Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Bahan Alami

Salah satu permasalahan kulit yang acap kali dialami perempuan ialah flek hitam. Untungnya, ada sejumlah cara menghilangkan flek hitam di wajah, baik dengan bantuan medis maupun secara alami. Meniadakan flek hitam secara alami pun amat mudah. Bahan-bahannya bisa ditemukan di sekitar.

Umumnya, flek hitam muncul apabila kulit berlebihan terpapar matahari. Hal ini karena sinar ultraviolet menambah produksi sel melanosit yang memproduksi pigmen melanin maupun pigmen pengatur warna kulit.

Dari seluruh bagian tubuh, wajah yakni bagian yang paling rawan mendapati flek hitam. Karena, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu. Pastinya sangat disayangkan ya. Bagaimanapun wajah merupakan ujung tombak penampilan seorang perempuan.

Tapi tidak wajib khawatir, ada cara menghilangkan flek hitam di wajah, baik dengan bantuan medis maupun secara alami. Meniadakan flek hitam secara alami pun amat mudah. Bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar.

Masker Jus Lemon Atau Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam bisa muncul karena banyak hal. Mulai dari efek sinar matahari, tanda penuaan, hingga bekas jerawat. Meski tidak berbahaya, cara menghilangkan flek hitam tetap perlu Anda coba supaya kesehatan dan kecantikan kulit selalu terjaga. 

Bukan lagi jadi rahasia bila lemon masuk dalam daftar bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. 

Lemon dan jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini terkenal memiliki banyak khasiat untuk wajah.

Ia mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menghilangkan flek hitam.

Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, buat jus lemon atau peras jeruk nipis. Kedua, ambil airnya dengan bantuan kapas dan kenakan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Ketiga, bilas dengan air bersih ketika sudah mengering.

Jika mau menggunakan jus lemon atau air jeruk nipis secara rutin selama dua minggu, dijamin flek hitam pada wajah akan menghilang.

Tapi perhatikan kondisi kulit ya. Jika memiliki kulit sensitif, maka berikan tambahan air agar jus lemon atau air jeruk nipis tidak terlalu asam.

Cara menghilangkan flek hitam ini bisa dilakukan secara mudah tanpa harus ke dokter atau klinik kecantikan.

Ada beragam produk kecantikan berbentuk krim yang bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Selain dengan krim kecantikan, cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dilakukan dengan cara mudah.

Dark spots atau flek hitam sering juga disebut dengan hiperpigmentasi. Flek hitam adalah kondisi dimana kulit wajah kita terdapat beberapa bintik-bintik hitam atau pun cokelat.

Flek hitam memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini sering dikeluhkan karena dapat mengganggu penampilan sehingga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Alasan utama munculnya flek hitam adalah karena kondisi peradangan yang merusak sel-sel kulit dan melepaskan pigmen ke tingkat kulit yang lebih dalam. 

Masker Kentang Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Kulit yang bersih dan glowing merupakan dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Meski sayangnya kulit paling rentan terhadap debu dan kotoran. Sehingga banyak orang mengeluhkan flek hitam, kulit kasar, komedo dan tidak sehat.

Penting untuk merawat kulit dengan baik dan menjaga kebersihannya. Termasuk wajib bagi para wanita untuk tahu cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi, demi tampil cantik serta terawat.

Cara menghilangkan flek hitam bisa melalui pengobatan rumahan dan perawatan medis. Meski kini sudah dah banya produk industri yang menawarkan cara menghilangkan flek hitam, tak jarang ada yang alergi dengan bahan kimia yang terkandung. Atau bahkan sejumlah orang mungkin tak bisa mendapatkan efek positif yang sama.

Kentang adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan perempuan Indonesia untuk memasak. Bahan ini sangat mudah ditemukan di pasar modern maupun pasar swalayan.

Ternyata, kentang tidak hanya bermanfaat sebagai makanan. Kandungan di dalam kentang terbukti mampu menghilangkan flek hitam. Ia juga bisa mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan membantu mencerahkan kulit.

