Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Flek Hitam

Mengambil manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam, dapat dilakukan dengan sejumlah cara.

Metodenya oleskan gel aloe vera murni ke daerah yang mendapati hiperpigmentasi atau menghilangkan bintik hitam pada bagian muka sebelum tidur, selanjutnya bilas memakai air hangat besok paginya. Ulangi hingga keadaan kulit membaik.

Gel aloe vera mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami yang sudah terbukti mencerahkan kulit juga bekerja secara tokcer sebagai perawatan hiperpigmentasi tak beracun.

Lidah buaya juga termasuk bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Lidah buaya juga efektif membantu melembapkan dan mencerahkan wajah. Lidah buaya juga telah lama dikenal khasiatnya bagi perawatan rambut. Manfaat lidah buaya untuk wajah mulai populer. Salah satu manfaatnya adalah bisa hilangkan bintik-bintik atau flek hitam pada wajah. 

Lidah Buaya Untuk Flek Hitam pada Wajah

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi. Berbagai kandungan itu membuat lidah buaya bisa membantu mengobati luka bakar, jerawat, dan melembapkan kulit kering. Enzim di dalam lidah buaya membantu pengelupasan kulit secara alami, sehingga kulit tampak lebih halus. 

Punya masalah flek hitam pada wajah? Kamu bisa mengatasinya dengan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya pada wajah secara teratur, setidaknya dua kali dalam sehari, flek-flek dan bintik-bintik hitam akan perlahan memudar. Lalu, apakah cuma itu manfaat lidah buaya bagi wajah? Tentu tidak. 

Lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit wajah, selain menghilangkan flek hitam. Berikut beberapa di antaranya:

1. Melembapkan Kulit

Rutin mengoleskan gel atau daging lidah buaya bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembap.

Hal ini penting untuk mencegah kulit wajah menjadi kering dan memicu berbagai masalah, seperti terkelupas, bersisik, hingga tumbuhnya jerawat. Selain melembapkan, mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mencerahkan Kulit

Bagi orang Indonesia, memiliki kulit cerah adalah hal yang diidam-idamkan. Alih-alih coba berbagai produk berbahan kimia, mengapa tidak coba yang alami seperti lidah buaya? Enzim yang terkandung dalam lidah buaya dapat mencerahkan kulit, mengatasi kekusaman, dan melembutkan kulit yang kasar.

3. Meredakan Peradangan Jerawat

Mengoleskan lidah buaya bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah. Hal ini karena kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang terdapat dalam tumbuhan ini, berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat pada wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent, yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di kulit wajah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Gunakanlah masker lidah buaya secara rutin, untuk mendapatkan manfaat ini. Tentunya dengan diimbangi gaya hidup sehat.

Penyebab flek hitam pada wajah

Flek hitam pada wajah amat sulit dihilangkan, tapi ada juga yang memudar dengan sendirinya. Terdapat sejumlah penyebab bintik hitam di wajah, salah satunya yaitu paparan sinar uv yang paling umum.

Namun, flek hitam diakibatkan oleh sejumlah faktor selain paparan sinar uv. Pastinya untuk menangani hal tersebut butuh pemeliharaan yang efektif.

Hiperpigmentasi pengaruh paparan sinar ultraviolet

Penyebaab primer bintik hitam di wajah merupakan karena produksi melanin yang dikarenakan paparan sinar ultraviolet.  keadaan ini disebut juga Melasma, selain diakibatkan sinar uv, melisma juga diakibatkan kotoran yang menumpuk pada wajah yang membawa dampak produksi melanin berlebih.  Melasma tidak menyakitkan, tetapi dapat mengganggu tampilan pada wajah, malahan sulit untuk diobati.

Dikutip dari laman resmi health.harvard.edu, menurut American Academy of Dermatology resiko melisma juga lebih gadang buat yang mempunyai kulit lebih gelap, sebab secara alami mempunyai lebih dominan sel penghasil pigmen aktif. Melasma lebih lazim terjadi pada wanita tetapi tidak menutup kemungkinan juga terbentuk pada pria. 

Tanda Tanda Penuaan

Tidak semua orang mendapati tanda tanda penuaan, bergantung pada  pola hidup  seseorang. Tanda penuaan yang paling biasa selain garis halus yakni bitnik hitam di wajah. Kehilangan elastisitasnya bikin kulit rentan mengenai bitnik hitam. Bintik-bintik yang muncul karena penuaan dipahami sebagai lentigine.

