Jasa Derek Mobil Jakarta Terdekat 24 Jam Dengan Biaya dan Jenis-Jenisnya

Jasa derek mobil jakarta terdekat adalah layanan kendaraan yang dikenakan untuk menderek mobil yang mogok atau menghadapi kecelakaan lalu-lintas walhasil tidak dapat untuk berjalan sendiri lagi ataupun terbalik. Jasa derek mobil dimanfaatkan untuk menderek kendaraan yang sedang mogok serta mengganggu kelancaran lalu lintas maupun untuk menderek kendaraan karena pelanggaran parkir.

Waspada Derek liar, Begini Cara Mendapatkan Layanan Derek Resmi di Jalan Tol

Di Jakarta ditemukan beroperasi mobil derek liar yang biasanya melakukan pemerasan mengenai kendaraan yang mogok secara khususnya di Jalan tol atau di tempat perkotaan lainnya, walaupun di Jalan Tol disediakan derek gratis yang disediakan oleh pengelola jalan tol, selalu saja ada pribadi-pribadi yang mempunyai mobil derek yang beroperasi secara liar yang meresahkan para pemakai jalan yang kendaraannya mogok.

Ketika mobil kamu mogok di tengah jalan tol dan tidak dapat diperbaiki, memakai jasa mobil derek terdekat untuk membawanya ke bengkel maupun bengkel rekanan asuransi ialah pilihan yang tepat.

Hanya saja, di tengah maraknya mobil derek liar yang beredar di jalan tol, gimana caranya supaya kawan-kawan transkerja tak terjerat di dalam perangkap tersebut? Simak tulisan berikut ini!

Tips Agar Tidak Terjerat Derek Liar

Untuk menghindarkan pengendera jalan tol dari derek liar yang kerap kali meresahkan, Jasa Marga menawarkan jasa derek mobil jakarta gratis yang beroperasi selama 24 jam. Kamu dapat menghubunginya di nomor 021-80880123 serta sebutkan di mana daerah sahabat. Nantinya, mobil derek dari tol terdekat dengan posisi kamu bakal menghampiri serta membantu sahabat transkerja.

Jasa Derek Mobil Jakarta Terdekat 24 Jam Dengan Biaya dan Jenis-Jenisnya

Ketahui tarif resmi dan mekanismenya

Setelah menelepon, tak ada salahnya andaikata teman-teman transkerja memeriksa tentang mekanisme derek gratis ini. Karena meski gratis, kamu selalu akan dikenai budget tambahan jadi kawan-kawan pun harus tahu macam apa tarif resmi yang berlaku.

Layanan derek akan gratis serta tanpa biaya, bila mobil yang mogok diderek sampai ke pintu tol terdekat. Tetapi, seumpama dilanjutkan hingga ke bengkel yang dituju, pasti ada cost yang perlu dibayarkan. Untuk kendaraan pribadi, tarif yang digunakan lazimnya sebesar Rp100 ribu juga perkilometernya sebesar Rp8000. Berarti bagi kamu untuk mengenal tarif resmi sehingga tidak dijebak oleh oknum-oknum nakal.

Pinggirkan mobil

Sekiranya memungkinkan, segeralah pinggirkan mobil kamu biar gak menghambat lalu lintas jalur bebas hambatan. Teman-teman transkerja sanggup menggunakan bahu jalan sebagai lokasi menunggu derek.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindarkan kemungkinan teman-teman dihampiri oleh derek liar juga memaksa sahabat transkerja untuk memakai jasanya. Sebab dari keahlian beberapa orang yang pernah memakai derek liar, oknum bakal memaksa pengguna dengan alasan kalau mereka menghalangi arus lalu lintas. Apabila kendaraan sahabat sudah di pinggir, gak ada jalan untuk mereka untuk memakai alasan tersebut.

