Cara Memperbaiki Rem Tangan Mobil yang Rusak

Macam mana cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak? Tersedia melimpah solusi dalam memperbaiki rem tangan  yang rusak pada mobil.

Tidak sedikit orang yang akan merasa panik saat rem tangan kendaraan macet tatkala akan digunakan. Malahan kadang rem tangan mobil tidak berfungsi.

Satu di antara tanda-tanda rem tangan yang rusak yakni ketika ditarik akan meninggi dari biasanya. Tandanya, kampas rem udah mulai habis.

Bahkan satu di antara cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak sanggup sobat langsungkan sendiri tanpa mesti pergi ke bengkel. Kepingin tahu? Yuk, kita kupas tuntas caranya di ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Rem Tangan Mobil Yang Rusak?

Berikut ini, cara untuk memperbaiki rem tangan kendaraan yang rusak, yaitu:

Cara Memperbaiki Rem Tangan Mobil yang Rusak

1. Melumasi Kabel Rem Tangan

Cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak yang pertama adalah dengan  melumasi bagian kabel-kabelnya. Kenakan oli maupun minyak untuk melumasi kabel rem tangan, selepas itu pindahkan posisi rem tangan secara bertahap supaya seluruh komponen dapat terlumasi secara merata.

2. Memakai Rem Pedal

Setelah menjalankan cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak diatas, akan tetapi rem tangan mobil masih tidak dapat digunakan, maka kawan-kawan transkerja bisa memanfaatkan rem pedal terlebih dahulu. Kendarailah kendaraan kawan-kawan dalam kecepatan sedang di dalam situasi kayak ini untuk meluputkan terjadinya kecelakaan.

Ada sejumlah cara lain dalam memperbaiki rem tangan mobil yang rusak maupun rem tangan kendaraan tidak berfungsi. Berikut di antaranya adalah:

3. Menyamakan tarikan rem

Cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak lainnya yaitu dengan memutar mekanik yang terlihat dari konsol box. Langkah-langkah yang kudu sobat laksanakan untuk memperbaiki rem tangan yang tak berfungsi adalah:

Periksa kampas rem roda belakang. Karena rem tangan berkaitan dengan rem mobil roda bagian belakang. Jika kondisinya masih baik, maka teman-teman mesti menyetel jarak tarik rem tangan dengan membuka konsol box yang terlihat pada bagian tengah

Perhatikan mekanik yang terdapat di konsol box, lalu putar dengan memakai baut nomor 10 ke arah kiri untuk meninggikan jarak rem tangan. Bila sobat mau membuat jarak rem tangan yang pendek, tinggal putar ke arah kanan. Banyaknya jumlah putaran ini mampu disesuaikan dengan posisi tuas rem yang teman-teman mau. Jika dengan jumlah yang sama

Artinya andaikan sahabat memutar ke kiri sebanyak tiga kali, maka sahabat transkerja juga perlu memutar ke kanan sebanyak tiga kali. Gak lebih serta tidak kurang

4. Memperbaiki kabel rem

Cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak selanjutnya yaitu dengan  memperbaiki kabel rem. Artinya sobat sanggup melonggarkan maupun mengetatkan kabel rem sinkron dengan keinginan pengguna.

Seperti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama-tama, cek keadaan kabel rem. Pastikan kedua segi roda tertarik oleh kabel rem

Andaikata gak tertarik, maka teman-teman transkerja mampu melepas kabelnya serta lumasi kabel tersebut dengan pelumas oli

Kemudian pastikan kabel rem bekerja dengan baik. Artinya, kawan-kawan kudu memastikan bahwasanya kabel tidak mengalami kemacetan. Metodenya adalah dengan mengatur kabel rem dengan pas

Sekiranya ada satu di antara kabel rem yang masih tidak bisa menarik rem, maka kawan-kawan transkerja sanggup memberikan ring untuk membikinnya pas

Namun, jika kabel rem terlalu ketat ataupun pas, sahabat transkerja dapat melonggarkannya sedikit. Keadaan ini bisa sahabat atur sesuai keinginan

Kemudian , teman-teman transkerja tinggal buat pengetesan pada rem tangan mobil kamu. Apakah mampu berfungsi kayak sebelumnya ataupun tidak

5. Memperbaiki rem tangan mobil yang rusak dengan obeng

Satu lagi cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak adalah dengan  menggunakan obeng. Lazimnya cara ini dibubuhkan ketika jarak rem tangan kendaraan ditarik terlalu tinggi. Artinya kampas rem sudah mulai habis. Nah, cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak ialah sebagai berikut:

Buka roda bagian belakang dengan mur roda

Berikutnya  akan terlihat apakah kampas rem masih ada ataupun sudah menipis. Selain dari itu sobat juga bakal melihat besi setelan rem tangan

Di bawah besi setelan rem tangan ada setelan lainnya yang mampu sobat putar. Manfaatkan obeng kecil minus (-) untuk memutarnya ke kiri.