Hormon

Ketika kadar hormon fluktuatif, satu di antara efek negatif yang paling biasa adalah perubahan pigmentasi yang disebut melasma. Kerap terlihat selama kehamilan, terapi hormonal ataupun bahkan perubahan kontrol kelahiran, hormon ekstra merangsang produksi melanin. Wanita hamil kerap menghadapi bercak hitam di hidung, pipi, garis rahang, dahi atau dagu, membikin pola yang disebut "topeng kehamilan" ataupun "chloasma". Jenis hiperpigmentasi ini lazimnya berlangsung hingga kehamilan berakhir maupun kadar hormon kembali seimbang.

Peradangan

Flek hitam kadang kala dapat berkembang sesudah peradangan ataupun cedera pada kulit, terutamanya untuk mereka yang menderita jerawat, eksim, reaksi alergi, atau kondisi kulit lainnya. Disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi, jenis perubahan warna ini yakni respons alami kulit berkenaan peradangan. Sesudah luka terjadi, kulit jadi meradang dan, tatkala sembuh, kulit secara alami mempersiapkan melanin berlebih yang bikin kulit jadi gelap.

Hiperpigmentasi risiko peradangan benar-benar umum berlangsung setelah berjerawat. Ketika kulit yang teriritasi sembuh dari jerawat, noda hitam tertinggal, mulai dari merah muda hingga merah, ungu, coklat atau hitam. Semakin parah peradangannya, semakin besar dan gelap bercaknya. Selain itu, ada alasan kenapa para ahli memperingatkan sahabat untuk mencegah memencet jerawat - memencet jerawat tersebut dapat meningkatkan kemungkinan munculnya bintik hitam.

Melanoma

Secara lazim flek hitam tak berbahaya untuk kesehatan. Tapi wajib diperhatikan, apakah flek hitam mendapati perubahan bentuk, tekstur ada baiknya waspadai hal tersebut. Mungkin saja sahabat menderita melanoma.

Melanoma yakni jenis kanker kulit yang ditandai dengan bercak hitam. Mulanya, melanoma berkembang dalam sel (melanosit) yang membentuk melanin, merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit. Kendati lebih sekali-sekali berkembang di kulit, kanker ini juga dapat terbentuk di mata maupun organ internal, kayak usus.

Tidak tahu penyebab niscaya dari melanoma. Dilansir dari Mayo Clinic, sejumlah besar kasus melanoma dikarenakan oleh paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar ultraviolet atau lampu tanning. Oleh karena itu, batasi paparan radiasi UV untuk menurunkan risiko melanoma. Mengenal tanda-tanda peringatan kanker kulit bisa membantu pengobatan kanker serta mencegah penyebarannya.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam

Beberapa produk pencerah kulit sanggup lebih berbahaya daripada baik. Berlimpah mengandung bahan yang bisa membahayakan kulit maupun kesehatan secara keseluruhan, semacam merkuri ataupun steroid. Menerapkan ini akan membuat jerawat, ruam, dan kulit rapuh seiring waktu.

Seandainya flek hitam mengganggu penampilan juga tidak mau melewati prosedur penyembuhan yang mahal. Pengobatan alami pasti dapat jadi alternative untuk mengobati flek hitam yang menggangu di wajah.

Gelap atau tidaknya warna kulit dikategorikan oleh beraneka ragamnya pigmen yang disebut melanin dalam kulit. Manakala terlalu melimpah melanin dalam tubuh, warna kulit bakal menjadi lebih gelap. Ada kalanya produksi melanin menanjak untuk menjaga kulit dari paparan sinar mentari juga peradangan, walhasil menimbulkan flek hitam di permukaan kulit.

Bintik hitam di wajah ini susah untuk dihilangkan. Gak jarang kita bingung macam apa metode menyirnakan flek hitam di bagian wajah yang membandel ini. Ditambah lagi, flek hitam di bagian muka terasa mengganggu penampilan, khususnya bagi kaum wanita.

Ada sebagian teknik membasmi noda hitam pada bagian wajah yang membandel. Baik alami ataupun dengan pemeliharaan ke klinik kecantikan. Mau tahu? Berikut teknik menghilangkan bercak hitam pada bagian muka yang membandel secara alami.