Gunakan kentang sebagai masker agar Mama mendapatkan manfaat-manfaat ini. Cuci bersih kentang dan iris tipis-tipis. Lalu, letakan irisan kentang pada wajah. Biarkan selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat.

Masker Lidah Buaya Untuk Flek Hitam

Lidah buaya mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami yang telah terbukti mencerahkan kulit. Baik lidah buaya asli atau krimnya, dikenal menjadi cara menghilangkan flek hitam yang mujawab. Lidah buaya bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi nontoksik.

Penggunaan lidah buaya untuk merawat wajah tentunya sudah tidak asing bagi Mama. Tanaman ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Ia mampu melembabkan dan menghaluskan wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menangkal radikal bebas. Tidak heran banyak produsen kecantikan yang menjual lidah buaya di pasaran.

Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan dan nutrisi kulit. Ini membantu dalam menghilangkan flek hitam di hidung dang pipi. Lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh dan juga memiliki vitamin A, B, C, dan E di dalamnya. Bahkan berfungsi sebagai pelembab yang sangat baik dan karena itu dapat membuat kulit Anda halus dan lembut.

Jika mempunyai tanaman lidah buaya di rumah, ambil dan belah batang lidah buaya untuk mendapatkan dagingnya.

Oleskan daging tersebut di bagian wajah yang mengalami flek hitam. Pijat perlahan dan biarkan 15 hingga 20 menit. Setelah mengering, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini satu hingga dua kali sehari dalam beberapa minggu agar hasilnya maksimal ya!

Gel lidah buaya untuk Menghilangkan flek hitam

Lidah buaya adalah agen penyembuhan yang luar biasa, terutama jika menyangkut dengan kulit.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan tingkat melanin dalam sel, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui batasan dari efek ini.

Lidah buaya dilaporkan juga memiliki senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Untuk memanfaatkannya, gel lidah buaya dapat dioleskan secara langsung ke area wajah yang terdapat flek hitam.

Langkah ini bisa diulangi beberapa kali sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Ekstrak Teh Hijau Untuk Flek Hitam

Ekstrak teh hijau memiliki efek de-pigementing pada kulit. Penelitian yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health (NIH), menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi ketika dioleskan ke kulit. Anda dapat menggunakannya sebagai cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi.

Anda dapat membeli ekstrak teh hijau dan menerapkannya sesuai petunjuk. Sebagian orang mungkin menggunakan kantong teh hijau ke wajah untuk efek mencerahkan, meskipun belum banyak bukti untuk mendukung klaim ini.

Jika Anda ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Rendam kantong teh hijau dalam air panas selama tiga sampai lima menit.
  • Keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin, jangan biarkan membakar kulit.
  • Gosokkan kantong teh di bagian kulit yang memiliki flek hitam.
  • Ulangi dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Susu dan Buttermilk Untuk Flek Hitam

Cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi selanjutnya bisa menggunakan susu dan buttermilk. Keduanya termasuk bahan yang mudah didapat dan efektif untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat.

Buttermilk mengandung asam laktat dan enzim aktif, yang membantu memudarkan pigmentasi pada kulit dengan mudah.

  • Campur buttermilk dan tomat dengan perbandingan 6:2.
  • Lalu oleskan pada hidung menggunakan bola kapas.
  • Biarkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.
  • Ulangi langkah ini secara teratur untuk menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi dengan mudah.

Sementara untuk susu, yang telah terbukti secara efektif meringankan perubahan warna kulit. Karena kandungan asam laktat sebagai bahan yang bertanggung jawab untuk efek menghilangkan flek hitam. Langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Rendam bola kapas dalam susu.
  • Gosokkan pada bagian kulit yang gelap dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari sampai Anda melihat hasilnya.

 

cara menghilangkan flek hitam di wajah

Masker Kunyit Untuk Flek Hitam

Flek hitam yang acap kali mengganggu penampilan, juga bisa berasal dari gangguan pigmentasi. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit Anda menjadi gelap. Ini dapat memengaruhi bercak kulit dan bintik-bintik.

