Penyebab Pedal Rem Mobil Tidak Kembali Lagi Macet dan Cara Mengatasi

Inilah penyebab pedal rem mobil tidak kembali lagi, ambles atau macet. Artikel ini mengulik penyebab rem mobil tidak balik lagi, macet atau ambles dan sejumlah cara mengatasi.

Pedal rem ialah komponen pada sistem rem yang dipakai oleh pengemudi untuk menyelenggarakan pengereman. Peranan pedal rem memegang tugas yang berguna didalam sistem kendali kendaraan.

Rem mobil yang macet dan tak bekerja tentu jadi mimpi buruk yang mendebarkan buat sobat. Gimana tidak, rem mempunyai fungsi yang sungguh-sungguh besar ketika mengemudi. Tinimbang kalang kabut, lebih apik sobat transkerja mengenali gejala pedal rem mobil tidak kembali alias macet.

Penyebab Pedal Rem Mobil Tidak Kembali Lagi Macet Atau Ambles

Pedal rem mobil tidak kembali atau macet ketika mengemudi sudah jelas bikin pengemudi mobil bisa berkeringat dingin. Malahan saat mobil sedang melaju dengan kencang di jalanan, rem mobil yang macet tentu membawa problem yang beruntun. Lebih buruknya, dapat terjadi kecelakaan yang enggak diingini cuma karena kasus rem mobil tidak mau bergerak.

Jika teman-teman udah paham dengan prinsipilnya komponen rem mobil, niscaya tidak bakal melalaikan perawatan rem mobil yang biasa dilakukan. Lantaran, rem mobil terdiri dari beraneka ragam sistem penggerak supaya bisa bekerja dengan optimal, sama kayak bagian mobil lainnya. Jadi, rem mobil kudu dilakukan pemeliharaan secara menyeluruh bila rem mobil sudah mulai ambles atau macet.

Inilah sejumlah ciri-ciri rem mobil tidak mau balik lagi yang perlu dikenali oleh pemilik mobil.

Penyebab Pedal Rem Mobil Tidak Kembali Lagi Macet dan Cara Mengatasi

 

1. Rem Mobil Berkarat

Benda yang mulai berkarat dan kotor sudah pasti susah digerakkan, bahkan rem mobil. Kontak antara rem dengan jalan kadang kala terjadi, belum juga ada kotoran semacam debu, lumpur, ataupun tanah yang betul-betul mudah masuk ke komponen ini.

Panas dari sinar ultraviolet juga air hujan juga mengakibatkan rem menjadi mudah berkarat. Performa rem kendaraan juga sangat berat, alhasil sering terbentuk vapour lock. Vapour lock merupakan kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, alhasil menyebabkan besi pada sistem rem gampang berkarat.

Ciri rem mobil macet ini dapat diselesaikan dengan membersihkan sistem remnya. Enggak dibiarkan kotoran pada sistem rem menumpuk, karena menyebabkan komponen vital ini menjadi susah digerakkan.

2. Rem Mobil Gak Digunakan Dalam Waktu yang Lama

Komponen rem yang sudah lama gak digunakan juga membawa dampak penurunan fungsinya. Alhasil, rem tidak bisa bekerja dengan optimum lantaran adanya perubahan suhu. Perubahan ini sanggup membuat rem gampang berkarat, secara khususnya di bagian permukaan cakramnya.

Kondisi minyak atau oli pada rem yang udah lama gak digunakan juga bikin titik didihnya menurun.

Cara mengatasi rem macet: Andaikata sudah begini, lebih baik dikerjakan pemeriksaan tentang sistem rem, juga mengganti komponennya dengan yang baru.

3. Rem Mobil sudah Melewati Masa Pakai

Layaknya komponen mobil lainnya, rem juga punya umur pakainya, bahkan rem jenis seal yang berbahan karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal sanggup diketahui dari bahan karetnya yang mulai mengeras juga kaku.

Akibatnya, piston rem cuma terkunci di satu sisi, alhasil pergerakannya jadi terkunci. Inilah yang sebagai satu diantara ciri rem mobil macet atau tidak balik lagi, ditandai dengan susahnya rem kala digerakkan.

Cara mengatasi rem macet: Lebih baik mengganti rem yang sudah keras karetnya dengan yang baru, walhasil rem sanggup digerakkan kembali dengan lancar serta tidak lagi macet.

4. Rem Mobil Terlalu Rapat ketika Disetel

Ciri rem mobil macet yang terakhir yaitu penyetelan rem yang terlalu rapat. Kudu diketahui, rem juga memerlukan ruang untuk bergerak, menjadi jangan disetel terlalu rapat.

Baik rem cakram ataupun rem tromol, keduanya mesti diperhatikan jarak bebas (free play) pada saat disetel. Teliti juga apakah ada kerapatan antara kampas rem serta permukaan tromol kala dipasang. Keduanya wajib ada ruang bebas, walhasil rem pun menjadi lebih enak tatkala digerakkan.

Cara mengatasi rem macet: Manakala sememangnya dipasang terlalu rapat, langsungkan saja penyetelan ulang dengan memperhatikan tingkat kerapatannya. Atau bisa bawa ke bengkel terdekat supaya penyetelannya sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.