Cara membasmi bintik hitam di muka Secara Alami

1. Cara menyirnakan noda hitam di muka dengan madu

Madu yang mempunyai berjibun manfaat ini, nyatanya juga sanggup sebagai metode membasmi flek hitam pada muka yang membandel.

Caranya mudah:

  • Siapkan madu secukupnya
  • Jadikan masker pada wajah terutamanya pada bagian yang mempunyai flek hitam
  • Biarkan kurang lebih 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

2. Cara mengenyahkan flek hitam di muka dengan minyak zaitun

Minyak zaitun yaitu bahan alami yang memuat vitamin D, vitamin E, vitamin K, beta karoten, dan lemak tak jenuh. Maka gak heran minyak zaitun ampuh jadi teknik mengeliminasi bercak hitam di wajah yang membandel. Pakailah minyak zaitun malam hari menjelang tidur. Oles pada wajah, lalu biarkan sampai keesokan harinya. Bilas memakai air hangat.

3. Cara mengenyahkan bercak hitam pada bagian muka dengan peeling

Kamu juga dapat mengatasi noda hitam di area muka yang membandel dengan peeling. Peeling merupakan pengelupasan lapisan kulit mati pada wajah, terdiri flek hitam. Saat sel kulit bagian atas terkelupas, maka akan digantikan oleh lapisan sel kulit baru. 

4. Cara mengeliminasi bintik hitam di area wajah dengan bengkoang

Bengkoang punya sebuah reaksi kimia pachyrhizon dengan semacam pigment warna kulit, reaksi tersebut sanggup menyamarkan flek hitam pada permukaan kulit, baik wajah ataupun tubuh. Cukup hancurkan bengkoang, lalu jadikan masker selama 10 menit, bilas dengan air.

5. Cara menyirnakan bintik hitam pada muka dengan kentang

Kandungan alami zat tepung juga enzim di dalam kentang bertugas untuk menyusutkan pigmentasi pada kulit.

Teknik mengenyahkan flek hitam pada area muka secara alami dengan kentang:

  • Potong kentang tipis tipis
  • Letakkan potongan kentang di permukaan kulit yang ditemukan flek hitam
  • Diamkan 10 menit, lalu bilas.

6. Cara membasmi bercak hitam pada wajah dengan tomat

Mengandung lycopene yang betul-betul baik untuk menahan radikal bebas, mencerahkan warna kulit, serta juga dapat mengurangi bercak hitam di area wajah. Tomat dapat digunakan sebagai masker.

Cara membikinnya mudah:

  • Siapkan tomat yang sudah dicuci sebelumnya
  • Blender tomat sampai halus
  • Oleskan tomat yang udah halus pada wajah
  • Diamkan 10-15 menit, lalu bilas.

7. Cara menyirnakan flek hitam pada bagian muka dengan mentimun

Meskipun harganya yang murah, mentimun mendapati efek yang berpuaka sebagai metode menyirnakan flek hitam di muka pengaruh KB.

Caranya sebagai berikut:

  • Parut timun yang sudah dicuci
  • Tempelkan timun pada wajah terutamanya bagian flek hitam
  • Biarkan 30 menit, lalu bilas.

8. Cara mengeliminasi flek hitam pada muka dengan lemon

Sejak dulu buah lemon sememangnya dipercaya dan terbukti ampuh untuk meniadakan bercak hitam di area muka baik flek hitam efek jerawat, paparan sinar ultraviolet maupun karena pemakaian KB.

Berikut yaitu cara yang mampu dilakukan:

  • Ambil lemon dan potong menjadi beberapa bagian
  • Oleskan pada wajah bersih
  • Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

9. Cara meredakan bintik hitam di bagian wajah dengan teh

Saat bikin teh di malam hari, biarkan rendaman tersebut berada selalu di sana hingga esok paginya. Karena teh juga dapat menjadi masker alami untuk memudarkan bercak hitam di muka hasil KB.

Cara bikinnya:

  • Siapkan rendaman teh semalam
  • Usap air hasil rendaman ke bagian flek hitam
  • Biarkan kering dengan sendirinya
  • Basuh dengan air hangat.

10. Cara menyirnakan noda hitam pada wajah dengan Putih Telur

Selain mampu menghilangkangkan bekas jerawat, putih telur juga mampu menghilangkan bercak hitam di muka. Penggunaannya sanggup dengan dijadikan masker. Semisal dirasa terlalu amis, sanggup juga ditambahkan dengan madu atau jeruk nipis.

