Memahami Alasan Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Dalam kebanyakan kasus, jika kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup, ada beberapa penyebab yang mempengaruhinya.

Penyejuk udara maupun air conditioner (AC) juga kudu dilakukan pemeliharaan secara teratur. Kerusakan pada AC mobil mampu dikarenakan oleh sebagian komponen.

Kompresor merupakan bagian integral dari sistem pendingin udara. Perannya adalah untuk membawa panas keluar sambil mengompresi cairan refrigeran. Refrigeran yang dipanaskan akan mengubahnya dari keadaan gas menjadi cair.

Suhu refrigeran harus selalu lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya. Panas masih berpindah dari daerah hangat ke dingin. Agar panas dapat dipindahkan secara efisien, kompresor perlu dirawat dengan baik.

Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Jika kompresor AC tidak menyala, penyebab paling umum sejauh ini adalah refrigeran AC rendah. Jika ada kebocoran, sekecil apa pun, pada akhirnya akan menyebabkan sistem AC tidak berfungsi.

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah sekring dan/atau relai putus. Pengardean yang rusak, kabel yang berjumbai, koil kopling rusak, dan sakelar sensor tekanan AC rusak juga bisa menjadi masalah meskipun kurang umum.

Memahami Alasan Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Refrigeran Sedikit

Ini adalah masalah paling umum mengapa AC tidak berfungsi. Refrigeran/freon AC dalam jumlah rendah akan dideteksi oleh sakelar sensor tekanan AC, menyebabkannya tidak menyala.

Sensor Rusak

Ketika mengklik tombol di konsol tengah untuk "dingin" tidak ada yang terjadi, itu bisa jadi karena sakelar kontrol suhu yang rusak. Sakelar ini mengubah sistem HVAC dari panas ke dingin. Jika sakelar tidak berfungsi, maka HVAC mobil akan macet di salah satu dari dua pengaturan.

Masalah Relay atau Sekering

Kapasitor dan relai adalah elektronik kecil yang dipasang di kabel di sekitar mobil. Tanpa masuk ke seluk-beluk listrik, fungsi komponen ini juga sangat penting. Jika relai atau kapasitor bermasalah, daya listrik tidak akan sampai ke kompresor dan membuatnya tidak akan berjalan.

Masalah Pengkabelan

Masalah kelistrikan yang dapat muncul adalah kabel yang tidak tepat. Ini tidak berarti bahwa produsen kompresor melewati beberapa kabel, itu berarti ada yang tidak beres di sepanjang jalan.

Jika kompresor tidak berfungsi, itu bisa berarti kabel internal tidak terpasang dengan benar. Jika kamu baru saja memasang kompresor sendiri, pastikan memasang kabel dengan benar.

Jika masalah ini pengkabelan terjadi secara acak, mungkin bisa disebabkan tikus. Mereka dikenal suka mengunyah kabel untuk menajamkan giginya.

Kopling Kompresor Tidak Berfungsi

Poros kompresor akan berputar ketika dihidupkan. Ada kopling kecil yang kemudian didorong ke poros dan bergerak. Setelah kopling diaktifkan, udara akan mulai mendingin. Jika kopling tidak aktif, maka kompresor hanya akan berputar bebas tanpa reaksi.

Plat Kopling Berkarat

Karat pada bagian tertentu dari pelat kopling tidak akan menyebabkan kompresor Anda rusak. Namun, karat pada lingkar luar kopling, bagaimanapun, bisa menjadi penyebabnya. Jika melihat karat, itu bisa menjadi indikator bahwa kompresor mati karena usia tua.

  1. Also read: Kompresor AC Mobil Penyebab Kerusakan dan Cara Mengatasi