Berani menolak ketika dipaksa

Tatkala menunggu mobil derek resmi sahabat transkerja dihampiri oleh oknum derek liar, beranikan diri untuk mengungkapkan bahwa teman-teman udah menghubungi pihak jasa Marga juga derek resmi sudah berada dalam perjalanan. Apabila mereka senantiasa memaksa, kamu dapat mengancam balik dengan menghubungi kantor polisi untuk menangani bisnis mereka.

Itu dia sejumlah hal yang sanggup kamu coba untuk menghindarkan diri dari jeratan derek liar. Satu hal yang pasti, sobat transkerja harus tetap tenang pada saat mendapati kenyataan bahwasanya mobil kawan-kawan mogok. Sikap tenang mampu membantu sahabat untuk berpikir positif serta melihat situasi dengan lebih jernih. Juga lagi, sewaktu mobil derek sudah tiba, pastikan kalau mobil tersebut resmi dari jasa Marga, ya.

Kendaraan derek resmi juga derek liar mempunyai ciri fisik yang berbeda. Hal ini mudah untuk membedakannya. Yang paling sederhana yaitu untuk jasa derek mobil Jakarta resmi Jasa Marga mempunyai identitas korporasi semacam warna, logo perusahaan hingga keterangan derek resmi serta nomor call center yang dibubuhkan dalam body kendaraan derek resmi.

Cara Memesan Jasa Mobil Derek dan Biayanya

Mobil derek merupakan mobil yang menyuguhkan jasa derek ataupun angkut khusus mobil. Umumnya jasa mobil derek terdekat ditawarkan oleh pemerintah lewat Dinas Perhubungan maupun Jasa Marga, atau pihak swasta untuk mengangkut kendaraan yang menghadapi kendala di jalan.

Mobil derek Dishub atau Dinas Perhubungan lazimnya untuk menarik mobil yang parkir sembarangan di bahu jalan. Selain derek kendaraan Dishub juga dibubuhkan kendaraan derek polisi juga dikenakan untuk menggerek parkir liar. Selanjutnya mobil Dishub juga dimanfaatkan untuk menarik mobil yang mendapati kecelakaan.

Sedangkan peran mobil derek Jasa Marga biasanya untuk menarik juga membantu kendaraan yang mendapati kecelakaan di jalan yang lebih gadang kayak jalan tol maupun jalan luar kota. Makanya kala melaju di jalan tol, kita lazim melihat derek kendaraan Jasa Marga menarik mobil pasca kecelakaan.

Lantas, peran mobil derek swasta lazimnya digunakan buat para produsen mobil ataupun bengkel mobil dan umumnya digunakan pada keadaan tertentu, misal mogok maupun kecelakaan.

Perbedaan mobil derek dengan towing

Mobil derek tol maupun non tol, beda dengan mobil towing. Derek kendaraan sanggup jadi penolong sewaktu mobil mogok di tengah jalan atau ketika darurat banjir semacam ini. Orang umumnya sering keliru membedakan mobil derek serta mobil towing.

Dilihat dari bentuknya, derek kendaraan umumnya menggunakan kendaraan jenis truk derek. Pembeda yang jelas, mesti bagian belakang derek kendaraan yang diisi dengan alat ruang untuk mengangkut atau menderek mobil.

Lebih rinci, derek kendaraan itu lazimnya hanya mengusung bagian depan ataupun belakang mobilnya saja. Makanya kadang kala kita lihat belakang kendaraan ada cantolan derek mobil. Sedangkan pada towing mobil, kendaraan dinaikan ke atas kendaraan truk.

Cantolan derek mobil itu efektif untuk membawa roda depan maupun belakang mobil. Hal demikian dilakukan karena mobil yang diderek sedang dalam situasi rem tangan yang aktif, alhasil bagian yang menjalankan proses pengereman bakal diangkat juga mobil berjalan dengan satu tumpuan.

Biasanya kendaraan truk derek dimanfaatkan oleh Dinas Perhubungan untuk menderek para mobil yang melanggar aturan tatkala parkir, ataupun pada korban kecelakaan di tol.

