Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter dan Cara Mengatasi

Mobil tidak mau hidup saat distarter umumnya karena bagian aki sudah mulai usang ataupun soak. Komponen penyimpan energi listrik pada mobil ini sungguh-sungguh akan mendapati penurunan kinerja seiring waktu pemakaian. Semakin lama waktu pakainya, aki bakal semakin menurun kinerjanya. Hanya saja, selain sebab aki, apakah ada penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter maupun dihidupkan?

Ini Dia Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter

Berikut ini yaitu informasi berkenaan penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. Dengan menggali hal ini, maka teman-teman transkerja bakal bisa mengenali bila kejadian ini terbentuk pada di selanjutnya hari.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter dan Cara Mengatasi

1. Busi kendaraan kotor

Busi ialah komponen berharga dalam proses starter mobil. Busi yang kotor dapat jadi satu di antara penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. 

Debu serta kotoran dapat menghambat percikan bunga api sewaktu proses starter dijalankan. Karenanya, teman-teman transkerja wajib rutin mengerjakan pembersihan pada busi untuk menahan kotoran menempel. Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus. 

Namun, mampu juga busi motor udah tak dalam kualifikasi baik walhasil mobil susah dihidupkan saat keadaan mesin masih panas. Saat suhu mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan. 

Andaikata kayak ini kondisinya, maka ada baiknya sahabat transkerja segera mengganti busi dengan yang baru biar tak menghambat performa mobil. 

2. Aliran bahan bakar tak lancar

Agar mampu menyala, mesin memerlukan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. Tetapi, jika aliran bahan bakar dari tangki ke mesin gak terdistribusi dengan sempurna, maka mesin pun tak dapat dinyalakan. 

Logikanya, bagaimana mungkin mesin mampu menyala tanpa bahan bakar, bukan? Untuk menindak masalah aliran bahan bakar yang terhambat, sahabat transkerja dapat melakukan pembersihan. 

Sebagai solusi mengatasi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. Maka tindakan pembersihan perlu digarap pada tangki bahan bakar, filter, dan needle valve. Bila tidak percaya diri untuk melaksanakan pembersihan sendiri, kamu dapat ke bengkel terdekat terdekat. 

3. Dinamo starter/ampere rusak

Dinamo ampere ataupun kerap disebut alternator ialah komponen berperan mengalirkan listrik ke aki.  Bila dinamo ampere bermasalah ataupun rusak, maka ia dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. 

Namun, wajib teman-teman ketahui bahwa dinamo ampere bukanlah bagian yang sederhana ketika rusak.

Artinya, bila komponen ini menurun performanya, maka dipastikan bahwasanya penyebabnya yaitu usia pakai yang udah lebih dari delapan tahun. Untuk menyelesaikannya, kamu dapat melakukan perbaikan di bengkel resmi mobil. 

4. Bagian koil terlampau panas

Di samping dinamo ampere juga busi motor, komponen lain yang juga berfungsi dalam proses starter kendaraan yakni koil. Bagian koil berperan menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki. 

Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi serta dapat memantik pijaran bunga api. Itulah kenapa jika koil terlalu panas, maka bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. 

Cara mengatasi masalah koil yang menjadi indikasi mobil susah menyala  yaitu dengan  pengecekan juga penggantian. Datangi bengkel terdekat di tempat hunian sobat transkerja untuk menggarap pengecekan koil. 

Selanjutnya, bila koil sungguh-sungguh rusak (diketahui dari temperatur panas yang dikeluarkan), maka mintalah penggantian komponen baru kepada montir supaya kinerja mobil Toyota sahabat kembali prima. 

Umumnya, ciri-ciri kendaraan tidak dapat hidup kala distarter ialah adanya komponen bagian dalam yang kotor, tersumbat, ataupun sudah usang. 

Debu juga kotoran sungguh-sungguh akan memengaruhi performa komponen mobil. Begitu pula dengan usia bagian yang sudah tua. Maka dari itu, kunjungilah bengkel mobil terbaik sekarang juga sekiranya kamu mau melakukan servis berkala.

Penyebabnya Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Saat kendaraan tidak sanggup distarter serta terdengar bunyi tek tek, ini dikarenakan dari sejumlah hal yang terkait dengan komponen mobil. Dengan mengenal sumber penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek ini, teman-teman transkerja bisa menunaikan perhitungan berapa kira-kira budget yang dihabiskan untuk perbaikan.