11. Cara membasmi bercak hitam pada area wajah dengan Oatmeal

Kandungan sapoin yang ditemukan dalam oatmeal bertugas membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat.

Teknik meredakan noda hitam pada area wajah secara ampuh serta mudah dengan oatmeal:

  • Haluskan oatmeal
  • Campur dengan jus lemon ataupun madu
  • Oleskan pada wajah
  • Diamkan sampai kering, lalu bilas.

12. Cara meredakan bintik hitam di wajah dengan Baking Soda

Baking soda yang biasa didayagunakan untuk bahan bikin kue, nyatanya juga dapat digunakan jadi teknik meredakan bintik hitam di muka secara ampuh dan mudah.

Cara membikin masker dari baking soda:

  • Campur baking soda dengan sedikit air sampai menjadi pasta
  • Oleskan pada wajah
  • Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel

Ada bermacam-macam cara menghilangkan flek hitam membandel yang dapat dipraktikkan sendiri di rumah. Flek hitam membandel umumnya muncul karena penuaan, jerawat menahun, makeup, hormon, sinar mentari, juga kulit yang kekurangan nutrisi.

Kumpulan cara membasmi flek hitam membandel ini menggantungkan bahan alami juga pelbagai macam prosedur medis yang aman. Bahan alami yang didayagunakan terdiri dari tanaman herbal, rempah, bumbu dapur, dan masih berlimpah lagi. Beberapa saat prosedur medis yang disarankan berupa terapi laser, cairan nitrogen, pemakaian alfahidroksi, tabir surya, juga lain sebagainya.

Secara alami, flek membandel bakal hilang seiring dengan metode mengenyahkan flek hitam yang bisa mengontrol pigmentasi kulit dengan baik. Pigmentasi kulit ini sanggup dikontrol dengan menekan produksi melanin. Hormon melanin yakni pigmen alami yang dapat menetapkan warna kulit seseorang.

Berikut teknik mengenyahkan flek hitam membandel dari beragam sumber.

Cara menyirnakan Flek Hitam Membandel

Aloe vera

Gel dari aloe vera punya kandungan polisakarida. Polisakarida ini yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Begitu juga bisa menyamarkan flek hitam membandel. Bahan alami ini pula benar-benar aman digunakan.

Cara menerapkan:

1. Cuci bersih aloe vera.

2. Berikutnya potong bagian sisi lidah dan ambil gelnya.

3. Lalu oleskan gel tersebut ke wajah yang kedapatan bintik hitam.

4. Diamkan selama 20 menit, selanjutnya bilas dengan air bersih.

Pepaya

Pepaya mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Selain dari itu pepaya juga menopang membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melihara kulit dari kerusakan konsekuensi terpapar sinar ultraviolet. Maka dari itu pepaya sungguh-sungguh cocok sebagai metode menghilangkan flek hitam membandel di wajah.

Cara menerapkan:

1. Haluskan pepaya

2. Berikutnya oleskan pada wajah yang termuat flek hitam

3. Diamkan selama 20 menit.

4. Lalu basuh muka dengan air bersih.

Oatmeal

Oatmeal enggak melulu lezat dikonsumsi. Oatmeal juga tepat digunakan untuk meredakan flek hitam membandel. Kandungan sapoin yang termuat dalam oatmeal berperan membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat.

Cara menerapkan:

1. Haluskan oatmeal

2. Campur dengan jus lemon maupun madu

3. Oleskan pada wajah

4. Diamkan sampai kering, lalu bilas.

Madu

Siapa yang tidak tahu apabila madu adalah bahan alami yang begitu tersohor di dunia kecantikan. Madu ini dapat kawan-kawan transkerja manfaatkan untuk meredakan flek hitam membandel.

Cara menerapkan:

1. Pakai madu sebagai masker wajah.

2. Diamkan selama 20 menit.

3. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

4. Manfaatkan secara teratur untuk perolehan yang maksimal.

Putih Telur

Putih telur dapat didayagunakan untuk meniadakan flek hitam membandel. Diperoleh kandungan enzim lysozome di dalam putih telur. Kandungan ini dapat mengangkat debu serta sel-sel kulit mati. Menjadi memang ampuh dipakai untuk meniadakan flek hitam bekas jerawat.