Putaran ke kiri berujud untuk merenggangkan kampas rem. Sewaktu kampas rem merenggang, artinya kampas rem jadi lebih dekat dengan tromol

Hal yang perlu teman-teman perhatikan yakni ketika memutarnya kudu dengan jumlah yang sama. Seandainya teman-teman transkerja putar ke kiri sebanyak tiga kali, maka tunaikan perihal yang serupa pada saat memutar ke kanan

Untuk mengecek apakah putarannya udah pas, kawan-kawan sanggup merasakannya ketika tromol dipasang dan diputar. Kala tromol diputar haruslah lancar juga tidak boleh macet

Seandainya diputar lancar, artinya kampas rem terlalu dekat dengan tutup tromol serta akan jadi bahaya seumpama dibiarkan. Situasi ini dapat menimbulkan kampas rem cepat habis dan panas

6. Bawa Ke Bengkel Terdekat

Cara terakhir memperbaiki rem tangan mobil yang rusak yang mampu kamu langsungkan untuk memperbaiki rem tangan mobil yang rusak yaitu dengan  membawanya ke bengkel terdekat terdekat.

Rem tangan kendaraan yang rusak memerlukan perbaikan dari para teknisi ahli. Salah sedikit saja dalam mengerjakan bongkar pasang pada bagian rem tangan mobil bisa berdampak pada kerusakan yang lebih parah dan bukan enggak mungkin kamu wajib membeli bagian yang baru.

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Ada beraneka ragam penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi yang wajib teman-teman ketahui. Malahan rem tangan jadi bagian bernilai dari sistem kerja kendaraan yang wajib selalu dalam keadaan prima. Tak sampai ada kerusakan atau masalah yang timbul sewaktu kamu sedang berkendara. Mari memahami penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi di bawah ini.

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Total ada empat ciri-ciri rem tangan mobil tidak bisa berfungsi secara normal. Masing-masing dilema ini wajib sahabat ketahui sehingga seumpama muncul trouble di rem tangan, maka bisa mencoba mengenal permasalahan awalnya.

1. Rem Tangan Gak Bisa Dikembalikan Sesudah Ditarik

Penggunaan rem tangan mobil amatlah simpel. Kamu cuma harus menariknya ke bawah untuk melepaskan peran rem tangan. Buat peran sebaliknya, ialah menggunakan fungsi rem tangan, maka cuma perlu menariknya ke atas. 

Namun bagaimana jika tiba-tiba penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi dalam bentuk tak bisa dikembalikan sesudah ditarik? Maka itu keadaan sulit dari rem tangan yang bisa muncul. Hal ini memang akan membawa dampak pengendara jadi panik. Akan tetapi kawan-kawan wajib tetap tenang dalam menghadapi kendala yang satu ini.

2. Terlalu Kuat Menarik Rem Tangan

Sewaktu sahabat terlalu kuat menarik rem tangan secara terus menerus dalam setiap kesempatan pemakaian komponen ini, maka bakal membawa dampak penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi pada suatu hari. Situasi ini terjadi sebab tuas rem tangan dapat melebihi ambang batas gerigi di dalamnya. Itulah mengapa muncul persoalan ini.

Kamu betul-betul disarankan untuk menarik rem tangan dengan perlahan supaya penyebab kerusakan ini tak terjadi seiring berjalannya waktu. Lebih baik mencegah dari awal daripada menunggu komponen ini rusak, bukan?

