Suspensi Udara yang Bikin Suspensi Mobil Bisa Naik Turun

Suspensi mobil bisa naik turun - Satu di antara bagian kaki-kaki kendaraan adalah sistem suspensi. Peranan suspensi mobil ialah memaksimalkan gesekan antara ban juga permukaan jalan, menyodorkan stabilitas kemudi dengan handling yang baik juga menjamin ketenangan penumpang.

Bila jalan betul-betul datar, tanpa penyimpangan, suspensi tak diperlukan. Namun jalan jauh dari kata datar. Malahan jalan raya yang baru diaspal mempunyai ketidaksempurnaan yang mampu berinteraksi dengan roda mobil. Ketidaksempurnaan inilah yang menerapkan gaya pada roda.

Benjolan di jalan mengakibatkan roda bergerak fluktuatif di permukaan jalan. Besarnya, niscaya saja, bergantung pada apakah roda menubruk benjolan raksasa maupun titik kecil. Bagaimanapun juga, roda mobil mengalami percepatan vertikal ketika melebihi ketidaksempurnaan. 

Sistem suspensi yakni bagian ini kerap kali dilakukan modifikasi dengan mengganti bagian suspensi kayak penggunaan suspensi udara atau suspensi udara.

Sistem suspensi ini udah tidak memakai per lagi melainkan diganti dengan mengeksploitasi balon yang berisi tekanan angin.

Balon suspensi udara ini bertugas menggantikan per pada suspensi. Suspensi udara kini udah banyak dimanfaatkan pada mobil gak cuma untuk keperluan kontes modifikasi tapi sudah berjibun dipakai untuk harian.

Apa itu Sistem Suspensi Udara?

Sistem air suspension yakni satu di antara jenis suspensi kendaraan yang ditenagai oleh pompa listrik maupun kompresor. Kompresor menggembungkan kantong ke tekanan tertentu supaya berperilaku semacam pegas. Air suspension juga berbeda dengan suspensi hidropneumatik sebab menggunakan udara bertekanan bukan cairan bertekanan.

Apa Tujuan dari Sistem Suspensi Udara?

Dalam kebanyakan kasus, air suspension dikenakan untuk mencapai kualitas mengemudi yang mulus serta konstan, akan tetapi dalam sejumlah kasus, suspensi sport juga mendapati sistem suspensi udara. Demikian pula, air suspension menggantikan suspensi konvensional dalam aplikasi kendaraan yang lebih berat, semacam truk, traktor-trailer, bus penumpang, juga bahkan kereta penumpang.

Suspensi Udara sanggup bikin mobil naik-turun serta diatur ketinggiannya sesuai selera. Sanggup memendek hingga 6 - 8 cm juga pada kala mengembang mampu mencapai 30 cm. Suspensi arketipe ini mampu membuat kamu senantiasa nyaman memakai mobil ceper untuk sehari-hari. Tinggal kembangkan saja suspensinya seumpama ingin berkendara jauh maupun sekiranya melewati polisi tidur atau permukaan jalan yang jelek.

Suspensi Udara yang Bikin Suspensi Mobil Bisa Naik Turun

Harganya sememangnya cukup mahal
Harga suspensi udara 4 titik Universal semua mobil    Rp 21.000.000
Harga suspensi udara mobil    Rp 15.000.000
Harga suspensi udara 2 titik Universal semua mobil    Rp 18.000.000
Harga suspensi udara mobil 2 titik Rp 21.550.000
Harga suspensi udara mobil    Rp20.000.000

Paket basic pasang air suspension sanggup mencapai Rp 28 jutaan juga paket special mencapai Rp 75 jutaan.

[youtube v=dTrupjf-QFQ]

[youtube v=KdjjMQYCkbg]

Kata suspensi udara kendaraan tentu bukan hal baru buat pecinta otomotif. Soalnya, mereka yang gemar memodifikasi kendaraan kerap menggunakan air suspension mobil atau suspensi udara itu tadi.

Air suspension yaitu teknologi yang dipahami pada tahun 1920, berupa kantong udara yang sanggup mengatur tinggi sedikitnya ground clearance pada kendaraan dengan gaya ceper ataupun stance.

Nah, kantong udara ini lazimnya dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel sambil kendaraan selalu melaju.

Selain itu, air suspension kendaraan memiliki lima komponen sistem.

Bagian transenden ada kompresor udara, seterusnya tabung perbahanan yang gunanya mengarsip cadangan udara saat sistem bekerja.

