Komponen Radiator Mobil

Komponen Radiator Mobil

Cooling system merupakan suatu sistem penyeimbangan temperatur untuk mesin kendaraan. Komponen ini bakal bekerja pada saat mesin mobil telah mendekati temperatur tertentu. 

Cooling system yaitu suatu komponen penyeimbangan suhu atau temperatur untuk mesin kendaraan. Sistem ini bakal bekerja pada saat mesin kendaraan telah memperoleh temperatur tertentu. Pada situasi tersebut, cairan pendingin menunaikan sirkulasi supaya panas pada mesin dapat berpindah.

Sistem yang bertugas untuk melindungi kestabilan temperatur kerja pada mesin ini dibantu oleh berbagai macam komponen. Yuk amati pembahasan berikut untuk mengenal komponen-komponen apa saja yang diperlukan untuk mendinginkan mesin mobil serta cara kerja komponen tersebut.

  1. Also read: Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil dengan Baik dan Benar

Komponen Radiator Mobil

Radiator yaitu satu di antara komponen sistem pendinginan yang berperan untuk mendinginkan air pendingin mesin yang sudah digunakan. Peranan tersebut ditunaikan dengan membuang panas lewat kisi-kisi radiator.


Air yang dimanfaatkan untuk mendinginkan mesin berikutnya didinginkan kembali oleh radiator dan dibuang lewat kisi-kisi yang tampil pada radiator. Proses pendinginan air yang jadi panas dimanfaatkan untuk mendinginkan mesin bermula dari upper tank.


Upper tank berperan untuk menampung air panas sisa pendinginan mesin, berikutnya air panas tersebut akan turun lewat pipa-pipa kecil di tengah kisi-kisi. Pipa-pipa ini bertugas untuk kontributif proses pendinginan air.


Air yang udah melalui pipa-pipa kecil tersebut bakal ditampung pada lower tank. Air ini nantinya bakal diputar lagi untuk mendinginkan mesin. Begitulah komponen ini bekerja secara berulang.


Namun, sering berlangsung enigma pada radiator yang dikarenakan pipa-pipa kecil pada sirip-sirip radiator tersumbat oleh kerak. Kerak ini terbentuk sebab adanya zat asam yang terkandung pada water coolant. Buat membersihkannya, kawan-kawan dapat meminta bantuan bengkel untuk service radiator.

Pompa air

Pompa air maupun water pump berperan untuk menghantarkan sirkulasi air dari lower tank pada radiator ke mesin. Pengaliran kembali ini berujud agar water coolant kembali mengerjakan fungsinya untuk mendinginkan mesin.

  1. Also read: Fungsi Water Pump Mobil dan Tips Cara Memperbaikinya, Kenali Penyebab juga Upaya Menyelamatkannya

Cara kerja komponen ini mengakurkan dengan putaran mesin. Hal ini diakibatkan oleh pulley pada komponen ini yang tersambung dengan V-Belt, dimana V-Belt ialah penghubung komponen pompa air dengan mesin.


Komponen ini cuma dilumasi oleh air saja, walhasil seal komponen ini cepat aus sebab kurangnya pelumas. Kerusakan ini sulit dideteksi karena apabila seal sudah aus, air yang menetes ke bawah berkenaan mesin dan hilang begitu saja, menguap terkena panas.

Andaikan kamu merasa water coolant teman-teman transkerja cepat habis, dapat jadi kebocoran tersebut yang terjadi. Buat mengatasinya, teman-teman perlu mengganti pompa air ataupun water pump supaya proses pendinginan mesin sahabat transkerja kembali berjalan lancar.


Thermostat


bagian yang bekerja pada sistem pendinginan lainnya yaitu thermostat. Komponen ini bertugas untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin. Ada dua jenis thermostat, adalah thermostat dengan katup by pass serta tanpa katup by pass.


Thermostat akan bekerja cuma pada tatkala panas mesin udah mencapai panas tertentu. Bila panas mesin kendaraan belum mencapai temperatur kerja thermostat, maka komponen ini bertugas untuk merawat air agar enggak membuat sirkulasi.


Lalu, begitu mesin sudah mencapai pada temperatur kerja thermostat, komponen ini secara otomatis membuka salurannya. Dengan demikian, cairan pendingin mesin dapat melakukan sirkulasi lalu mengaliri radiator.

  1. Also read: Mengapa Minyak Kopling Mobil Perlu Rutin Diganti? Catat Ini Alasannya

Kipas Radiator


Radiator fan atau kipas radiator yakni sebuah komponen yang berperan untuk memberi aliran udara pada radiator. Aliran udara ini diperlukan dalam proses pendinginan air atau cairan dalam radiator. Berbeda dengan kipas pada lazimnya, kipas radiator tidak meniupkan udara, tetapi menyerapnya.


Kipas radiator bekerja dengan menghisap udara dari radiator. Udara tersebut lalu dihembuskan ke arah mesin. Udara dingin yang dihasilkan dialirkan melalui kisi-kisi radiator secara khususnya ketika mobil berhenti.


Kipas radiator terdapat di belakang radiator. Bagian radiator berupa poros engkol dengan v-beltnya bertugas untuk menggerakkan kipas ini.

