Rekomendasi Suspensi Mobil Paling Nyaman

Sistem suspensi menghubungkan struktur dasar mobil – sasis, ke roda kendaraan. Bagian ini memainkan fungsi penting sebagai komponen penting dari mobil.

Suspensi mempengaruhi tingkat kenyamanan dan juga mempengaruhi pengendalian dan kemampuan berkendara dari sebuah mobil.

Suspensi mobil jempolan menentukan kenyamanan berkendara. Kemudian, macam apa cara memilah dan merawatnya?  

Secara umum, mobil dapat melaju dengan stabil berkat peredam guncangan.

Kestabilan ini dibantu oleh suspensi kendaraan serta shockbreaker. Sebab itu, kendaraan menjadi lebih nyaman serta aman. 

Suspensi Mobil Apa Saja?

 

Rekomendasi Suspensi Mobil Paling Nyaman

Umumnya, ada tiga jenis suspensi, yaitu suspensi independen, dependen, serta semi-independen. 

Singkatnya, suspensi independen yakni sistem suspensi yang bikin roda kiri juga roda kanan tidak berada dalam satu garis kaku. Beberapa saat suspensi dependen sebaliknya. 

Karena jenis suspensi ini bikin roda kiri serta kanan berada dalam satu garis kaku. Sedangkan suspensi semi-independen adalah kombinasinya.  

Selain jenisnya secara umum, setidaknya ada 6 jenis suspensi mobil terunggul sesuai tipe kendaraan. Berikut pembahasannya.

1. Suspensi Macpherson

Suspensi jenis Macpherson terdiri jenis yang berlimpah digunakan dari kendaraan-kendaraan ringan. Misal kayak sedan, MPV, Hatchback, juga lain-lain. Suspensi Macpherson terdiri kategori suspensi independen.

Keunggulan suspensi ini ialah kemampuan meredam getaran cukup baik. Di samping itu, desainnya praktis dan enggak memakan tempat, alhasil banyak digunakan dari kendaraan-kendaraan ringan. 

Komponen suspensi Macpherson terdiri atas pegas coli maupun per melingkar, shock absorber mobil, serta lower arm sebagai penghubung.

2. Suspensi Double Wishbone

Berbeda dengan Macpherson,  Double Wishbone malah diterapkan di kendaraan crossover atau berukuran besar semacam Big SUV, double cabin, serta sebagainya. 

Termasuk genus suspensi independen, Double Wishbone bisa menjadi pilihan suspensi tertinggi dan satu di antara yang paling nyaman. 

Secara desain,  Double Wishbone lebih rumit dan kekar. Komponennya dibantu oleh dua lengan suspensi, yaitu lower arm serta upper arm, juga ball joint, long tie rod, dan end tier rod.

3. Suspensi Rigid

Jenis suspensi tertinggi satu ini jua sekali-sekali diterapkan dari kendaraan-kendaraan bermuatan besar, semacam bus dan truk. Kendaraan tersebut juga memakai suspensi Axle Rigid. Apa itu? Umumnya,  Rigid mencakup suspensi dependen, sebab roda kanan serta roda kiri berada dalam satu blok kaku. 

Kelebihannya merupakan tingkat ketahanan kendaraan saat mendapatkan beban besar. Sehingga, bodi kendaraan enggak mudah ambles. 

Komponen pendukung suspensi kendaraan terunggul ini ialah pegas daun, shock absorber mobil, rigid block (axle rigid), juga stabilizer bar.

4. Suspensi Multi-Link

Multi-Link adalah pengembangan dari suspensi Double Wishbone. Suspensi mobil terunggul memiliki konstruksi rumit, karena memiliki berjibun penghubung juga berporos pada dua sisi lengan suspensi. 

Tidak cuma itu, daya cengkramnya lebih kuat, pengendalian mobil lebih stabil. Tapi untuk kesedian suku cadangnya cukup jarang juga harganya masih tinggi.

5. Suspensi Torsion Beam

Berbeda dari jenis suspensi kendaraan lainnya, Torsion Beam mencakup pada kelompok suspensi semi-independen. 

Suspensi ini punya desain semacam suspensi Rigid akan tetapi dibentuk menyerupai huruf H. Kenapa demikian? 

Tujuannya supaya roda kiri dan roda kanan berayun lebih leluasa. Sehingga, mobil lebih nyaman dikendarai. Suspensi Torsion Beam dapat menjadi suspensi teratas untuk diterapkan. 

6. Air suspension (air suspension) 

Terakhir yakni air suspension (air suspension). Suspensi udara mencakup selaku satu di antara jenis suspensi kendaraan terbaik. 

Air suspension juga melimpah digunakan pada mobil-mobil mewah. Karena, air suspension bisa diatur memakai komputer. 

Daya konstruksinya rumit dibandingkan jenis suspensi lainnya. Biar begitu, suspensi udara dapat menjadi pilihan suspensi kendaraan teratas dan paling aman untuk dipakai.

Rekomendasi suspensi mobil yang paling nyaman

Setelah memahami jenis-jenis suspensi terbaik, saatnya sobat menetapkan suspensi paling nyaman. Ketahui tanda-tanda suspensi mobil paling nyaman sebagai berikut.

Karakteristik suspensi sesuai dengan tipe mobil yang dimiliki

Seperti yang sudah dijelaskan, sendiri-sendiri suspensi jempolan memiliki partikularitas dan komponen pendukung. 

Kamu harus memastikan kembali kalau suspensi yang diperlukan sesuai dengan tipe kendaraan. Andaikan memilah suspensi yang enggak sesuai dengan tipe mobil, bisa-bisa pengetahuan berkendaramu menjadi kurang maksimal.

