalu besar, hal itu dapat berdampak negatif pada kualitas pengendaraan kendaraan.