  1. Also read: Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Mobil (Roda Depan Dan Belakang)

Ada dua ragam kipas radiator, yakni kipas radiator yang digerakkan mesin serta yang digerakkan dengan motor listrik. Jenis kipas radiator yang digerakkan dengan motor listrik lebih ada kalanya ditemui di kendaraan keluaran terkini.


Jenis kipas tersebut dipilih karena bekerja berdasarkan sensor pada saluran air pendingin. Seandainya komponen ini menerima sensor naiknya temperatur air pendingin sampai batas suhu tertentu, maka kipas radiator baru bergerak menyelenggarakan tugasnya.


Sedangkan kipas radiator yang digerakkan dengan mesin akan terus bekerja sewaktu mesin kendaraan dinyalakan. Dengan demikian, penerapan komponen ini tidak banyak memakai arus listrik.

  1. Also read: Fungsi Sasis Mobil, Jenis-jenis dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Radiator cap ataupun tutup radiator ialah satu di antara elemen yang diperlukan pada sistem pendinginan. Komponen ini bertugas untuk memajukan sekaligus merawat titik didih air agar enggak mencapai temperatur 100 derajat Celcius.


Komponen tutup radiator mempunyai tugas untuk merawat kestabilan tekanan pada sistem radiator. Tekanan tersebut mencapai 0,7 ataupun 0,9 bar yang dituliskan pada tutup radiator. Andaikan udah melebihi batas tekanan tersebut, klep tutup radiator bakal terbuka juga sebagian air mengalir ke tangki cadangan.


Terdapat dua bentuk tutup radiator, ialah katup vakum serta katup tekan. Relief valve maupun katup tekan terbuka jika mesin menghadapi kenaikan temperatur karena naiknya tekanan dalam radiator. Keadaan ini menjadikan komponen dapat mengalirkan air yang menguap berangkat reservoir tank.

  1. Also read: Fungsi Rem ABS Pada Mobil Dan Manfaatnya

Sedangkan katup vakum atau vacuum valve bakal bekerja pada saat temperature air udah menurun. Katup ini berperan untuk buat kevakuman dalam radiator dan menyedot air dari reservoir tank.

Tabung Reservoir


Reservoir tank ataupun tabung reservoir berperan untuk menampung uap yang disebabkan oleh radiator pada saat suhu mesin tinggi. Saat tekanan upper tank radiator melambung atau tatkala relief valve terbuka, komponen ini bakal menyimpan air yang dihasilkan.


Air tampungan tersebut nantinya akan diputar kembali. Pada saat kevakuman berlangsung pada upper tank radiator maupun katup vacuum bekerja, maka air bakal dialirkan kembali.

Selang Radiator


bagian yang tak kalah bernilai bagi sistem pendinginan kendaraan adalah selang radiator. Komponen ini bertugas untuk merapatkan radiator dengan blok mesin. Ada dua jenis komponen selang radiator, adalah selang atas dan selang bawah.


Selang pada bagian atas berperan untuk mengalirkan air yang panas risiko penyerapan temperatur mesin mendatangi radiator. Sedangkan selang radiator pada bagian bawah bertugas untuk mengalirkan air yang udah mengalami proses pendinginan dalam radiator berangkat mesin untuk menyerap panas.

Tangki persediaan Radiator


Pada sistem pendinginan, tangki sediaan radiator juga benar-benar dibutuhkan. Tangki ini dikenakan untuk menampung air yang wajib keluar dari proses pendinginan.


Pada suatu situasi di mana temperatur mesin meningkat, maka tekanan pada cooling system juga terus bertambah. Tekanan ini bikin adanya air yang perlu dikeluarkan dari mekanisme untuk mengecilkan tekanan. Air yang keluar dari sistem ini seterusnya ditampung oleh tangki simpanan radiator.


Sekiranya temperatur mesin udah kembali dingin, maka air pada tangki persediaan dapat dimanfaatkan kembali. Pada temperatur mesin dingin, tekanan di cooling system bakal normal kembali. Proses ini memerlukan tambahan air, serta air tampungan dalam tangki simpanan inilah yang dimanfaatkan untuk dimanifestasikan kembali.

  1. Also read: Fungsi Rongga Grill Mobil dan Cara Merawatnya

Apa itu radiator mobil?

Radiator ialah komponen primer dalam cooling system suatu kendaraan. Kalau dijabarkan lebih jauh lagi, radiator merupakan alat yang menyerap energi panas pada mesin kendaraan untuk distabilkan.

Radiator sendiri termasuk dari sejumlah komponen yang mempunyai peranan sendiri-sendiri. Kalau satu di antara komponen tersebut rusak, otomatis radiator pun tidak bisa bertugas secara optimum.

Fungsi radiator mobil

Saat sahabat mulai menyalakan mesin juga kemudian mengaplikasikan mobil, maka semua komponen mobil pun bekerja, semacam AC, head unit atau sistem kemudi kendaraan.

Disinilah peranan radiator mulai menempuh peran. Dengan insiden aktivitas gerak tadi, maka mesin mendapati gesekan yang pada akhirnya memproduksi panas.