Material suspensi yang empuk

Material pada suspensi juga wajib diperhatikan. Dari segi material, suspensi mampu berisi oli ataupun gas. 

Bedanya, suspensi berisi oli bakal lebih empuk juga nyaman. Berbeda dengan suspensi gas yang lebih keras akan tetapi stabil saat melebihi medan berat. 

Coba pertimbangkan hal tersebut, apakah teman-teman transkerja kepingin mencari suspensi kendaraan yang empuk atau lebih mengedepankan kestabilan.

Suspensi dengan keadaan masih baru

Pastikan untuk memeriksa ulang suspensi kendaraan paling nyaman alternatif kamu. Coba lihat, apakah suspensi masih tersegel dan baru. 

Hindari pembelian suspensi yang ditandai dengan titik bekas las, cetakan huruf ataupun stiker tak jelas terbaca, cat mulus kayak baru dilapisi.

Merk suspensi kendaraan dan harganya

Manakala ketika ini sahabat mempertimbangkan untuk membeli suspensi baru, ketahui dulu apa saja merk suspensi kendaraan jempolan beserta haranya. 

1. Clearmotion

Clearmotion mencakup menjadi satu di antara merek suspensi terbaik. Suspensi ini hadir dengan teknologi komputer canggih yang sanggup memantau keadaan jalan, meredam getaran dengan sistem elektromagnetik, juga meningkatkan performa. 

Merek suspensi ini udah dipamerkan di dalam unit BMW 5-series. Harganya sekitar Rp1,4 miliar.

2. Bilstein

Bilstein yaitu merek suspensi asal Jerman. Merek ini dipercaya mempunyai performa redam yang stabil dan mampu menangkal beban berat di jalan tak rata. Kisaran harganya mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp3,7 juta.

3. Kayaba

Merk suspensi kendaraan ini berasal dari Jepang. Suspensi ini mencakup terjangkau. Suku cadang buatan Kayaba ada untuk semua merek mobil, sampai-sampai untuk kendaraan beban berat. Kisaran harganya bermula dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

4. Tokico

Termasuk merek suspensi terbaik, Tokico yang buatan Jepang ini lebih stabil. Ditambah lagi, suku cadangnya ada untuk semua merek mobil dan bersahabat dengan kualifikasi jalan di Indonesia. Kisaran harganya berawal dari Rp650 ribu hingga Rp1,9 juta.

5. Airgen

Masih dalam ranah suspensi mobil, Airgen memerankan satu diantara radar suspensi udara mobil terbaik. Airgen merupakan buatan lokal dan bisa dipasang di hampir semua mobil. Kisaran harga pemasangannya berawal dari Rp23 juta.

Rekomendasi mobil dengan suspensi terbaik

Seumpama teman-teman mau mencari kendaraan yang dilengkapi dengan suspensi ataupun shockbreaker kendaraan paling nyaman, berikut ini sejumlah pilihannya.

Honda CR-V

Berjenis SUV, Honda CR-V punya suspensi mobil paling nyaman, ialah berjenis suspensi Macpherson di bagian depan juga suspensi Multi-Link di bagian belakang. 

Kedua jenis tersebut bikin mobil melaju stabil sampai-sampai di medan terjal. Kisaran harga mobil ini sekitar Rp456,5 juta hingga Rp545,5 juta. 

Toyota Corolla Cross

Mobil dengan suspensi terunggul berikutnya ialah Toyota Corolla Cross. Mobil ini memakai suspensi jenis Torsion Beam yang prominen kuat juga fleksibel. 

Mobil hybrid bertenaga listrik ini dibanderol mulai dari harga Rp490 juta. Soal keamanan juga fiturnya, ada VSC (Vehicle Stability Control), HAS (Hill Start Assist), serta EBS (Emergency Brake Signal). Sensor depan-belakang dan kamera parkir juga ada di kendaraan ini.

Toyota Hilux

Toyota Hilux dibantu oleh per daun yang dapat menyokong beban di bak belakang. Ditambah lagi, suspensi ini memakai jenis suspensi Double Wishbone yang memberi kesan kekar. 

Variannya ada single cabin juga double cabin. Kisaran harga Toyota Hilux berawal dari Rp270,2 juta hingga Rp491 juta.

Cara merawat suspensi mobil

Mempertahankan kinerja suspensi sanggup sobat buat sejak dini. Lalu, macam mana kiat-kiat merawat suspensi?

Hindari jalan berlubang

Seumpama kepingin kualitas suspensi senantiasa baik dan nyaman, pastikan untuk hindari berkendara melewati jalan yang berlubang. 

Jalan berlubang dan berbatu, asalkan dilewati dalam kecepatan tinggi, malah akan memperberat kerja suspensi. Enggak heran suspensi mudah aus dalam jangka waktu tertentu. 

Apabila terpaksa selalu harus melewati jalan berlubang, turunkan laju kendaraan ketika melampaui jalan tersebut.

Bawa muatan sesuai kapasitas

Meski mobil bisa mengangkat muatan berat, tapi sahabat selalu kudu perhatikan kapasitas seusai jenis mobilnya. 

Tujuannya, supaya beban suspensi ataupun shockbreaker tidak melebihi kapasitas juga dapat memperpanjang komponen-komponen di dalamnya.

Rutin servis

Rutin servis akan mengurangi penumpukkan cost perbaikan mobil. Keadaan ini jelas sebab teman-teman dapat mendeteksi kerusakan mobil tanpa kudu menunggu rusak berat. Bawalah ke bengkel ataupun tempat servis terdekat.