Rem Mobil Bunyi Berdecit Penyebab dan Cara Mengatasi

Rem mobil bunyi berdecit sewaktu menginjak pedal rem bakal mengurangi kenyamanan pengemudi. Bunyi rem berdecit tersebut timbul lantaran bagian rem sudah cukup kotor. Alhasil harus segera dibersihkan.

Meski begitu, sejumlah pemilik mobil masih ada yang mengabaikan perawatan semacam ini. Sekiranya rem mobil berdecit terus menerus dibiarkan, maka efeknya dapat membuat kampas juga cakram jadi cepat tipis.

Pemilik mobil mesti mengetahui bahwasanya penyebab rem mobil berdecit terus menerus sebab adanya sesuatu yang membutuhkan perawatan dengan segera. Simak ulasan lengkapnya di bawah.

Penyebab rem mobil berdecit dan cara mengatasi

Rem mobil bunyi berdecit memang bikin tak nyaman. Tapi, terlepas dari suaranya yang tak mengenakkan. Dilema rem berdecit juga enggak boleh dikira enteng.

Ada pelbagai penyebab rem mobil bunyi berdecit. Penyebab paling umum yaitu dari kampas rem yang udah tipis. Kalau kampas rem aus dengan ketebalan menyentuh seperempat inci, maka semestinya segera diganti.

Penyebab rem mobil berdecit itu karena bagian logam yang saling bergesekan. Situasi ini sekaligus jadi peringatan buat pemilik kendaraan untuk segera mengganti kampas rem.

Penyebab rem berdecit pada mobil

Kita sering mendengar suara berdecit pada rem kendaraan terutama saat pedal rem diinjak apakah yang menyebabkan suara berdecit pada sistem kendaraan tersebut?

Selain yang disebutkan diatas, ternyata ada hal lain di balik penyebab rem mobil berdecit, berikut penjelasan lengkapnya:

Rem Mobil Bunyi Berdecit Penyebab dan Cara Mengatasi

Kampas Rem Terlalu Panas

Kampas rem yang terlalu panas maupun overheating pasti sangat berbahaya. Gejala ini sanggup dialami sekiranya mobil kerap menjelajahi jalan menanjak serta menurun kayak daerah perbukitan. Akibatnya, kampas rem berada di bawah tekanan kuat, alhasil menyebabkan rem kendaraan bisa jadi terlalu panas. Selain itu, ini juga merupakan penyebab rem mobil berdecit.

Pelumasan Rem Tromol

Kalau rem berdecit terbentuk pada rem mobil jenis tromol, besar kemungkinan diakibatkan rendahnya pelumasan pada sisi belakang kampas rem mobil. Bunyi berdecit yang ditimbulkan sebab friksi tersebut cukup mengganggu juga sebaiknya segera melaksanakan perbaikan.

Ada Bagian yang Kendor

Posisi kampas rem yang tak pas, baut kaliper kendor, ataupun komponen pengereman lainnya enggak terpasang dengan benar dapat menimbulkan bunyi berdecit. Keadaan ini jangan dianggap remeh. Seumpama dibiarkan dapat menyebabkan kegagalan sistem pengereman hingga kecelakaan.

Banjir

Penyebab rem mobil berdecit adalah efek dari banjir. Semisal mobil menerjang banjir, ataupun bahkan kebanjiran maka besar kemungkinan sistem pengereman akan terkena dampaknya. Sisa air di kampas rem serta piringan cakram mengakibatkan karat, maka sanggup menimbulkan suara berdecit saat mobil berjalan.

Pasir dan benda asing

Butiran pasir yang sangat mungkin masuk ke wilayah pengereman bakal sebabkan bunyi aneh. Selain pasir, benda asing ukuran kecil atau yang disebut debris juga mampu menjadi penyebabnya.

Cara mengatasi rem mobil berdecit

Masalah rem berdecit ini sebenarnya bukan perkara yang sulit untuk diatasi. Sebab mengatasi rem mobil berdecit, pemilik kendaraan sekadar perlu membersihkan cakram, tromol juga komponen lainnya yang mampu ditunaikan sendiri di rumah.

Peralatan yang diperlukan pun terbilang sederhana. Peranti itu yaitu kunci roda, dongkrak, lap, kuas halus, serta cairan khusus pembersih rem (brake cleaner).

Selengkapnya, berikut ini yakni tips untuk cara mengatasi rem mobil berdecit:

  1. Mulailah dengan mendongkrak mobil lalu lepaskan ban satu per satu. Pastikan juga sahabat transkerja udah mengganjal roda lainnya supaya lebih aman.
  2. Selepas itu semprotkan cairan pembersih rem ataupun brake cleaner ke bagian permukaan cakram hingga merata.
  3. Selepas itu, pastikan kotoran atau kerak yang menumpuk sudah betul-betul bersih.
  4. Kemudian, lap dengan kain bersih yang udah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih melekat pada cakram rem tersebut.
  5. Laksanakan juga pembersihan pada bagian tromol.
  6. Tromol kudu dilepas terlebih dahulu dari rumahnya sebelum dibersihkan.
  7. Selepas terlepas, tromol yang berdebu dapat dibersihkan dengan kompresor ataupun gunakan kuas halus.
  8. Buat juga penyemprotan dengan brake cleaner untuk menangkap perolehan yang maksimum.
  9. Manakala semua komponen udah bersih pada tiap roda, pasang kembali semuanya dengan tepat.