Biasanya yang tak mengerti mesin, saat mobil distarter bunyi tek tek niscaya menganggap kerusakan ada di aki mobil. Sewaktu sudah mengganti aki kenyataannya masih sulit distarter, baru menyadari bahwasanya kerusakan bukan di aki.

Namun, gejala mobil yang sulit untuk distarter kecenderungannya akan muncul suara tek tek. Munculnya suara ini jadi pertanda kalau ada kerusakan pada satu di antara sistem mesin ataupun kelistrikannya.

Setidaknya ada sejumlah penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang kudu sobat transkerja kenali:

1. Cek Dinamo Starter

Pertama penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang kudu diamati ialah dinamo starter. Komponen ini bertugas untuk memutar poros engkol mesin dengan bantuan baterai atau aki.

Dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan baut khusus. Kalau baut tersebut longgar, maka mesin akan mengeluarkan bunyi tek tek tatkala dihidupkan.

Solusinya yakni mengencangkan baut pengikat dinamo starter. Hanya saja, kalau ternyata lubang baut sudah aus, maka mesti dilakukan pembubutan supaya dinamo starter gak bergetar tatkala mesin di-starter.

2. Gigi Pinion Rusak

Gigi pinion ialah roda gigi kecil di antara dinamo starter juga flywheel. Komponen ini bertugas saat mesin dihidupkan dan roda gigi pinion muncul serta kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel.

Roda gigi pinion ini mampu aus karena selalu bersinggungan dengan flywheel. Manakala dilemanya di gigi pinion, satu-satunya cara mengatasi penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek adalah mengganti komponen ini.

3. Engine Mounting

Engine mounting yaitu bagian yang bertugas sebagai dudukan mesin supaya posisinya stabil di dalam ruang mesin. Karet ini sanggup sobek alhasil jadi penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek. Cara untuk memperbaikinya  ialah dengan  mengganti karet engine mounting.

4. Oli Belum Naik

Mobil yang udah lama enggak dihidupkan, bunyi tek tek saat akan distarter umumnya diakibatkan oli mengumpul di bagian carter ataupun oil pan. Akibatnya oli di bagian atas mesin kering alhasil mobil sulit distarter dan mengeluarkan bunyi tek tek.

Namun, kamu tak kudu panik seumpama masalahnya karena hal ini. Cukup tunggu hingga oli naik, lalu coba starter kembali. Semisal mobil hidup dan bunyi hilang dapat dipastikan penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek karena oli belum naik. 

5. Aki Kurang Setrum

Aki sebaiknya mengeluarkan setrum untuk menyalakan motor starter, tetapi kalau aki tekor maka bisa menjadi penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek. Ini menandakan kalau arus listrik yang diperlukan besar, tapi jumlah yang diraup malah lebih kecil.

Kamu wajib mengecek berapa tegangan aki yang dihasilkan saat mobil sedang distarter. Pengecekannya sendiri bisa memanfaatkan avometer digital serta aki sepantasnya memiliki tegangan minimal 12,6 Volt.

Manakala usai diukur jumlahnya lebih sedikit, seharusnya cobalah untuk mencharge aki. Tetapi jika kawan-kawan tak dalam keadaan dapat mencharge maka sanggup melakukan jumper aki. Aki yang bermasalah walaupun sahabat udah mencharge nya berarti mesti sudah minta diganti dengan yang baru.

6. Motor Starter Bermasalah

Manakala aki normal juga mobil masih enggak bisa distarter bunyi tek tek, maka mampu saja problemnya muncul dari motor starter. Namun, untuk mengecek ini kudu pembongkaran lebih lanjut.

Ada sebagian bagian dari motor starter yang mungkin saja mendapati kerusakan dan harus diganti. Akan tetapi secara umum, ada tiga jenis permasalahan yang sanggup terjadi.

Pertama, rusaknya solenoid starter atau magnetic switch. Bagian ini bertugas untuk menggerakan pinion gear agar terkait pada ring gear. Peranan lainnya ialah sebagai saklar supaya mengalirkan listrik besar pada kumparan medan serta armature.

Solenoid starter ini mampu saja rusak sebab kumparan rusak serta mengalami konslet. Penyebab kedua karena rangkaian listriknya sudah putus. Demi memahami bagian yang rusak hubungan kumparan solenoid, relay dan sekring wajib diperiksa.