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gelap dan menimbulkan flek hitam. Ini lebih merupakan masalah kosmetik bagi kebanyakan orang. Area hiperpigmentasi ini terjadi akibat paparan sinar matahari atau, lebih umum, berkembang pada area kulit yang sebelumnya meradang.

Jika Mama mengira kunyit hanya bermanfaat sebagai rempah-rempah, Mama salah besar. Kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah.

Ia mampu mengusir jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kunyit juga memiliki kandungan anti-pigmentasi dan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu dan air lemon.

Perbandingan kunyit harus lebih banyak ya. Jika tidak, campuran akan terlalu cair untuk digunakan. Gunakan campuran sebagai masker dan biarkan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

4. Gunakan masker kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Kunyit juga berkhasiat sebagai zat antiperadangan. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kunyit cukup mudah.

Mulanya, campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air atau akan lebih maksimal jika dengan air perasan lemon.

  • Oleskan pasta kunyit ke area kulit wajah yang terdapat flek hitam dan biarkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat.
  • Untuk menunjang hasil, gunakan pelembap pilihan Anda setelah menggunakan masker kunyit tersebut.

Langkah ini dapat dilakukan dua kali sehari.

 

Masker Almond Untuk Flek Hitam

Jika Mama mempunyai kulit wajah yang kering, Mama bisa menggunakan almond untuk merawat wajah Mama. Pasalnya, almond adalah pelembab alami. Selain itu, almond juga mengandung vitamin E dan antioksidan. Ia mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka di wajah.

Tapi, Mama mungkin butuh sedikit waktu dan tenaga untuk menyiapkan masker almond. Sebelum diolah, kacang almond harus direndam dengan susu selama satu malam.

Setelahnya, kacang almond dikupas dan digiling lalu dicampurkan dengan bubuk cendana dan madu. Aduk hingga merata sampai masker almond berbentuk pasta dan siap digunakan.

Masker ini akan memberikan efek yang maksimal jika digunakan satu sampai dua minggu sekali. Berikan pijatan ringan agar Mama mendapatkan efek relaksasi.

Masker Pepaya Untuk Flek Hitam

Buah pepaya digemari oleh banyak orang karena dikenal mampu melancarkan pencernaan. Ternyata, kandungan di dalam buah pepaya juga mampu mencerahkan kulit wajah dan menghilangan flek hitam jika digunakan sebagai masker. Pasalnya, kandungan ini mampu mengelupas dan menyingkirkan sel kulit mati.

Masker pepaya pun sangat mudah dibuat. Mama hanya perlu mengambil daging buah pepaya yang sudah matang, lalu menghancurkannya hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan ini tiga hingga empat kali seminggu agar efeknya maksimal ya.

Pepaya dan Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan India.com sebagai penghilang flek hitam adalah pepaya dan jeruk nipis. Kandungan dalam bahan-bahan alami itu efektif menghilangkan sel kulit mati sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Caranya, parut sebuah pepaya hijau lalu tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Aduk rata dalam sebuah wadah kemudian gunakan pada wajah selama 15 menit. Selanjutnya, bersihkan sisa masker itu dengan air hangat. 

Pasta Pepaya Matang Untuk Menghilangkan Flek Hitam

Pepaya memiliki enzim dan unsur mineral yang merupakan bahan alami dalam menghilangkan flek hitam. Buah satu ini juga terkenal sebagai pencerah kulit alami yang mujarab. Simak cara menghilangkan flek hitam dengan pasta buah pepaya berikut ini:

  • Oleskan pasta pepaya matang pada kulit dan biarkan hingga kering.
  • Lalu diamkan selama 20 menit.
  • Ulangi metode ini setiap hari selama seminggu dan ini akan membantu membuat wajah kian bercahaya.

