Penyebab Dempul Mobil Retak dan Cara Mengatasi

Terkadang dempul yang diberitahukan bisa menghadapi keretakan walhasil membuat kendaraan terlihat tidak bagus. Apa yang jadi penyebab dempul mobil retak dan cara mengatasinya? Temukan jawabannya di sini.

Pendempulan akan kamu perlukan apabila sebelumnya kendaraan pernah mendapati kerusakan pada bagian body mobil. Dempul dibutuhkan untuk mengembalikan bentuk body kebentuknya yang semula.

Penyebab Dempul Mobil Retak

Kegiatan body repair akan memperbaiki kembali keadaan body mobil yang sebelumnya menghadapi kerusakan hasil kecelakaan atau benturan yang membuatnya hadir rusak. Dengan metode dempul mobil ini, mobil bisa kelihatan kembali kayak keadaan sebelum mendapati kerusakan. Menambahkan dempul pada bagian body mobil yang menghadapi kerusakan akan mempermudah kamu dalam menambahkan cat supaya bisa terpantau semakin sempurna, kayak tidak pernah menghadapi kerusakan.

Penyebab Dempul Mobil Retak dan Cara Mengatasi

Walaupun metode ini cukup efektif, tetapi terkadang ada masalah yang mampu mengiringinya. Salah satunya dempul yang retak. Kalau mendapati keretakan, maka permukaan yang udah dilapisi cat pun juga muncul tidak bagus.

Rusaknya dempul sanggup jadi sebab proses pengerjaan yang enggak benar. Penyebab dempul mobil retak diakibatkan karenakan ada SOP (Standard Operating Procedure) yang salah tatkala proses pendempulan. Sebab jika SOP pekerjaan pendempulan dikerjakan dengan betul dan memakai dempul yang berkualitas maka kecil kemungkinan retak dempul terjadi,” ujar Arie.

Ada sejumlah penyebab dempul mobil retak yang dapat membawa dampak pada dempul yang sudah diaplikasikan jadi rusak. Diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Kualitas Dempul Kurang Bagus

Bahan fundamental yang dipakai dalam proses pendempulan akan bisa menyerahkan hasil akhir yang berbeda. Seumpama bahan yang dipakai enggak bagus ataupun tidak punya kualitas yang baik, maka ini jadi penyebab dempul mobil retak, akibatnya keretakan bakal bisa dengan gampang terjadi.

Bahan dempul yang berkualitas juga mampu membuat body hadir kokoh juga terasa ringan saat di ketuk, muncul seperti belum pernah mendapati kerusakan. Permukaannya pun dapat dengan gampang menerima cat yang diberikan. Membuatnya tidak terlihat janggal. Usahakan teman-teman memperoleh dempul yang berkualitas saat melakukan body repair di kendaraan.

2. Efek Cuaca

Paparan sinar ultraviolet secara terusmenerus mampu mengakibatkan rusaknya dempul bagi kendaraan. Kamu sanggup melihat insiden pemudaran dan juga pengelupasan pada cat di bagian yang sebelumnya sudah di dempul. Selepas itu dempul perlahan akan retak, bikin kendaraan tidak terlihat bagus.

Solusi penyebab dempul mobil retak dari persoalan ini  yakni dengan  memilih wilayah parkir yang terlindungi dari sinar uv juga beragam keadaan cuaca lainnya. Sobat juga dapat menggunakan cover kendaraan apabila enggak ada lokasi yang mempunyai perlindungan yang baik berkenaan cuaca.

3. Tenaga Ahli yang Kurang Maksimal

Andaikata kamu berencana untuk mengerjakan pendempulan sendiri tanpa mempunyai keahlian yang dibutuhkan, maka kami bakal menyarankan sobat transkerja untuk enggak melakukannya. Proses ini memerlukan keterampilan khusus untuk mampu mendapatkan hasil yang terbaik. 

Kalau diadakan asal-asalan, maka sahabat transkerja bakal kecewa dengan hasil dempul yang gak sempurna dan mudah retak. Satu di antara proses yang berarti adalah pengamplasan.

Permukaan body kudu bersih, dari jamur juga kotoran. Noda karat juga perlu diamplas dengan baik, hingga bersih tak tersisa. Keadaan ini akan kontributif dalam menimbulkan tempat untuk mengaplikasikan dempul dengan baik. Seterusnya ada proses pengecatan yang wajib dilakukan dengan teliti supaya hasil akhir sanggup terlihat serupa.

Bagaimana aplikasi dempul yang betul sesuai standar bengkel Body and Paint? Berikut yang dijelaskan:

Mempelajari luasan lokasi yang bakal didempul, selepas itu akan dilakukan scuffing dan featheredging dengan stepping amplas yang akurat.

Memilah panel repair sampai dengan diimplementasikan dengan baik dengan mengecek kelurusan panel dari hasil penarikan guna meninggalkan pemakaian dempul yang terlalu tebal. Karena dempul yang tebal akan membuat potensi keretakan.

Mengaplikasi dempul di atas panel, menentukan dempul diaplikasi di atas primer surfacer kecuali material dempul yang dimanfaatkan berkualitas premium yang terbebas dari  kandungan asam.

Mengaplikasikan dempul seluas tempat kerusakan setipis mungkin.

Lantas apa dampak dempul mobil retak bila dibiarkan? Dampak dempul yang retak akan membuka lapisan pelindung panel. Sehingga panel berdekatan dengan udara luar serta dempul yg retak akan menyimpan air juga debu yang dapat sebabkan panel body korosi atau berkarat andaikan didiamkan terlalu lama korosi pada panel bakal bertambah luas.