Penyebab Mesin Diesel Kurang Tenaga

Penyebab mesin diesel kurang tenaga - Citra mesin diesel sebagai mesin yang bertenaga bukan omong kosong belaka. Diesel sememangnya menjadi mesin yang mempunyai tenaga dan torsi berlimpah. Tapi bagaimana bila mesin diesel kenyataannya kurang bertenaga? Terdapat sejumlah penyebab mesin diesel kurang tenaga yang kudu sobat transkerja ketahui di bawah ini.

Penyebab Mesin Diesel Kurang Tenaga

Terdapat sejumlah penyebab yang bakal memicu mesin diesel kurang tenaga. Utamanya untuk mesin diesel konvensional.

Penyebab Mesin Diesel Kurang Tenaga

1. Filter Solar Kotor

Filter solar yang kotor memerankan satu diantara persoalan esensial mesin diesel kurang tenaga. Filter solar kotor memangkas debit serta volume bahan bakar yang dibutuhkan. Akhirnya mesin menghadapi kekurangan komposit bahan bakar walhasil tenaganya jadi tidak maksimal. 

Filter kotor bikin proses penyaringan tak baik. Kotoran sanggup mampu masuk ke pompa injeksi. Akhirnya tekanan injeksi jadi bermasalah. Indikasi penyebab mesin diesel kurang tenaga pada filter solar yang kotor ialah tanda lampu indikator water separator mulai menyala tanpa ada tanda-tanda penyebab yang jelas. 

2. Pompa Tekanan Solar Lemah

Pompa tekanan ini dipasang pada filter solar ataupun dekat pompa injeksi. Fungsinya yaitu menarik solar dari dalam tangki bahan bakar. Kalau kondisinya melemah, maka ada keterlambatan pasokan bahan bakar yang memang dibutuhkan mesin. Kualifikasi ini mengakibatkan campuran bahan bakar serta udara tidak lagi ideal alhasil tenaga yang dihasilkan mesin enggak sempurna. 

Indikasi penyebab mesin diesel kurang tenaga pada pompa tekanan yang udah melemah ialah mesin susah hidup saat pagi hari alhasil wajib memompanya untuk menghidupkan mesin.

3. Injection Pump Bermasalah

Injection pump yaitu pompa injeksi untuk mengalirkan bahan bakar solar bertekanan ke sendiri-sendiri injektor. Tekanan dalam pompa injeksi mendapati ukuran berbeda-beda tergantung sendiri-sendiri mobil. 

Namun saat tekanan pompa injeksi kurang maupun bahkan melebihi tekanan yang direkomendasikan, maka mesin diesel niscaya bermasalah. Indikasi penyebab mesin diesel kurang tenaga pada injection pump bermasalah yakni munculnya asap hitam tebal hingga kehilangan tenaga. 

4. Injection Timing tak Tepat

Nilai serta posisi injection timing dalam mesin diesel amat jarang berubah, nyatanya bisa saja berada dalam posisi tidak tepat. Akhirnya mesin diesel jadi kurang bertenaga. Injection timing yaitu waktu injektor membuka nozzle untuk menyemprotkan bahan bakar. 

Kondisi injection timing yang berubah serta tak cocok spesifikasi mesin bakal memicu tenaga mobil menjadi kurang bertenaga. Sampai-sampai terkadang muncul asap hitam terlalu berlebih di knalpot.

5. Tekanan Kompresi Ruang Bakar Mesin Rendah

Mesin diesel yang kurang bertenaga sungguh banyak dipengaruhi persoalan berbau bahan bakar. Mencakup tekanan kompresi ruang bakar mesin udah terlalu rendah. 

Tekanan kompresi benar-benar mempengaruhi tenaga mesin diesel. Mesin diesel memerlukan tekanan kompresi tinggi, jikalau 30 kgm. Benar-benar jauh apabila dibandingkan kompresi mesin bensin yang muncul pada kisaran 10/11 kgm. 

Apabila tekanan kompresi menurun, campuran bahan bakar dengan udara lebih sulit diledakkan. Akibatnya apa? Sudah pasti ini merupakan penyebab mesin diesel kurang tenaga.