Kedua, carbon brush motor sudah habis. Kendaraan tidak dapat distarter bunyi tek tek sanggup dikarenakan bantalan yang sepantasnya mengalirkan arus listrik ke kumparan armature terputus.

Bantalan atau yang diucap dengan carbon brush ini mampu saja habis dan harus diganti alhasil arus listrik kembali semacam semula. Karena jika arus listrik tak ada tenaga putar jadi melemah serta inilah yang jadi sumber suara tek tek.

Ketiga, terbakarnya kumparan medan dan kumparan armature. Pada motor starter kedua jenis kumparan ini sanggup saja terbakar tatkala terjadi konslet. Jika sudah terbakar maka arus listrik yang lebih banyak enggak akan dihasilkan.

Efeknya mobil tidak bakal menyala serta untuk perbaikannya mesti dilakukan penggantian motor starter secara keseluruhan. Sulit untuk memperbaiki cuma bagian kumparan medan dan kumparan armature saja.

7. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Kerusakan pada sistem listrik mampu menjadi penyebabnya mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek. Kawan-kawan sanggup mengecek sistem kelistrikan, subjektifnya di bagian konektor juga soket. Bisa saja sebagian soket maupun konektor terlepas pengaruh getaran juga kotoran.

Konektor yang terlepas sudah pasti tak dapat mengalirkan arus listrik juga sering muncul bunyi tek tek. Pemeriksaan sistem listrik secara menyeluruh harus dilakukan walhasil sumber situasi sulit ini mampu diketahui.

Sensor Apa Yang Perlu Diperiksa Pertama Jika Mesin Tidak Mau Hidup Saat Distart

Sensor WTS/ECT yaitu sensor yang mendeteksi suhu mesin melalui suhu air pendingin. Mobil-mobil modern merancang mesin dengan benar-benar baik serta hati-hati.

Perusahaan umumnya membekali mesin dengan manajemen mesin untuk melindungi efesiensi bahan bakar dan kandungan kimia berbahaya emisi gas buang. Nah untuk mencapai tujuan tersebut, mesin lazimnya hanya boleh bekerja pada suhu tertentu saja.

Sanggup jadi suhu saat kita menghidupkan mesin kayak biasanya namun bila sensor WTS/ECT membaca amat rendah atau sangat tinggi sebab sensor rusak, ini dapat menjadi penyebab mesin gak hidup ketika kita starter.

Sebenarnya, selain sensor di atas. Ada sejumlah penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter atau dihidupkan. Jadi apa saja yang perlu diperiksa jika mesin tidak mau hidup saat distart.

Dari beraneka ragam pengalaman, dilema mesin mobil yang sulit dihidupkan kerap kali terjad. Berikut adalah penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter maupun dihidupkan:

1. Aki tekor

Aki memang tidak diperlukan dalam performa mesin, tentunya teman-teman pernah meninjau ada melimpah motor-motor jadul yang tak dilengkapi aki, mesinya dapat hidup dengan normal. Itu karena sistem kelistrikan mesin udah disuplai oleh dinamo alternator, demikian pula pada mobil.

Tapi kenapa aki diperlukan? Sebab mobil memakai elektrik starter dimana untuk menghidupkan mesin dibutuhkan motor listrik dengan sumber daya aki. Kalau akinya tekor, sumber daya motor starter tidak ada walhasil motor starter tak mau hidup juga mesin juga gak bakal hidup.

2. Dinamo starter rusak

Dinamo starter ataupun motor starter merupakan sebuah motor listrik yang bakal membawa dampak pada putaran pada poros engkol mesin. Alhasil pembakaran mesin sanggup terjadi secara berkesinambungan (engine running).

Cara kerja dinamo stater ini dengan memperbaiki energi listrik dari aki jadi energi putar memakai gaya elektromagnetik. Sebagaimana yang dikatakan diatas, bahwasanya akinya tekor maka motor starter juga tekor. Tetapi kalau akinya normal tapi dinamo starternya yang rusak, otomatis dinamo starter juga akan tekor alhasil mesin tidak mau distater.