Sedangkan pada kendaraan towing, dibedakan lagi teknik mengangkut mobilnya. Pertama ada mobil towing gendong, yang memakai metode derek mobil dan mengangkut dibagian belakang.

Towing jenis ini yang umum digunakan untuk mengangkut kendaraan yang terendam banjir.

Lantas, satu lagi ada kendaraan towing hidrolik, pada towing hidrolik ini cara mengangkut mobil dengan diturunkan ke bagian paling rendah, setelah itu kendaraan dinaikkan di atas bak tersebut.

Harus diperhatikan juga bahwasanya harga derek kendaraan dikelaskan juga oleh kalangan mobilnya. Inilah sejumlah kelompoknya juga biaya derek mobil di sebagian tol.

1: Termasuk jenis mobil Sedan, Jip, Pick Up, Truk kecil dan Bus sedang.
2: Termasuk Bus besar, Bus besar, dan Truk sedang.
3: Termasuk Tronton, Trailer serta Truk dengan 3 gardan atau lebih.

1. Ruas Tol Jagorawi

Kelompok 1 Tarif Awal Rp 100.000 Tarif Per KM Rp 8.000
Kelompok 2 Tarif Awal Rp 135.000 Tarif Per KM Rp 10.000
Kelompok 3 Tarif Awal Rp 200.000 Tarif Per KM Rp 15.000

2. Ruas Tol Jakarta-Cikampek, JLJ dan Tangerang

Kelompok 1 Rp 100.000 Tarif Per KM Rp 8.000
Kelompok 2 Rp 135.000 Tarif Per KM Rp 10.000
Kelompok 3 Rp 200.000 Tarif Per KM Rp 15.000

3. Ruas Tol Purbaleunyi

Kelompok 1 Rp 145.000 Tarif Per KM Rp 10.000
Kelompok 2 Rp 180.000 Tarif Per KM Rp 12.500
Kelompok 3 Rp 200.000 Tarif Per KM Rp 20.000

4. Ruas Tol Batang-Semarang

Kelompok 1 Rp 100.000 Tarif Per KM Rp 8.000
Kelompok 2 Rp 135.000 Tarif Per KM Rp 10.000
Kelompok 3 Rp 200.000 Tarif Per KM Rp 15.000

5. Ruas Tol Surabaya Gempol

Kelompok 1 Rp 100.000 Tarif Per KM Rp 8.000
Kelompok 2 Rp 135.000 Tarif Per KM Rp 10.000
Kelompok 3 Rp 200.000 Tarif Per KM Rp 15.000

6. Ruas Tol Pandaan Malang

Kelompok 1 Rp 150.000 Tarif Per KM Rp 15.000
Kelompok 2 Rp 250.000 Tarif Per KM Rp 25.000
Kelompok 3 Rp 300.000 Tarif Per KM Rp 30.000

Penyedia jasa mobil derek 24 jam

Jika mobil kalian dalam masalah dan bingung harus melakukan apa. Maka berikut diberikan rekomendasi jasa derek kendaraan terdekat yang siap 24 jam. Tentu ini akan membantu kalian yang kapanpun mengalami masalah di jalan. Inilah beberapa rekomendasi mengenai jasa derek mobil Jakarta 24 jam lengkap beserta nomor telepon derek kendaraan.

1. Jasa Marga

Pertama sudah pasti Jasa Marga. Perusahaan ini sudah jelas menyediakan jasa derek mobil resmi pemerintah yang usahanya bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol. Jasa Marga memberikan jasa derek 24 jam untuk kendaraan yang mengalami masalah atau kendala di jalan tol.

