Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Cara Mengatasi

Penyebab blower AC mobil mati terjadi karena beberapa hal. Artikel ini akan mengulas tentang cara mengatasi blower AC pada mobil tidak berfungsi, juga memberitahu penyebab umum yang menyebabkan matinya blower pada AC mobil.

Melakukan pemeliharaan mobil yaitu satu di antara hal yang kudu dilakukan bagi para pemilik kendaraan roda empat ini, supaya mobil senantiasa dalam kualifikasi yang prima. Dengan membuat perawatan yang baik dan benar, maka mobil bisa bekerja secara optimum, begitu pula pada bagian blower AC mobil.

Blower yaitu satu di antara komponen yang mempunyai fungsi sangat penting pada kendaraan. Manakala blower ini mendapati kerusakan, niscaya akan mengganggu performa AC mobil. Bahkan komponen lain pada mobil tersebut.

Kita tentunya sudah tahu bahwa suaca di Indonesia ini mengarah hangat tentunya membuat kita tiap-tiap individu mudah gerah tatkala di dalam mobil sehingga perlu menyalakan AC.

Hanya saja, pada saat AC mobil dinyalakan, blower AC malah mati alias tidak berfungsi. Ketika itu terjadi, sobat transkerja mesti tahu penyebab blower AC mobil mati dan cara mengatasinya, supaya bisa diperbaiki.

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Blower AC yakni bagian yang bermanfaat untuk menghembuskan udara dari evaporator ke kabin, alhasil mobil jadi terasa lebih sejuk. Angin yang keluar melalui lubang horizontal AC mobil berasal dari blower ini, maka bisa dijabarkan bahwa komponen blower AC mobil ini amat berguna juga dinilai sebagai yang paling utama. 

Sirkulasi udara juga menjadi tidak lancar bila blower AC mati, walhasil harus membuka jendela supaya ada angin yang masuk. Tentunya, enggak nyaman kalau udara di luar mobil juga panas, kan?

Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Cara Mengatasi

Manakala bila diamati, blower AC mobil kedapatan mati. Itu sebab ada komponennya yang rusak atau terputus. Umumnya, ada sejumlah penyebab blower AC mobil mati, dan semuanya berhubungan dengan kerusakan pada bagian yang mendukungnya.

Motor Blower

Motor ataupun mesin blower yang rusak ini mampu jadi penyebab blower AC mobil mati. Motor ini ialah dinamo yang perputaran bila memperoleh arus listrik. Bagian ini jua punya beberapa elemen yang menyokong pergerakannya, kayak kumparan, magnet, serta carbon brush.

Nah, dua dari tiga komponen di atas, ialah kumparan juga carbon brush sesekali waktu mengalami kerusakan, yang berarti motor blower AC pun mati. Bilamana sudah rusak, motor blower umumnya diganti secara keseluruhan.

Relay Blower

Komponen blower AC lainnya yakni relay, yang tugasnya adalah untuk memisahkan pendayagunaan arus listrik yang memakai daya besar dengan yang berdaya kecil. Arus listrik ini mengalir dari mesin blower ke saklar AC.

Relay ini dipasang supaya blower gak mengalami overworked, sampai-sampai rusak karena harus menyalurkan arus listrik yang jumlahnya besar. Sekiranya penyebab blower AC mobil mati karena relay blower rusak, arus listrik pun enggak bisa mengalir dari aki ke mesin blower, alhasil blower pun mati serta tidak dapat dioperasikan.

Resistor Blower

Resistor ialah susunan tahanan listrik yang diatur besar-kecilnya alhasil mempengaruhi kecepatan putaran blower. Bilamana resistor putus, tak ada arus listrik yang mengalir ke blower, walhasil jadi penyebab blower AC mobil mati.

Ketika listrik mengalir melewati tahanan (resistor) yang besar, mesin blower bakal berputar dengan pelan. Begitu pula sebaliknya, mesin blower akan berputar lebih cepat bila melewati tahanan listrik yang lebih kecil.

Sekring Blower

Kamu mesti tahu kalau AC mobil bisa menyala karena energi listrik yang dialirkan oleh aki juga dinamo. Bila sekring blower rusak, berarti ada kabel yang terputus alhasil listrik enggak bisa mengalir.