3. Lupa Turunkan Rem Tangan

Dalam berkendara, niscaya ada saja hal-hal yang sobat transkerja lupakan. Terdiri lupa menurunkan rem tangan. Sudah jelas hal ini sangat dilarang. Saat rem tangan aktif tetapi mobil dipaksa bergerak maju sebab lupa turunkan rem tangan, maka dapat merusak performa komponen ini. Itulah kenapa bisa saja rem tangan mobil sahabat gak berfungsi. Jangan sampai teman-teman transkerja lupa turunkan rem tangan daripada timbul problem pada kendaraan kesayangan. 

4. Menarik Rem Tangan Tatkala Mobil Masih Berjalan

Pernah meninjau aksi pembalap yang menggarap atraksi drift dengan mobilnya? Untuk dapat melakukan atraksi itu, maka sang pembalap memacu mobilnya, lalu menarik rem tangan supaya ban terkunci dalam sejumlah detik. Tapi aksi ini sama sekali enggak dianjurkan untuk kamu yang mengendarai mobil dengan spesifikasi standar. 

Selain dapat merusak kualifikasi mobil, mencakup rem tangan rusak, niscaya saja sangat membahayakan keselamatan sobat transkerja. Maka dari itu, jangan pernah menarik rem tangan kala mobil masih berjalan

Melihat berbagai penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi dan betapa urgennya fungsi dari komponen ini, jangan sampai kamu melupakan kondisinya. Oleh karena itu, betul-betul diperlukan waktu untuk melancarkan service berkala. 

Seperti yang diketahui, udah ada ketentuan dari pabrik mobil terkait batasan waktu juga total jarak tempuh buat setiap kendaraan untuk mengerjakan service berkala.

Apa Saja Ciri-ciri Rem Tangan Bermasalah?

Penyebab prinsipil dari rem tangan mobil yang bermasalah yakni pemakaian yang terlalu lama walhasil setelan brake shoe terus menghadapi penurunan. Seandainya sudah demikian, maka hal yang kudu dilakukan  yakni dengan  menyetel rem tangan mobil itu kembali.

Cara Memperbaiki Rem Tangan Mobil Yang Macet

Mesin bermasalah enggak seberapa menyebalkan malahan bahaya pada saat rem tak berkerja sebagaimana mestinya. Rem bermanfaat untuk meredam kecepatan laju ataupun membuat kendaraan diam tatkala parkir. Rem melindungi keselamatan berkendara. Lantas, jika macet, bagaimana cara memperbaiki rem tangan mobil yang macet?

Ada sebagian cara memperbaiki rem tangan mobil yang macet. Seiring penggunaan, kadang bakal timbul sebagian permasalahan pada rem tangan.

Ada kalanya rem tersebut menghadapi gangguan semacam macet. Berikut ini ada sebagian tanda-tanda rem tangan mobil macet, di antaranya adalah:

1. Terlalu Kuat Menarik Tuas Rem Tangan

Terlalu kuat menarik tuas rem tangan melebihi ambang batas gerigi di dalamnya jadi penyebab pertama. Seumpama menariknya dengan perlahan, maka hal kayak ini enggak akan terjadi. 

2. Tuas Rem Tak Bisa Dikembalikan Sehabis Ditarik

Bila pengendara mobil tak paham mekanisme kerjanya, maka pasti bakal mengakibatkan panik barang siapa. Oleh karena itu wajib sekali mengenali penyebab dari rem tangan kendaraan yang macet tersebut.

3. Pendayagunaan Rrem Tangan dalam Jangka Waktu Lama

Menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama betul-betul tidak disarankan. Malahan jika tempat mobil parkir kedapatan genangan air maupun bisa juga banjir. Keadaan tersebut dapat berdampak karat yang akan lengket pada rem juga sulit untuk dilepaskan.

4. Gak Bisa Membedakan Rem Tangan Transmisi Manual ataupun Otomatis

Kendaraan roda empat semacam mobil mempunyai dua bentuk transmisi merupakan manual juga juga otomatis. Keduanya mempunyai cara memakai rem tangan yang berbeda-beda. Gejala rem tangan mobil macet tersebut sanggup disebabkan pengendara tidak dapat membedakan kedua transmisi tersebut, alhasil sering salah memanfaatkannya dan berakibat pada rem tangan yang tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Rem Tangan Macet

Apabila kita telah dapat mengindikasikan tanda-tanda rem tangan macet, upaya mengatasinya pun sanggup dilakukan.