Hubungi nomor resmi 14080 untuk mendapatkan bantuan jasa derek dari Jasa Marga. Jika petugas meminta biaya derek yang tidak wajar, maka segera laporkan ke Jasa Marga. Jangan ragu untuk menyebutkan nama petugas dan plat nomor kendaraannya.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu tak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

2. Master Derek

Selanjutnya adalah jasa derek swasta, bernama Master Derek. Penyedia jasa derek mobil Jakarta ini buka 24 jam dengan layanan tambahan selain derek yaitu juga towing. Master Derek dapat dihubungi melalui call center 081311265557 atau 085888855547.

3. Mobil Derek 88

Layanan jasa derek 24 jam berikutnya adalah Mobil Derek 88. Layanan ini menerima panggilan emergency selama 24 jam untuk derek towing maupun derek gantung. Mobil Derek 88 juga melayani pengiriman mobil antar kota maupun pengiriman mobil dalam jumlah banyak. Mobil Derek 88 dapat kalian hubungi di nomor 08119279888 atau 081290114788.

4. Bayongbong

Selanjutnya adalah derek mobil Jakarta Bayongbong yang merupakan jasa derek mobil 24 jam yang siap membantumu ketika mengalami masalah di jalan. Jasa derek ini sudah cukup terkenal di Jakarta dengan cakupan layanan Bekasi, Tangerang, Bogor, Karawang, hingga Surabaya. Sehingga Bayongbong menyediakan jasa mobil derek Surabaya hingga derek mobil Jakarta. Jasa derek ini kalian hubungi di nomor 081212399292 atau 087724244449.

5. Towing Jakarta

Berikutnya, layanan jasa derek mobil Jakarta sesuai dengan nama usahanya. Towing Jakarta menyediakan derek mobil 24 jam yang dapat dihubungi di nomor 0852 1177 9898. Meskipun bernama Jakarta, namun layanannya Towing Jakarta juga bisa jadi panggilan darurat area Jabodetabek serta Bandung. Towing Jakarta juga melayani jasa pengiriman mobil antar kota maupun antar provinsi.

6. Raja Derek

Selanjutnya adalah Raja Derek yang juga jadi rekomendasi layanan jasa derek 24 jam. Raja Derek merupakan layanan jasa derek dari Bandung yang juga melayani jasa derek mobil Jakarta dan sekitarnya. Raja derek dapat dihubungi melalui whatsapp di nomor 083829900000 atau melalui twitter dengan akun @rajaderek.

7. PRM Towing 19

Layanan jasa derek mobil 24 jam selanjutnya adalah PRM Towing 19. Perusahaan ini telah melayani berbagai jenis jasa derek selama lebih dari 10 tahun. Kalian dapat menghubungi layanan ini selama 24 jam di nomor 08997162632 atau 08128068216.

8. Aneka Kreasi Motor

Aneka Kreasi Motor juga melayani jasa derek selama 24 jam untuk berbagai keperluan. Mulai dari kondisi emergency atau darurat hingga pengiriman mobil keluar kota atau provinsi. Perusahaan ini juga menyediakan jasa towing untuk perorangan maupun ekspedisi. Untuk menghubungi Aneka Kreasi Motor, kamu dapat menelpon call center di nomor 087883623434 atau 081310723434.

Cara derek mobil yang benar

Menderek mobil tentunya tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, kendaraan berpotensi mengalami kerusakan jika derek dilakukan dengan tidak tepat. Berikut ini cara derek yang benar baik kendaraan manual maupun matic yang perlu kalian tahu.

1. Jangan salah angkat

Saat mau mengambil jasa derek kendaraan, sebaiknya perhatikan bagian mana yang diangkat. Pastikan selalu bahwa mobil diangkat dalam posisi yang tepat, jangan sampai salah angkat body mobil.

Jika mobil kalian menggunakan roda depan sebagai penggerak, maka bagian depan mobil yang harus diangkat. Begitu juga sebaliknya. Sehingga kalian harus menghindari pergerakan transmisi akibat perputaran roda.