Kenapa rem mobil berdecit?

Munculnya bunyi aneh tatkala mengemudi kayak berdecit sewaktu menginjak rem pasti akan menurunkan kenyamanan pengemudi mobil di kabin. Kondisi ini kerap dialami oleh pengendara yang melaju dalam keadaan hujan. Atau ketika melintasi genangan air. Hal itu sebetulnya normal terjadi, mengingat peranti rem jadi basah lantaran terkena air.

Fenomena rem mobil berdecit tersebut gak sering menjadi pertanda adanya keadaan sulit atau penurunan perfoma komponen rem. Bunyi decit tersebut bakal hilang saat perangkat pengereman berangsur kering.

Kenapa rem mobil berdecit terus? Bila bunyi decit tersebut berlangsung secara terus menerus, seyogianya disegerakan untuk melangsungkan pemeriksaan. Karena itu dapat menjadi indikasi adanya masalah pada peranti rem.

Pemilik kendaraan juga wajib mengetahui bahwasanya penyebab bunyi rem mobil berdecit dapat jadi karena adanya tumpukan kerak kotoran kayak debu atau residu oli di cakram serta tromol.

Kotoran berupa debu ini mampu terjepit antara disc dengan kampas, alhasil menimbulkan bunyi.

Tidak cuma itu saja, kampas rem yang menipis ataupun telah habis juga mampu membuat rem kendaraan mengeluarkan bunyi decit. Ini lantaran brake wear indicator pada kampas rem beregesekan dengan disc brake.

Sebaliknya, sekiranya bunyi decit muncul tapi ketebalan kampas rem masih baik sanggup jadi kampas rem yang didayagunakan mempunyai kualitas yang kurang bagus. Disarankan setiap melangsungkan servis berkala ke bengkel langganan, minta mekaniknya untuk memeriksakan sistem pengereman juga.

Penyebab rem cakram mobil berdecit dan cara mengatasi

Saat berpergian dengan kendaraan pribadi, selayaknya selalu memperhatikan keadaan kendaraan terlebihnya pada sistem pengereman. Pasalnya, sistem pengereman mobil ialah satu di antara bagian terpenting dalam keselamatan berkendara, terutama tatkala hujan.

Secara teknis, sistem pengereman yang diaktifkan di situasi kering rentan terkena kotoran, kayak debu. Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan sistem pengereman gak bekerja secara maksimal tatkala terkena hujan.

Indikasi lazim yang mengunjukkan dampak dari kotoran tersebut yakni kemunculan bunyi suara decitan tatkala pengereman dilakukan.

Tak melulu bikin telinga pengendara jadi tidak nyaman, bunyi yang berdecit itu juga bisa mengganggu fungsi pada rem kendaraan seumpama dibiarkan terlalu lama.

Selain itu, rem mobil yang mendecit sanggup bikin kampas juga cakram menjadi cepat tipis. Komponen di sekitar rem cakram mobil pun mampu mudah melenting hasil temperatur panas berlebihan kala ada gesekan antar-komponen.

Penyebab rem cakram mobil bunyi berdecit

Kadang kala rem cakram mobil saat diterapkan mengeluarkan bunyi berdencit. Rem cakram mobil bunyi berdecit ini acap kali cukup mengganggu. Lalu darimana penyebab bunyi berdecit pada rem cakram kendaraan tersebut?

Rem cakram mobil berdecit ini sebab kampas rem kotor atau bahan kampas rem yang tak bagus. Biasanya karena kampas rem yang terlalu kotor alhasil mengeluarkan bunyi berdecit tatkala pedal rem diinjak.

Kotoran pada kampas rem dapat dikarenakan oleh debu kampas rem itu sendiri ataupun pasir halus dari jalanan. Andaikan bunyi tersebut semakin mengganggu, cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan kampas rem.

Membersihkannya dapat dengan mengampelas permukaan kampas rem pada bidang rata semacam kaca. Biasanya ampelas di taruh di atas kaca lalu di gosok sampai sungguh-sungguh bersih.

Ampelas ini bakal meratakan sekaligus membersihkan dari kotoran yang menempel. Kualitas kampas rem yang tidak bagus juga sanggup bikin bunyi berdecit ketika di rem.

Andaikan sudah begini mau enggak mau kampas rem kudu diganti dengan yang lain supaya bunyi berdecit hilang.