1. Perlahan Menarik Rem Tangan

Bilamana penyebab pertama rem tangan kerap macet diakibatkan pengendara terlalu kuat dalam menarik rem tersebut, maka solusinya ke depannya pengoperasian harus dilakukan perlahan. Tak terlalu kuat dalam menarik rem tangan tersebut, walhasil rem tangan mobil tidak akan macet.

2. Mengembalikan Tuas Rem Tangan yang tak Bisa Ditarik

Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang enggak bisa ditarik  ialah dengan  menggunakan tenaga ekstra. Kita harus mengangkat tuas rem dengan benar-benar kuat dan cepat turunkan tuas rem tersebut. Dengan teknik ini pasti rem tangan bakal kembali normal kayak sedia kala.

3. Enggak Menggunakan Rem Tangan dalam Waktu yang Lama

Jika di kualifikasi atau medan tertentu kayak jalan yang tergenang air karena banjir, maka gak disarankan untuk memakai rem tangan dalam waktu yang lama. 

4. Mesti Memahami Rem Tangan Manual dan Otomatis

Mobil bertransmisi manual, memakai rem tangan yang memercayakan tuas untuk pengoperasiannya. Sedangkan pada transmisi otomatis sudah banyak memakai rem pedal yang pengopersiannya diinjak, begitu pula melepasnya.

Dampak Membiarkan Rem Tangan Mobil Lupa Dilepas

Semua kendaraan pasti dilengkapi dengan fitur keselamatan rem, salah satunya rem tangan. Rem tangan kendaraan berfungsi untuk merawat supaya kendaraan senantiasa diam di lingkungan ketika posisi parkir. Khususnya di tanjakan atau turunan.

Tak melulu itu, rem tangan kendaraan juga bertugas untuk rem pilihan di ketika darurat. Pada umumnya, rem tangan mobil bekerja untuk mengunci rem belakang. Seiring penggunaan, sanggup terjadi rem tangan kendaraan tidak berfungsi.

Namun ada hal yang kudu kawan-kawan perhatikan. Bila kawan-kawan transkerja sesekali waktu membawa mobil dengan kemahiran berlebih, keadaan ini dapat membawa dampak rem tangan cepat aus. Ditambah lagi sekarang ada sistem rem tangan elektrik.

Seandainya dilupakan dapat menimbulkan rem tangan mobil tidak berperan bahkan hingga rem tangan mobil macet. Dengan kata lain, rem tangan dapat menjadi rusak. Selanjutnya gak sedikit orang yang membiarkan rem tangan mobil lupa dilepas.

Kira-kira apa yang bakal terjadi sekiranya teman-teman membiarkan rem tangan mobil lupa dilepas? Pastinya hal ini bakal mengakibatkan berlimpah resiko, seperti:

1. Kualitas minyak rem menurun

Hal pertama yang akan terjadi seumpama kawan-kawan membiarkan rem tangan mobil lupa dilepas yakni penurunan minyak rem. Hal ini terjadi sebab rem tangan yang aktif akan menyebabkan gesekan antara cakram dengan kampas rem alhasil panas.

Jangan sampai cost perbaikan mobil kesayanganmu malah membebani pengeluaran sebab memang nyatanya budget pemeliharaan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk agar sobat tak wajib pusing lagi dengan tagihan bengkel karena teman-teman bakal terjamin dari anggaran perbaikan kerusakan ringan serta berat, sampai-sampai dapat ganti rugi atas kehilangan efek pencurian.

2. Kampas rem habis dan terbakar

Hal seterusnya yang bakal terjadi sewaktu rem tangan mobil lupa dilepas merupakan kampas rem mampu habis serta terbakar. Keadaan ini dikarenakan gesekan antara tromol juga disc brake ataupun rem cakram.
Kampas rem sanggup lepas

Ketika kawan-kawan memaksa kendaraan untuk selalu jalan padahal rem tangan kendaraan lupa dilepas, hal ini bakal sebabkan kampas rem terlepas dari tempatnya. Karena roda terus dipaksa untuk berputar.

Biasanya resiko rem tangan lupa dilepas yang satu ini terbentuk di mobil-mobil yang memakai rem tromol. Terus macam mana cara memperbaiki rem tangan mobil yang rusak?

Rem tangan mobil yaitu satu di antara fitur berarti dalam mobil. Maka dari itu, pengecekan teratur dan berkala wajib dilakukan untuk mengecek apakah rem tangan mobil tidak bertugas atau rem tangan mobil macet.