2. Gunakan tumpuan

Selain itu, gunakan roda kecil sebagai tumpuan untuk roda penggerak. Dengan cara ini, roda penggerak tidak akan memutar transmisi dan proses penderekan pun bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

Selain itu kalian juga harus menghubungi pihak derek kendaraan atau pihak asuransi. Biasanya pihak asuransi akan membantu kalian menyediakan derek kendaraan terdekat dengan lokasi kejadian.

Untuk itu, penting rasanya memiliki asuransi mobil untuk mobil kesayangan kalian. Kerusakan di waktu yang tak terduga akan segera teratasi dengan asuransi mobil yang kalian ambil.

Pastikan kamu mengatur keuangan dengan baik agar gak boros dan sudah terproteksi dengan asuransi mobil supaya gak perlu pusing lagi memikirkan mahalnya biaya servis dan perbaikan karena ada asuransi yang menanggungnya. Kamu juga bisa dapat ganti rugi andai mobilmu hilang dicuri berkat asuransi mobil TLO.

Mobil derek adalah kendaraan yang menawarkan jasa derek atau angkut khusus mobil. Biasanya jasa derek kendaraan ditawarkan oleh pemerintah lewat Dinas Perhubungan atau Jasa Marga, maupun pihak swasta untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kendala di jalan.

Biaya, atau harga derek kendaraan yang tidak gratis sudah ditetapkan oleh Peraturan Daerah DKI Jakarta No.1 Tahun 2015. Misal, mobil penumpang dan mini bus dikenakan Rp 20.000 per 10 kilometer, Rp 35.000 untuk jarak 10 hingga 20 kilometer.

Sementara penggunaan untuk jarak lebih dari 20 kilometer akan ada biaya tambahan biaya setiap 5 kilometer berikutnya sebesar Rp 10.000.

Jangan lupa untuk selalu berikan perlindungan bagi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik.

Jasa Derek Mobil

Jasa derek mobil dibutuhkan ketika kendaraan mengalami kerusakan di tengah jalan, baik jalan umum maupun jalan tol di dalam dan luar kota. Bila kendaraan mogok di jalan tol, biasanya jasa mobil derek dilakukan Jasa Marga.

Sebelum memutuskan memakai jasa derek mobil, ketahui dulu berapa biaya yang dikenakan. Tentu kamu harus memahami biayanya agar tidak ditipu oknum petugas.

Meski begitu, tentunya jangan sampai memakai jasa derek mobil, ya! Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa selalu berkendara dengan baik dan pastikan kendaraanmu sudah terlindungi asuransi mobil terbaik.

Mari ketahui informasi tentang jasa derek mobil, dan berapa biaya untuk jasa tersebut!

Seperti apa itu jasa derek mobil?

Biasanya mobil derek digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil yang melanggar aturan parkir atau digunakan untuk menarik mobil korban kecelakaan.

Jasa derek mobil biasanya menggunakan kendaraan jenis truk. Di truk tersebut, biasanya sudah ada alat yang berfungsi menarik mobil. Mobil yang diderek akan diangkat bagian roda depan atau roda belakangnya saja.

Hal ini berguna juga untuk menderek mobil yang fungsi rem tangannya aktif.

Berapa biaya jasa derek mobil?

Masih banyak orang berpikir derek mobil tidak dikenakan biaya jasa alias gratis. Fasilitas derek gratis memang dapat dipakai pengendara yang mobilnya mogok atau mengalami kecelakaan di jalan bebas hambatan.

Pada kasus ini, kamu akan diantar sampai pintu tol terdekat. Kalau kamu ingin diantar sampai bengkel terdekat atau bengkel langganan, maka akan dikenakan biaya.

Rincian mengenai biaya derek jalan tol ini telah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan.

1. Mobil penumpang

Mobil penumpang seperti sedan, jeep, station wagon, mobil barang seperti pick up, mobil box, light truk dan sejenisnya serta mobil bus kecil yang meliputi mikrolet, APK dan sejenisnya.

Buat jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan.