Cara menerapkan:

1. Siapkan telur.

2. Pisahkan putih dengan kuningnya.

3. Kocok putih telur hingga mengembang.

4. Oleskan pada bagian berjerawat juga bekasnya.

5. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Kunyit

Kunyit ialah satu di antara bahan alami yang cukup ampuh mengilangkan flek hitam membandel. Kunyit sendiri sungguh-sungguh cukup prominen di dunia kecantikan, karena dapat menangani kerusakan kulit risiko radikal bebas serta mengurangi pigmentasi kulit. Sampai-sampai kunyit dipahami sangat cepat dalam meniadakan flek hitam.

Cara menerapkan:

1. Ambil dua sendok kunyit bubuk.

2. Tambahkan sedikit susu juga perasan air jeruk.

3. Aduk hingga merata.

4. Selepas itu oleskan pada wajah yang termuat flek hitam.

5. Diamkan sejumlah menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Senyawa inilah yang diklaim mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam membandel. Perannya betul-betul baik untuk membawa sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Cara menerapkan:

1. Siapkan 2-3 jeruk nipis.

2. Belah menjadi 2 bagian.

3. Peras dengan saringan.

4. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah.

5. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Teh

Teh bisa diperlukan untuk meredakan flek hitam membandel. Terdiri untuk flek hitam bekas jerawat. Situasi ini dikarenakan karena sifat teh yang sanggup menenangkan kulit wajah.

Cara menerapkan:

1. Biarkan sisa rendaman teh bertahan semalaman.

2. Lalu usapkan air hasil rendaman teh ke tempat yang melimpah memiliki flek hitam dan bekas jerawat.

3. Diamkan sampai kering.

4. Berikutnya bilas dengan air hangat.

Soda Kue

Kemunculan flek hitam membandel mampu diakibatkan oleh bekas jerawat. Nah untuk meredakan bekas jerawat ini bukan hal mudah. Salah satunya kawan-kawan sanggup menggunakan soda kue untuk menghilangkannya. Carannya cukup mudah.

Cara menerapkan:

1. Campurkan soda kue dengan sedikit air.

2. Aduk hingga jadi pasta masker.

3. Lalu oleskan pada wajah yang termuat flek hitam.

4. Diamkan sejumlah saat.

5. Seterusnya bilas dengan air hangat.

Mentimun

Meskipun harganya yang murah, mentimun punya manfaat untuk meniadakan flek hitam membandel dalam waktu singkat. Khasiat ini berasal dari sifat mentimun yang dapat meringankan mengangkat sel kulit mati. Mentimun juga dapat mendinginakan sekaligus melembapkan kulit.

Cara menerapkan:

1. Parut timun yang udah dicuci.

2. Tempelkan timun pada wajah terutamanya bagian flek hitam.

3. Biarkan 30 menit, lalu bilas.

Lemon

Sejak dulu buah lemon benar-benar dipercaya serta terbukti ampuh untuk meredakan flek hitam membandel di wajah baik flek hitam efek jerawat atau paparan sinar uv.

Cara menerapkan:

1. Ambil lemon serta potong menjadi beberapa bagian.

2. Oleskan pada wajah bersih.

3. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Buttermilk

Buttermilk juga berguna untuk meniadakan flek hitam membandel bekas jerawat. Dapat membantu untuk memudarkan noda juga flek hitam tapi tidak memicu sensasi terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit kawan-kawan secara bertahap.

Cara menerapkan:

1. Ambil 4 sendok teh buttermilk.

2. Tambahkan 2 sendok teh jus tomat segar.

3. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata (kedua bahan ini mendapati sifat pemutihan yang amat baik), lalu oleskan pada wilayah wajah yang bermasalah.

4. Cuci bersih wajah sesudah mendiamkannya selama 15 menit.

Kentang

Cara meredakan flek hitam membandel secara alami dalam waktu singkat selepas itu yaitu dengan kentang. Kandungan zat tepung dan enzim di dalamnya bertugas untuk menyurutkan pigmentasi pada kulit.

Cara menerapkan:

1. Potong tipis-tipis kentang.

2. Seterusnya letakkan potongan tersebut dipermukaan kulit yang termuat flek hitam.

3. Diamkan sejumlah menit, seterusnya cuci muka dengan air bersih.

Bawang Merah

Bahan dapur satu ini juga bisa dikenakan untuk menanggulangi permasalahan kulit, terdiri menghilangkan flek hitam membandel. Cuma saja sewaktu menerapkan pada wajah perlu hati-hati. Efeknya akan perih dan jangan sampai masuk ke mata.