Ketiga selang udara yang bertugas merapatkan tiga elemen yang sudah dialiri oleh udara bertekanan tinggi.

Lantas, kantong udara sebagai tulang punggung dalam mencegah beban kendaraan. Dan terakhir katup selenoid yang menjadi penghubung antara udara di tabung perbahanan dengan kantong udara.

Fungsi suspensi udara mobil

Selain bikin tampilan mobil jadi super keren, pemasangan suspensi udara juga memiliki fungsi lain yang enggak banyak dipahami lho.

Salah satu peranan suspensi udara merupakan soal ketenteraman dalam berkendara. Kok bisa?

Ya, suspensi udara terbukti bikin kendaraan lebih nyaman ditunggangi daripada dengan suspensi lazim atau yang memakai per.

Namun singkatnya, suspensi sendiri mempunyai fungsi meredam getaran tatkala mobil berjalan di atas permukaan yang tidak rata.

Meski mendapati fungsi yang enggak jauh beda dari suspensi jenis lain, pemasangan suspensi udara umumnya dipilih untuk menambah imej modifikasi semakin kece, prinsipilnya pada aliran stance.

Dengan air suspension, kenyamanan bukan cuma milik pengemudi tetapi juga penumpang. Hal itu lantaran mobil dengan suspensi udara mempunyai kemampuan auto leveling.

Perbedaan suspensi udara dengan jenis suspensi lain pun ada pada penerapan komponen sebagai peredam getaran tatkala kaki-kaki bergesekan dengan permukaan jalan.

Bilamana suspensi umum menggunakan per, suspensi udara memakai angin maupun udara.

Cara kerja suspensi udara mobil

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, suspensi udara maupun air suspension menggantikan per baja dengan bantalan udara yang mampu diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel.

Terdiri atas kompresor, tabung udara, beraneka ragam selang, terdiri suspensinya sendiri. Metode kerjanya pun cukup sederhana.

Saat mesin kendaraan hidup, maka kompresor udara akan menyuplai udara bertekanan didalam tabung ataupun kantong udara lewat katup solenoid.

Kemudian volume di dalam tabung udara akan berubah otomatis. Hal itu karena udara bersifat dikompresi, walhasil volume tabung udara pun berubah menjadi beban serta menyerap guncangan maupun meredam getaran pada mobil.

Teknologi ini berjibun digunakan sebab kemudahan pengaturannya.

Pengemudi enggak harus repot membuat bongkar pasang pada kaki-kaki mobil, karena pengatur ground clearance ataupun jarak ketinggian kendaraan mobil dengan jarak permukaan tanah dapat diatur otomatis dengan adanya air suspensi.

Nah, perbedaan paling materiil pada suspensi udara modern yaitu sistemnya yang sudah terkomputerisasi. Jadi, keakuratan serta kecanggihannya tak harus diragukan lagi.

Cara pasang suspensi udara mobil

Sebelum memahami cara pasang suspensi udara mobil, ingat dahulu jenisnya.

Secara umum, ada dua jenis suspensi udara di pasaran. Merupakan suspensi udara tipe silinder maupun strut serta suspensi udara tipe balon maupun bag.

Mudahnya, pada suspensi udara dengan jenis strut menampakkan peredam kejut serta per yang jadi satu.

Sementara pada jenis bag mengunjukkan peredam kejut dan tabung udara yang terpisah. Tetapi, untuk pemasangan air suspensi mobil seharusnya serahkan pada ahlinya, ya.

Namun, kawan-kawan juga mesti mengetahui apa saja sih yang mesti dipersiapkan sebelum memasang air suspensi pada mobil kesayanganmu.

Pasalnya sekalipun prinsip pokoknya tak jauh beda, proses instalasi dan konfigurasi untuk suspensi udara dapat bervariasi tergantung gaya kendaraan.

Pertama, sebelum memodifikasi sistem suspensi manual dengan hidrolik, perkirakan dahulu berat mobilmu untuk memilah kit suspension serta air bag yang akan dipakai.

Lantas, pasang air shock juga ukur dengan situasi tinggi dan rendah yang diinginkan.

Selanjutnya , tunaikan custom shock, sasis dan fender apabila diperlukan.

Selanjutnya, susun dan rangkai kit (air tank, solenoid, compressor) minus air shock. Enggak lupa tunaikan simulasi dalam situasi tidak tercantum menggunakan aki terpisah ya. Lantas, instalasi selang-selang sesuai dengan manual.

Terakhir, gabungkan kit dengan selang dan air shock pada posisi yang proporsional dalam mobil.