Sama semacam fungsi sekring pada rumah, sekring pada AC mobil berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Jadi, sekring blower yang putus menerangkan adanya korsleting ketika menyalakan AC.

Jika penyebab blower AC mobil mati terjadi karena komponen ini, lebih baik mobil dibawa ke bengkel supaya diperbaiki. Lagipula, perbaikan yang diadakan oleh teknisi yang sudah ahli akan meminimalisir konsekuensi terjadinya kerusakan, kayak kerusakan blower AC mobil yang semakin parah.

Saklar Blower

Komponen penyebab blower AC mobil mati yang terakhir yang jarang menghadapi kerusakan yaitu saklar blower. Saklar maupun switch ini umumnya berada di bagian console AC dengan ikon berbentuk kipas.

Saklar punya beberapa titik putar yang berperan untuk menambah atau mengurangi kecepatan kipas blower. Sekalipun jarang menghadapi kerusakan, senantiasa saja potensi ini dapat terjadi alhasil arus listrik pun enggak mengalir ke blower AC.

Cara Mengatasi Blower AC Mobil Mati

Cara mengatasi blower AC mobil mati biar kondisi kendaraan kembali dalam keadaan prima, pemilik wajib melangsungkan perawatan secara konstan. Namun, ada kebiasaan kurang benar yang dilangsungkan oleh pemilik mobil hingga bikin kendaraannya terkesan tidak terawat.

Kebanyakan pemeliharaan hanya dilantaskan pada mesin saja tanpa memperhatikan bagian AC. Padahal, AC juga yakni komponen terutama pada mobil.

Dengan enggak terawatnya AC, seiring berjalannya waktu akan mempengaruhi performa komponen lain. Salah satunya terkait blower AC mobil yang tiba-tiba enggak mau berputar. Masalah yang kerap kali terbentuk di bagian blower di antaranya kipas juga motor dinamo kotor.

Debu-debu ataupun kotoran yang melekat pada bagian dinamo serta kipas tersebut membawa dampak pada motor dinamo bekerja jadi lebih berat.

AC pun juga bakal mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Sekiranya hal ini terjadi, teman-teman perlu segera membawanya ke bengkel untuk diservis.

Namun sekiranya keadaan terlalu mendesak dan yang kotor yaitu bagian kipasnya, kamu dapat menyemprot bagian tersebut memakai angin bertekanan tinggi. Sesudah itu, cuci daun kipas sampai kotoran maupun debu yang berapit hilang.

Pasang kembali daun kipas kayak sedia kala juga coba hidupkan blower AC sobat transkerja.

Bilamana kenyataannya blower masih senantiasa saja tidak mau menyala, kerusakan berarti ada di bagian dalam dengan tingkatan yang lumayan serius. Dalam keadaan kayak itu, kamu mesti melakukan penggantian blower dengan yang baru.

Berbeda dengan mobil keluaran lama yang sekadar perlu mengganti bagian yang bermasalah saja, mobil keluaran terbaru wajib diganti secara keseluruhan atau satu set.

Pengertian Blower AC Mobil

Blower yakni satu di antara sistem pendingin yang ada dalam mobil dan berbentuk motor dinamo.

Sistem pendingin yang satu ini dilengkapi dengan daun kipas sepantasnya kipas angin. Fungsi pokok dari blower yaitu untuk mendatangkan udara dingin yang didapat dari evaporator.

Berkat adanya blower, temperatur dalam mobil bisa jadi lebih dingin. Teknik menggunakan blower tersebut pun amat mudah.

Sobat cuma tinggal memutar saklar AC yang terdapat pada komponen panel dashboard. Sesudah saklar menyala, hembusan angin dingin bakal terasa secara perlahan.

Saklar AC juga dilengkapi dengan tingkatan-tingkatan suhu. Jadi, teman-teman transkerja sanggup mengatur berapa tingkat temperatur dingin yang diinginkan.

Andaikan ada komponen kendaraan yang mendapati masalah semacam blower AC mobil rusak maupun yang lainnya dan memerlukan penggantian, segera bawa ke bengkel terdekat.  Servis berkala juga mampu dilakukan di bengkel. Di sana, semua akan dikerjakan oleh tenaga profesional.