Beberapa konstituen yang terkadang rusak pada dinamo starter antara lain ;

  • Brush/sikat didalam rotor yang aus walhasil menimbulkan perpindahan energi listrik yang kurang maksimal.
  • Terminal dinamo starter terbakar, ini mampu dikarenakan sebab ada celah pada terminal ini walhasil menimbulkan risiko terbakar yang jadi resistansi/hambatan. Hambatan ini akan mengurangi tegangan listrik yang masuk ke motor starter walhasil motor starter tak bisa bekerja maksimal.
  • Suhu dinamo starter terlalu panas, panas berlebih sanggup menganggu gaya elektromagnetik didalam motor starter. Walhasil kalau sobat transkerja sesekali waktu menemui situasi dimana mesin tidak bisa distart ketika panas, mampu jadi ini persoalannya.

Untuk solusinya, teman-teman transkerja harus mengganti sebagian komponen yag rusak. Menjadi jangan mengganti satu unit motor starter sebab akan benar-benar mahal, akan tetapi misal yang rusak hanya brush maka ganti brushnya saja. Untuk pekerjaan ini, sahabat transkerja kudu menyerahkannya ke tangan profesional.

3. Kunci kendaraan rusak

Khusus untuk mobil yang dilengkapi sistem immobilizer, dapat lebih aman karena kunci enggak lagi konvensional. Melainkan udah menggunakan sistem penyamaan gelombang radio. Menjadi kalau frekusensi antara kunci dengan receiver didalam kendaraan sama, maka mobil bisa distart. Namun kalau beda biarpun kuncinya masuk, mobil tidak mampu dihidupkan.

Memang ini memberi ekses yang amat baik, akan tetapi ada satu kekurangan adalah saat secara tak sengaja kunci terjatuh maupun masuk ke genangan air.

Itu akan merusak alat-alat pemancar gelombang didalam kunci, walhasil meski secara fisik kunci baik-baik saja tetapi pas dimasukan ke kontak, mobil tidak sanggup distarter.

Untuk situasi sulit ini, teman-teman transkerja kudu mengganti kunci mobil kawan-kawan dengan yang baru. Nanti kala proses penggantian, ada juga proses reprogramming untuk menyamakan frekuensi gelombang kunci dengan receiver didalam mobil.

4. Fuse starter putus

Fuse atau sekering bertugas sebagai pengaman komponen kelistrikan dari korsleting. Dalam hal ini, fuses starter bakal melindungi motor starter dari korsleting.

Saat korsleting terdeteksi, arus besar dari aki bakal langsung mengalir mendatangi motor starter. Tapi karena ada sekering, arus besar tersebut malah membuat sekering putus alhasil dinamo starter akan aman tapi karena rangkaian kelistrikannya putus otomatis motor starter tak mau hidup.

Solusinya mudah, kamu cukup mengganti sekering starter dengan sekering baru dengan kemahiran yang sama. Namun kalau dalam waktu berdekatan sekering kembali putus, itu tandanya ada korsleting pada jalur kelistrikan motor starter. Coba kamu cek dulu untuk menetapkan korlseting itu, karena kalau ada korsleting listrik, seratus kali sobat ganti sekering pun bakal putus juga.

5. Tekanan kompresi drop

Secara sederhana, bahwa tekanan kompresi rendah ditambah temperatur mesin masih dingin maka mobil akan sulit dihidupkan. Kalau tekanan kompresi rendah tapi suhu mesin sudah panas, mesin mobil masih dapat dihidupkan.

Artinya, sobat transkerja ada kalanya mengalami gejala mesin susah hidup dipagi hari/saat mesin dingin, berarti itu permasalahan tekanan kompresi. Beberapa elemen yang akan membawa dampak tekanan kompresi drop antara lain ;

  • Blok silinder aus
  • Ring piston aus
  • Packing kepala silinder aus
  • Klep mesin bengkok

Selain mesin sulit hidup dipagi hari, gejala lain yang muncul yaitu tenaga mesin yang berkurang juga kadang ada asap berwarna putih dari knalpot. Solusinya, sahabat harus membongkar mesin untuk mengganti konstituen yang aus.

6. Sistem bahan bakar

Mesin mobil dapat hidup sebab ada bahan bakarnya, bahwasanya didalam ruang bakar enggak ada bahan bakar maupun karena bahan bakar tidak sampai, otomatis mesin gak akan mampu dihidupkan.