Cara menerapkan:

1. Metodenya haluskan terlebih dahulu bawang merah.

2. Berikutnya tambahkan satu sendok makan madu.

3. Lalu oleskan pada wajahmu.

4. Diamkan selama 20 menit.

5. Sehabis itu bilas hingga bersih.

Almond

Almond meringankan untuk mencerahkan kulit sahabat sekaligus meredakan flek hitam membandel dan bekas luka. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan juga lemak sehat, juga menopang untuk merawat kulit supaya tetap bersih dan mulus.

Cara menerapkan:

1. Ambil 8-10 biji almond, lalu rendam didalam susu, biarkan semalam.

2. Kupas kulitnya juga giling kacang almond keesokan harinya.

4. Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana serta ½ sendok teh madu didalamnya.

5. Campur semua bahan untuk buat pasta masker.

6. Oleskan pasta itu pada wajah kamu.

7. Biarkan selama sekitar 30 menit juga kemudian bersihkan.

8. Kenakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Kayu Cendana

Kayu cendana amat ampuh untuk meredakan bekas jerawat serta flek hitam membandel pada wajah. Kandungan minyak yang terlihat di kayu cendana sanggup membersihkan flek hitam secara keseluruhan. Tidak cuma itu saja, wajah teman-teman juga menjadi lebih berseri-seri.

Cara menerapkan:

1. Larutkan bubuk cendana.

2. Campurkan 1 sendok makan gliserin serta 3 sendok madu.

3. Lalu komposit tersebut diaduk rata.

4. Oleskan pada wajah yang ditemukan flek hitam.

5. Diamkan sejumlah menit.

6. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Tomat

Tomat menyimpan lycopene yang amat baik untuk menahan radikal bebas, mencerahkan warna kulit, dan juga bisa mengurangi flek hitam membandel di wajah. Tomat bisa digunakan sebagai masker.

Cara menerapkan:

1. Siapkan tomat yang udah dicuci sebelumnya

2. Blender tomat sampai halus

3. Oleskan tomat yang sudah halus pada wajah

4. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas.

Metode Mengenyahkan Flek Hitam Membandel Lainnya

Tabir Surya (Sunblock)

Agar kulit terlindungi dari paparan sinar mentari, dayagunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tatkala beraktivitas di luar ruangan.

Krim Pemutih

Mulai dayagunakan krim pemutih dengan kandungan hydroquinone. Kandungan ini dapat membantu menekan produksi melanin dan mencerahkan wilayah kulit yang gelap.

Krim Retinoid

Krim retinoid mempunyai kandungan senyawa vitamin A, kayak tretinoin topikal. Krim ini dapat membantu mencerahkan sekaligus menghandel flek hitam. Hasilnya akan semakin maksimal seumpama sudah didayagunakan rutin selama sebagian bulan. Tapi, obat ini cuma bisa diperoleh dengan resep dokter.

Terapi Laser

Terapi laser digelar dengan memancarkan sinar yang mempunyai gelombang serta intensitas tertentu pada flek hitam. Terapi Laser ini bisa mencerahkan serta mengurangi flek hitam lebih aman dan efektif. Risiko buruk dari terapi laser juga relatif rendah.

Cryosurgery

Cryosurgery yaitu prosedur meredakan flek hitam dengan cairan nitrogen bersuhu rendah. Hal ini dilakukan untuk membekukan serta menghancurkan sel kulit bermasalah, semacam flek hitam. Cukup aman serta waktu pemulihannya juga singkat. Kendati begitu, enggak semua jenis flek hitam dapat ditangani dengan cara ini.

Chemical Peeling

Chemical peeling umumnya dilakukan dengan cairan kimia, semacam asam alfahidroksi/trikoloasetat. Bahan ini bakal membantu membawa sel-sel kulit bermasalah serta mendorong regenerasi kulit. Walhasil flek hitam bakal segera tersamarkan.

 

Pengertian Flek Hitam

Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam pada wajah, lengan, bahu dan bagian tubuh lainnya. Flek hitam sendiri merupakan kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Masalah kulit ini paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Kondisi kulit tertentu atau efek samping dari obat juga bisa memicu timbulnya flek hitam.

Semua orang dengan segala usia bisa mendapatkan flek hitam, tetapi kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang yang berusia paruh baya. Selain itu, bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan, tapi masalah kulit ini sering kali sulit dihilangkan.