Penyebab Bunyi Berdecit Pada AC Mobil Saat Dinyalakan

Bunyi berdecit saat AC mobil dihidupkan  - Air Conditioner (AC) yakni satu di antara fitur berarti pada mobil. Andaikan gak ingin momen perjalanan terganggu, AC mobil juga wajib maintenance rutin. AC kendaraan yang mengeluarkan suara tak biasa ketika dihidupkan niscaya ada bagian AC mobil yang gak normal.

Penyebab Bunyi Berdecit Pada AC Mobil Saat Dinyalakan

Jika AC mobil mengeluarkan suara berdecit, itu adalah sesuatu yang harus di perhatikan segera. Itulah mengapa hari ini kita akan membantu mengidentifikasi Penyebab suara berdecit Pada AC mobil saat dihidupkan!

Setiap kali AC mobil mengeluarkan suara berdecit, itu berarti ada sesuatu yang salah. Jadi, apakah AC mobil kamu mengeluarkan bunyi berdecit saat dihidupkan atau dimatikan, ada baiknya kamu memeriksanya.

Dengan begitu, kamu dapat menentukan apa artinya dan mengambil tindakan mengatasi masalah AC mobil bunyi berdecit saat dinyalakan. Lanjutkan membaca.

Penyebab Bunyi Berdecit Pada AC Mobil Saat Dinyalakan

Penyebab Suara Berdecit, Memekik atau Melengking Pada AC Mobil

Apa penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi kala dinyalakan?

V-Belt AC

Jika AC mobil Anda mengeluarkan suara berdecit, memekik atau melengking, tatkala AC kendaraan dinyalakan penyebab biasa adalah V-Belt AC yang kemungkinan kendur ataupun aus sebab usia pakai. V-Belt adalah yang memutar katrol di kompresor AC dan itulah yang menekan saluran refrigeran. Dengan begitu, udara sejuk bisa memenuhi mobil.

Ada pula tali belt AC yang selain dikaitkan dengan pulley kompressor, juga dikaitkan ke pulley alternator ataupun bahkan semua bagian pulley cuma diafiliasikan oleh satu tali kipas. Tali maupun belt yang kendor juga dapat menimbulkan bunyi berdecit.

Ciri bila tali atau belt kendor, pada saat pertama kali AC dinyalakan, maka bunyi tersebut bakal secara terus menerus terdengar sampai sahabat mematikan AC baru dapat hilang.

Buat memeriksa apakah belt ini yang jadi penyebab bunyi, kalian dapat menyetel kekencangan tali atau belt ini maupun melumasi tali kipas dengan mengeksploitasi gemuk atau vet atau grease serta mencoba menyalakan mesin mobil, berikutnya menyalakan AC.

Pulley Kompresor AC

Suara berdecit juga bisa karena dari pulley kompresor AC. Periksa juga jeroan kompresor AC untuk meyakinkan semua dalam situasi baik. Pastikan juga, kompresor AC gak mengalami kebocoran.

Bagian ini dapat saja rusak kalau ada kebocoran freon, akan tetapi pemiliknya gak mengecek lebih lanjut atau kemudian cuma ditambahkan freon tanpa menambah oli kompresor atau mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Untuk lebih meyakinkan bahwa bearing pulley yang bermasalah teman-teman transkerja dapat mencoba melepaskan fanbelt kompressor AC ini, baru lalu memutar pulley kompressor dengan tangan.

Andaikan putaran pulley terdengar kasar maka mampu dipastikan bunyi tadi diakibatkan oleh bearing pulley yang rusak. Langkah mengatasinya yakni dengan melakukan penggantian bearing pulley ataupun mengganti pulley kompressor AC bila ternyata bearingnya gak bisa dilepas.

Kompressor AC

Penyebab timbul bunyi saat AC kendaraan dihidupkan seterusnya bisa karena adanya kerusakan didalam komponen kompressor AC, bisa saja piston kompressor atau yang lainnya.

Ciri kompressor yang bermasalah adalah, saat AC dihidupkan dan kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi akan muncul, tetapi ketika kompressor AC enggak sedang bekerja maka bunyi berdecit akan hilang.