Masalah terkait sistem bahan bakar ini, meliputi ;

  • Bensin didalam tanki habis
  • Fuel pump rusak, alhasil bensin tidak bisa disalurkan ke injektor
  • Filter bahan bakar bocor, lazimnya terjadi pada klem/fitting yang kurang klop. Alhasil tekanan bensin drop dan bensin enggak bisa keluar melalui injektor
  • Selang bahan bakar pecah, ini sama kasusnya kayak masalah filter bahan bakar bocor
  • Injektor tersumbat walhasil menghambat bahan bakar yang harusnya keluar.

Untuk solusinya gimana? Ada konstituen yang rusak maka perlu diganti, misal semacam fuel pump juga selang bahan bakar. Bila klem selang kurang kencang, maka kencangkan hingga sungguh-sungguh klop. Yang terakhir, laksanakan pembersihan maupun flushing sistem bahan bakar untuk melangsungkan pembersihan sumbatan-sumbatan pada komponen sistem bahan bakar injeksi.

7. Sensor EFI rusak

Diperlukan alat khusus berupa scanner untuk meninjau kerusakan sensor maupun aktuator EFI yang bermasalah. Selain itu, teman-teman mampu melihat ciri-ciri bahwa ada satu di antara sensor EFI yang rusak. Pertama mesin tak bisa dihidupkan ataupun kalau mampu hidup bakal brebet, serta kedua lampu cek engine bakal berkedip. Bila gejala itu sudah muncul, segera hubungi bengkel resmi.

8. Timming pengapian bergeser

Apa mungkin timming pengapian mampu bergeser ? Niscaya saja malahan kalau gejala mesin tidak bisa distarter ini muncul seusai perakitan bagian depan mesin. Contohnya sehabis mengganti timming chain, otomatis mesti menyetting timming pengapian secara akurat.

Seandainya geser satu mata gigi saja, itu mampu membuat mesin tidak mau hidup. Tetapi masalah ini hampir tak terjadi pada kendaraan yang enggak mengalami pembongkaran, menjadi ini untuk info pelengkap saja.

9. Gak menginjak rem/kopling

Dan penyebab yang terakhir kami rasa cukup sepele, kenapa? Terdapat beberapa mobil terutama matic, yang mengharuskan kita menginjak rem untuk menghidupkan mesin. Juga beberapa mobil manual juga wajib menginjak pedal kopling.

Entah karena kamu pemula, maupun sedang buru-buru hal sepele kayak ini mampu lupa. Walhasil seribu kali kawan-kawan transkerja putar kunci ke posisi starter pun, mesin gak akan menyala.

Jadi solusinya, pastikan gigi transmisi netral (untuk manual) maupun posisi P (untuk matic), injak rem maupun kopling, baru hidupkan mesin.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Padahal Aki Masih Bagus

Untuk menghidupkan mobil, diperlukan electric starter yang sumber tenaganya diikuti dari aki. beberapa besar pemilik kendaraan akan menyalahkan aki pada saat mobil susah distarter.

Tapi, apabila kondisi aki masih baru juga mobil selalu susah distarter maupun dihidupkan mesinnya, maka kemungkinan besar komponen lainnya yang bermasalah.

Ada sebagian penyebab mobil tidak bisa distarter padahal aki masih bagus.

Penyebabnya ada macam-macam, mulai dari pengapian sampai bahan bakarnya.

Pada pengapian, busi yang kondisinya sudah tidak bagus lagi maupun sudah terlalu lama digunakan, dapat saja sebagai salah satu indikasi kendaraan susah distarter.

Koilnya juga dapat atau sampai-sampai ECU-nya juga dapat menjadi penyebabnya, serta untuk mendapatkan penyebabnya harus dilakukan pengecekan.


Masih terkait penyebab mobil tidak bisa distarter padahal aki masih bagus. busi yang kotor juga sanggup menyebabkan kendaraan susah dinyalakan.

Selain busi, persoalan lain yang bikin mesin mobil sulit dihidupkan mampu juga dari dinamo starter atau dinamo ampere.

Dinamo ampere yang rusak bakal berakibat pada aliran listrik. Efeknya, baterai maupun aki gak akan dapat terisi arus, kendatipun aki dalam kualifikasi baik.

Tapi, penyakit maupun kerusakan tersebut lazimnya menimpa mobil yang usianya udah lebih dari delapan tahun. Dengan kata lain, sememangnya usia pakainya udah habis dan kudu dilakukan pergantian.