Kompresor AC Mobil Berisik Apa Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Kompresor AC mobil berisik merupakan salah satu masalah yang kerap dilakoni oleh pemilik kendaraan. Bunyi berisik pada kompresor AC ini bakal hilang saat AC mobil dimatikan dan kompresor AC mobil berhenti bekerja.

Penyebab kompresor AC mobil bermasalah dapat jadi karena kompresor AC kurang oli atau piston yang aus.

Jadi, untuk mengetahui penyebab pastinya, kamu wajib melakukan pengecekan dan pemeriksaan komponen satu per satu.

Penyebab kompresor AC mobil berisik

Berikut ini keterangan lengkap terhadap penyebab kompresor AC mobil berisik juga cara mengatasinya.

Kompresor hilang kompresi

Kompresor AC mobil berisik menandakan kesanggupan kompresinya sudah hilang. Peranan kompresor di dalam AC ialah sebagai pemompa udara dari bagian freon ke kondensor. Sekiranya kinerjanya melemah, maka udara yang dipompa ke kondensor juga otomatis melemah.

Keadaan ini pun memicu suara berisik dari sistem pendinginan kabin kendaraan juga bahkan dapat saja membawa dampak AC enggak dingin sama sekali. Karenanya, bahwasanya timbul bunyi tak normal dan AC cuma mengeluarkan udara panas, lebih baik segera dibawa ke bengkel untuk perbaikan.

Magnetic clutch bermasalah

Magnetic clutch yaitu bagian bernilai dari komponen AC yang berperan sebagai penghubung antara mesin dengan kompresor. Bila bagian ini bermasalah, maka dapat dipastikan bahwasanya kinerja seluruh sistem AC gak bakal maksimal. Misalnya adalah kompresor AC mobil berisik, enggak terasa ada udara dingin, maupun keluar hawa panas. Kerusakan pada magnetic clutch udah jelas akan menghambat peranan kompresor mengingat bagian ini merupakan penghubung langsung dengan mesin mobil.

Gesekan

Bunyi berisik yang dikeluarkan oleh kompresor kemungkinan besar berasal dari gesekan antara dua komponen. Kemungkinan penyebabnya ada dua, merupakan piston kehabisan oli maupun mesin AC yang aus sebab usia penggunaannya sudah cukup lama. Akibatnya, mesin pun bekerja lebih berat dari biasanya. Apabila problemnya yakni oli, maka sanggup dilakukan penambahan maupun penggantian. Sedangkan untuk masalah mesin aus, maka sanggup diganti dengan komponen baru.

Kebocoran

Terkadang dilema kompresor AC kendaraan berisik penyebabnya bukan langsung dari komponen tersebut, melainkan bagian lain. Misalnya kebocoran pada saluran AC yang mengakibatkan freon lebih cepat terkuras habis dan olinya pun ikut cepat berkurang. Andaikata oli cepat habis, maka akan terjadi gesekan pada bagian piston. Gesekan inilah yang selanjutnya membawa dampak bunyi berisik dari sistem pendinginan kabin kendaraan.

Enggak presisi

Komponen mesin AC sememangnya bisa saja dipasang sendiri. Hanya saja, pemasangan komponen AC mobil enggak terpasang presisi atau kurang benar, bakal mengakibatkan kompresor mengeluarkan suara berisik.

Hal demikian diakibatkan oleh adanya komponen yang masih longgar. Bagian longgar itu bikin AC mobil bergetar, sehingga membangkitkan suara berisik. Oleh sebab itu, teman-teman selalu dianjurkan ke bengkel terdekat saja jikalau mau pasang komponen-komponen mobil.

Benda asing

Jangan sepelekan benda apa pun yang masuk ke bagian kabin mobil, terutamanya benda kecil kayak daun kering, pecahan benda asing, sisa-sisa makanan, ataupun bahkan kerikil kecil. Sebab, benda-benda tersebut dapat saja tanpa disadari masuk ke komponen AC walhasil menyebabkan kompresor berbunyi. Masuknya benda asing ke sistem AC udah pasti akan menghambat kinerjanya. Tak menutup kemungkinan benda ini bergesekan dengan bagian dari AC.

Kompresor AC mobil Berisik Apa Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Pada sebagian kasus, penyebab kompresor AC kendaraan berisik sungguh bisa diperbaiki. Hanya saja, bahwasanya sudah akut, rusaknya parah, ataupun bagian yang rusak bersifat krusial, maka perbaikan tak akan mengembalikan fungsinya. 

Lebih baik mengganti kompresor AC rusak dengan yang baru supaya kenyamanan berkendara kamu tidak terganggu dengan suara berisik. Pengecekan dan maintenance AC mobil dapat dilakukan di bengkel terdekat. Temukan bengkel terdekat dari daerahmu ya.

Apa itu Kompresor AC dan Apa Fungsinya?

Kompresor AC bertanggung jawab untuk memompa refrigeran ke seluruh sistem dan memulai proses pendinginan mobil. Tanpanya, sistem AC kendaraan tidak akan bekerja dan mungkin mengalami kekurangan udara dingin yang masuk melalui ventilasi kendaraan.

Kompresor memiliki dua port, suction inlet dan discharge outlet. Refrigeran masuk melalui saluran masuk dan dikompresi di bawah tekanan yang sangat tinggi sebelum keluar dari saluran keluar dan disalurkan ke kondensor dan sistem pada umumnya. Perjalanan refrigeran melalui kendaraan disebut siklus pendinginan, dan itu dimulai di kompresor.

Bagaimana cara mengetahui apakah Kompresor AC mobil rusak?

Gejala kompresor AC yang rusak termasuk kabin panas, kopling tidak bergerak, refrigeran bocor, dan suara berisik saat kompresor hidup.

Gejala-gejala ini dapat menunjukkan kompresor yang berhenti bekerja, meskipun dalam beberapa kasus, kamu mungkin hanya perlu menambahkan oli pada kompresor AC.

Bagaimana cara kerja Kompresor AC?

Kompresor AC ditenagai oleh sabuk penggerak yang terhubung ke poros engkol mesin. Sabuk terhubung ke puli kopling kompresor.

Sementara puli kopling berputar setiap kali mesin hidup, kompresor hanya aktif ketika AC (dan dalam beberapa kasus mencairkan es) sedang digunakan. Hal itu karena katrol kopling dihubungkan dengan kumparan yang dapat dimagnetisasi dengan arus listrik. Magnet menarik hub dan poros ke katrol, memungkinkan kopling untuk memutar kompresor.

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi kompresor memanaskan zat pendingin sebelum mendinginkannya. Peningkatan tekanan menyebabkan refrigeran menjadi sangat panas.

Karena refrigeran bertekanan, ia dapat mengembang, memungkinkan kompresor memompa refrigeran secara efektif ke saluran bertekanan tinggi yang mengalir ke kondensor. Pelepasan cepat ini akan memulai pendinginan gas, yang berlanjut di kipas kondensor di mana udara yang mengalir melintasi saluran membantu mendinginkannya lebih jauh lagi.

Gas akhirnya mencapai evaporator, di mana refrigeran menguap untuk menyerap panas dari udara kabin, dan memberi udara dingin pada ruangan kendaraan. Pada titik ini refrigeran dapat melakukan perjalanan ke saluran bertekanan rendah kembali ke kompresor, di mana siklus dimulai lagi. Siklus ini berjalan terus menerus saat AC dihidupkan untuk mendinginkan udara di kabin kendaraan.