 

Masker Oatmeal Untuk Flek Hitam

Selain mampu menurunkan berat badan, oatmeal juga cocok dijadikan cara menghilangkan flek hitam, lo. Pertama, haluskan segelas oatmeal kemudian tambahkan 2 sdt air perasan lemon. Aduk rata sampai berbentuk pasta lalu aplikasikan ke wajah. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat. 

Oatmeal adalah menu sarapan yang digemari oleh mereka yang menjalani hidup sehat ataupun sedang diet. Selain sehat, makanan ini sangat mudah dibuat. Hanya perlu diseduh dengan air hangat hingga menjadi bubur.

Nyatanya, oatmeal juga sangat mudah diolah menjadi masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Oatmeal hanya perlu ditumbuk dan dicampur dengan air perasan lemon hingga menjadi pasta.

Selain menghilangkan flek hitam, masker oatmeal mampu melembutkan dan meremajakan kulit. Ia juga bisa digunakan apabila kulit Mama gosong akibat sinar matahari.

Itulah cara menghilangkan flek hitam secara alami. Terbukti tampil menarik tidak selalu berarti mahal ya, Ma. Yuk, praktekan cara di atas agar flek hitam menghilang dan penampilan Mama semakin maksimal!

Cuka Sari Apel Untuk Flek Hitam

Memiliki flek hitam di wajah bisa sangat menyebalkan. Meski tidak menyakitkan atau berbahaya, flek hitam di wajah tetap saja dapat mengganggu penampilan dan meruntuhkan rasa percaya diri.

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik.

Di pasaran sebenarnya tersedia banyak krim atau obat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mencerahkan dan mengurangi area gelap di wajah. Ada banyak juga perawatan flek hitam secara konvensional atau dengan bantuan medis yang bisa ditempuh.

Namun, jika ingin mencoba hal lain, Anda dapat mempraktikkan cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang relatif lebih aman, mudah, dan murah.

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang menurut penelitian mampu meringankan pigmentasi. Hal itu termasuk sebagai bahan yang efektif, cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi. Berikut cara mengaplikasikannya:

  • Campurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama dalam wadah.
  • Oleskan ke bagian kulit yang memiliki flek hitam.
  • Lalu biarkan selama dua hingga tiga menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Kopi Dengan Cepat

 

Masker Lemon dan Yogurt Untuk Flek Hitam

Sari lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi efektif yang menurunkan pembentukan melanin. Melanin adalah pigmen yang secara alami dapat memberi warna kulit manusia.

Cara menghilangkan flek hitam di hidung dan pipi selanjutnya yang bisa coba ialah dengan membuat masker wajah. Kita semua tahu bahwa lemon memiliki sejumlah manfaat baik untuk kulit.

Lemon dipercaya mampu menghilangkan flek hitam. Vitamin C dan asam sitrat yang ada dalam lemon menjadikannya zat pemutih yang sempurna yang dapat membantu mencerahkannya kembali.

Khasiat pemutih dari lemon dan sifat pembersih yogurt merupakan kombinasi yang bagus untuk cara menghilangkan flek hitam. Berikut ini langkah mudah membuat masker wajah dari lemon dan yogurt sebagai cara menghilangkan flek hitam:

  • Campurkan 1/2 cangkir yogurt tanpa rasa dengan 1 sendok teh air perasan lemon dalam mangkuk kecil.
  • Aduk merata sampai teksturnya menyerupai pasta.
  • Oleskan masker pada permukaan wajah yang sudah dicuci bersih.
  • Diamkan masker selama sekitar 15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan krim pelembab atau pemutih wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang Anda idamkan.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam sering muncul di wajah. Namun, flek hitam juga bisa terjadi di kulit lengan, dada, atau leher.

Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Flek hitam sering disebut freckles. Padahal, flek hitam hanyalah salah satu jenis freckles. Jenis lain dari freckles adalah lentigo. Salah satu jenis lentigo, yaitu solar lentigo yang sering muncul pada usia tua dan penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari.

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Selanjutnya, bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin, akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.