Untuk jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp35.000 per kendaraan.

Buat jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp10.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya.

2. Mobil bus

Mobil bus seperti bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel dan mobil barang yang meliputi truk, kereta penarik, tempelan gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan kendaraan khusus.

Untuk jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp45.000 per kendaraan.

Buat jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp80.000 per kendaraan.

Untuk jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya.

Namun, buat yang punya mobil matic, jangan sembarangan dalam urusan menderek kendaraan. Pasalnya, menderek mobil matic gak sesederhana seperti mobil manual. Sehingga kalau salah menderek, bisa menyebabkan gangguan di komponen transmisi mobilmu.

Bila mobilmu memiliki penggerak di bagian roda belakang, jangan diderek dengan cara diangkat di bagian depan sehingga roda belakang yang berputar di jalan.

Jika hal ini terjadi, artinya roda penggerak malah memutar transmisi. Padahal, seharusnya mesinlah yang memutar transmisi untuk membuat roda bergerak.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari tagihan dari bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

3. Jasa mobil derek Jasa Marga

Kalau kendala dialami di jalan tol, maka kamu bisa memanggil jasa derek mobil Jasa Marga. Jasa Marga menyediakan jasa derek yang dinaungi oleh pemerintah dan beroperasi selama 24 jam.

Biaya derek mobil Jasa Marga ditentukan berdasarkan golongan kendaraan serta jarak derek. Berikut ini detail mengenai biaya derek mobil Jasa Marga di jalan tol.

Kendaraan golongan I, tarif awal Rp100 ribu dan Rp8 ribu per kilometer

Kendaraan selain golongan I, tarif awal Rp135 ribu dan tambahan Rp10 ribu untuk setiap kilometer

Nomor telepon mobil derek Jasa Marga ada pada nomor call center resmi 14080. Nantinya, jasa derek mobil Jasa Marga akan membawa mobilmu ke pintu tol terdekat untuk diantar ke bengkel terdekat.

Cara derek yang benar untuk mobil matic

Jadi apa yang harus dilakukan jika mobil matic-mu mogok di tol? Berikut ini ulasannya.

1. Jangan sampai salah angkat body mobil

Jika mobilmu berpenggerak roda depan, maka angkatlah bagian depan mobil. Usahakan sebisa mungkin agar transmisi gak bergerak karena putaran roda.

2. Gunakan tumpuan untuk roda penggerak

Ada baiknya juga menggunakan roda kecil sebagai tumpuan roda penggerak. Sehingga roda penggerak gak akan memutar transmisi, dan mobil pun bisa diderek dengan mudah.

3. Hubungi pihak dealer mobil

Daripada menderek kendaraanmu tahunya malah bermasalah, lebih baik hubungi pihak dealer yang memiliki teknisi ahli.

Dealer pastinya lebih paham gimana cara menderek mobil matic-mu. Atau mungkin mereka malah menyiapkan mobil towing, bukan mobil derek.

Gak bingung lagi kan kalau memang butuh mobil derek di tol? Kamu bisa hubungi jasa derek resmi dari pihak Jasa Marga di nomor yang aktif selama 24 jam, 14080.

Kalau dimintai biaya yang gak wajar, jangan sungkan untuk melapor ke Jasa Marga. Kamu bisa sebutkan nama petugas dan nomor polisi mobilnya.

Beda jasa derek mobil dan towing mobil

Jasa derek mobil dipakai saat pemilik kendaraan membutuhkannya di situasi darurat di tengah jalan.

Sementara jasa towing mobil dibutuhkan untuk berbagai bengkel, perusahaan rental mobil, expedisi, hingga mengangkut kendaraan roda empat maupun roda dua. Jasa towing juga digunakan untuk mengangkut kendaraan yang mengalami kecelakaan di jalan.

Derek mobil biasa dilakukan dengan menarik bagian depan atau belakang mobil dengan cara diangkat menggunakan rantai besi.