Andaikan kompressor AC mobil yang menjadi sumber bunyi selayaknya sahabat transkerja kerjakan servis atau perbaikan supaya kerusakannya enggak semakin parah.

Penyebab Suara Mengetuk atau Mengklik Bar Pada AC Mobil

Saat AC mobil terus-menerus mengeluarkan bunyi ketukan atau klik, kamu perlu memeriksa sistem untuk baut atau komponen yang kendor. Jika menjalankan mesin dan membuka kap mesin, kamu mungkin dapat melihat dari mana suara itu berasal.

Berdiri saja dan awasi area yang tampaknya bergetar, karena itu berarti ada sesuatu yang longgar. Solusi termudah untuk ini adalah dengan mengencangkan baut atau komponen yang kendor, yang dapat dilakukan sendiri.

Kamu juga dapat bekerja lebih keras dan menggunakan senyawa pengunci ulir untuk menjaga baut tetap di tempatnya lebih lama. Ini mungkin suara AC mobil buruk yang paling mudah untuk ditangani!

Penyebab Suara AC Mobil Berdengung

Jika AC mobil mengeluarkan suara mendengung saat menggunakannya, kamu mungkin ingin memeriksa kompresornya. Suara mendengung adalah salah satu tanda paling umum dari kompresor AC mobil yang rusak. Biasanya, itu berarti sistem kelebihan muatan dengan refrigeran.

Ketika ada terlalu banyak cairan refrigeran dalam sistem, itu akan memasuki port intake kompresor dan menyebabkan getaran. Itu tidak bagus sama sekali karena dapat membahayakan umur kompresor. Kompresor mahal untuk diganti, jadi itu adalah sesuatu yang harus kamu jaga.

Segera setelah kamu mendengar AC mobil mengeluarkan suara ini, periksa apakah ada kelebihan zat pendingin sehingga kamu dapat mengeluarkannya. kamu ingin melakukan ini secepatnya. Jika tidak, AC tidak akan dingin dengan baik dan komponen akan rusak.

Penyebab Suara AC Mobil berderak

Jika AC mobil mengeluarkan suara dan ada semacam suara berderak saat menyalakannya, bisa jadi karena hal yang berbeda. Untuk satu, itu bisa berarti kompresornya rusak. Bisa juga berarti sabuk serpentine atau katrol pemalas sudah aus. Untuk menentukannya, periksakan ke ahlinya. Selain itu, ada kemungkinan kopling kompresor aus.

Kopling kompresor perlu diganti lebih sering daripada yang kita inginkan dibandingkan dengan bagian lain dalam sistem AC. Jadi, jika mendengar suara berderak, pastikan untuk memeriksa sistem untuk melihat apakah ada yang salah. Lebih baik lagi, bawa ke profesional untuk mendiagnosisnya.

Jika kompresor AC yang bermasalah, kamu juga akan mendengar suara mendengung yang akan semakin kuat saat kamu berakselerasi. Derik dan dengungan sering kali berarti bahwa kompresor perlu diganti. Untuk memastikannya, dapatkan diagnosisnya oleh seorang profesional.

Penyebab Suara Mendesis Pada AC Mobil

Jika AC mobil mengeluarkan suara mendesis, itu lebih umum daripada yang di pikirkan. Jika mendengar suara ini saat mematikan kendaraan, itu karena pemerataan tekanan.

Itu terjadi ketika refrigeran bergerak dari sisi bertekanan tinggi ke sisi kompresor yang bertekanan rendah. Ini adalah suara yang benar-benar normal dan tidak berarti ada yang salah.

Namun, jika mendengar suara mendesis di waktu lain, kamu harus memeriksakan sistem AC ke ahlinya. Dengan cara ini, kamu akan tahu jika ada yang salah dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Untuk diingat untuk pemilik mobil yang mulai menikmati AC mobil tidak mampu menyejukkan udara dalam kabin sepantasnya mobil harus dibawa ke bengkel untuk dijalankan pengecekan menyeluruh.