Derek jenis ini menjadi layanan standar pengelola jalan tol. Derek jenis ini kurang aman terhadap mobil yang diderek karena ada kemungkinan mobil terkena goresan atau benturan saat proses derek berlangsung.

Sedangkan bila memakai towing, maka mobil yang akan diangkut benar-benar dinaikkan ke atas truk. Nah, mobil towing ini terbagi dua jenis yakni towing gendong dan towing hidrolik.

Pada towing gendong, mobil akan diangkut seperti biasa di bagian belakang. Sementara itu, mobil towing jenis hidrolik sama seperti towing gendong. Perbedaan keduanya hanya terletak dari cara mengangkut mobil.

Bak angkut akan diturunkan ke bagian paling rendah, kemudian mobil dinaikkan tepat di atas bak tersebut. Mobil kemudian akan terangkat otomatis dengan memanfaatkan hidrolik.

Biasanya, towing hidrolik digunakan untuk mengangkut mobil premium yang memiliki ground clearance rendah agar bagian bawah mobil tidak tergesek dengan permukaan bak angkut.

Satu keunggulan dari sistem pengiriman car towing adalah dapat diberangkatkan sewaktu-waktu sesuai permintaan customer. Jadi, untuk pengiriman mobil yang sifatnya darurat, car towing adalah pilihan paling tepat.

Apakah Derek Di Jalan Tol Bayar?

Pengendara mobil tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi saat diperjalanan, terutama saat menempuh jarak yang jauh lewat jalan tol. Meskipun sudah melakukan persiapan yang matang, terkadang ada saja kejadian yang tidak terduga, seperti mogok.

Dengan begitu, pastinya dibutuhkan jasa derek. Jika masalah terjadi di dekat perumahan warga, maka bisa meminta bantuan orang sekitar. Tapi, jika itu terjadi di jalur bebas hambatan, mau tidak mau harus menggunakan jasa derek tersebut.

Lalu yang jadi pertanyaan, berapa sih biaya jasa derek di jalan tol? PT Jasa Marga sebenarnya telah memberikan fasilitas jasa derek untuk kendaraan yang mengalami masalah di tengah perjalanan.

Jasa derek resmi di ruas tol ini bisa dihubungi melalui call center 24 jam milik Jasa Marga.

Jasa derek resmi ini gratis, asalkan hanya sampai pintu tol terdekat. Contohnya, apabila mobil mogok di tengah-tengah ruas tol, maka jasa derek gratis akan membawa kendaraan hanya sampai pada pintu tol terdekat dari lokasi Anda berada.

Berbayar jika sampai ke bengkel

Pemilik kendaraan memang akan mendapatkan layanan derek gratis sampai dengan pintu tol terdekat. Namun, jika jasa tersebut digunakan untuk mengantar mobil sampai ke bengkel terdekat, maka ada tarif yang diberlakukan.

Tarif derek resmi dari PT Jasa Marga untuk kendaraan yang mogok atau kecelakaan di tengah ruas jalan tol hingga ke bengkel terdekat cukup beragam.

Biaya jasa derek disesuaikan dengan jarak tempuh dari tol sampai ke bengkel. Tarif pun disesuaikan dengan jenis kendaraannya.

Besaran biaya derek mobil di tol telah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No.1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan. Dalam peraturan tersebut, berikut tarif derek di jalan tol untuk sampai ke bengkel terdekat:

Biaya untuk mobil penumpang (jeep, sedan, SUV, MPV, station wagon), bus kecil (mikrolet, APK), dan mobil barang (pick up, mobil box, light truck) adalah:

Rp 20.000 per kendaraan untuk jarak sampai dengan 10 kilometer.

Rp 35.000 per kendaraan untuk jarak 10 sampai dengan 20 kilometer.

Penambahan Rp 10.000 per kendaraan untuk tiap 5 kilometer berikutnya setelah lebih dari 20 kilometer pertama.