Radiator pun mengalihkan panas dari mesin ke udara, dengan mengalirkan air ataupun coolant ke saluran yang tertempel pada mesin kendaraan.

Proses dimana coolant mengalir, di sini temperatur panas pun diserap juga membawanya kembali ke radiator yang seterusnya akan mendinginkan nya lagi. Semacam inilah cara kerja radiator melindungi kestabilan temperatur mesin mobil.

  1. Also read: Mengenal Thermostat Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara kerja radiator mobil

Mesin kendaraan yang dihidupkan juga memberikan tenaga yang dibutuhkan, berasal dari pembakaran bahan bakar serta terjadinya energi dari berjibun bagian yang bergerak. Hasilnya mesin pun jadi panas. Buat melindungi suhu mesin selalu stabil, diperlukan radiator.

Adanya radiator dapat membuang panas selama mesin bergerak. Sekiranya gak ada radiator maka sanggup memicu panas berlebih yang berakibat kerusakan parah untuk mesin mobil.

Selanjutnya gimana metode kerja radiator mobil?

  1. Also read: Fungsi Lampu Rem Pada Kendaraan dan Komponennya

Sebagai bagian dari cooling system mesin, konstituen yang bekerja di dalamnya antara lain cairan pendingin (coolant), selang untuk mengalirkan coolant, kipas, serta termostat yang memantau temperatur coolant.

Coolant bakal mengalir melalui selang radiator, melalui mesin serta menyerap panas berlebih, selanjutnya kembali lagi ke radiator. Lalu, sirip radiator akan melepaskan panas dari pendingin ke udara.

Saat air kembali dingin, maka air kembali mengitari mesin untuk menyerap panas. Siklus pertukaran panas ini akan terus berulang demi merawat suhu mesin senantiasa stabil.

Kiat-kiat memelihara radiator mobil

  1. Also read: Ac Mobil Nyala Tapi Tidak Keluar Angin, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya

Mayoritas orang memilah jalur cepat dengan menyodorkan urusan pemeliharaan ke bengkel mobil untuk mengecek radiator masih bertugas aman ataupun tidak.

Namun, kalau sobat mau melakukannya dari rumah untuk menghemat uang juga waktu, dan lebih memahamibagaimana merawat kendaraan kesayangan, simak cara maintenance radiator di bawah ini.

Rutin cek volume water coolant

Karena berperan dalam sistem pendinginan mesin mobil, maka hal pertama yang wajib dilakukan merupakan mengecek volume water coolant.

Seringkali keadaan ini dilupakan pemilik kendaraan. Padahal volume water coolant yang menyusut mampu menyebabkan mesin mendapati overheating.

Selain itu juga bakal muncul proses vakum sebab adanya tekanan yang disalurkan ke tabung sediaan water coolant. Nyata kondisi ini amat berbahaya, karenanya diusulkan untuk rajin mengecek volume water coolant.

Rutin menguras water coolant

Agar tak terbentuk korosi, sahabat juga kudu rutin membersihkan juga menguras water coolant. Paling tidak lakukan setiap 2 minggu sekali.

Kalau kawan-kawan lalai dalam membersihkan radiator, komponen logam bakal mudah menghadapi korosi alhasil bisa bikin radiator bocor. Akibatnya mesin pun terkadang mengalami overheating.

Hindari mengisi radiator dengan air keran

Banyak orang memakai air keran untuk mengisi radiator. Padahal air keran, kandungan zat besinya tinggi. Kandungan ini dapat menyebabkan radiator gampang berkarat. Untuk mengantisipasi hal ini, pakai water coolant khusus.

Tambahkan radiator coolant

  1. Also read: Fungsi Air Radiator dan Cara Kerja Water Coolant

Selain berperan untuk melihara suhu mobil, radiator coolant juga bertugas untuk meniadakan karat juga tumpukan kotoran dalam komponen radiator. Karena itu, selayaknya siapkan radiator coolant untuk melindungi radiator selalu berfungsi dengan baik.

Jangan sampai anggaran pemeliharaan mobil malah menguras tabungan. Dayagunakan asuransi mobil syariah supaya terhindar dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah juga memberi jaminan ganti rugi dengan senantiasa mengedepankan pengelolaan finansial sesuai ketentuan syariat.

  1. Also read: 5 Aturan Menjaga Radiator Mesin Mobil Agar Tahan Lama dan Awet

Tanda-tanda radiator kendaraan rusak

Sebagai komponen esensial dalam cooling system mesin mobil, fungsi radiator sangat krusial. Karenanya sanggup dibayangkan bila radiator rusak apa yang akan terjadi pada mesin mobil kamu.

Nah, untuk membendung mesin menghadapi overheat, maka sobat wajib tahu terlebih dulu tanda-tanda radiator rusak. Berikut tanda-tanda yang mampu ditimbulkan dari radiator rusak:

Mesin kerap overheat

Salah satu ciri radiator rusak merupakan mesin ada kalanya overheat atau panas berlebih. Biasanya kondisi ini muncul bila kipas ataupun water coolant mati juga habis.

Bilamana water coolant habis, otomatis mesin akan mengalami panas berlebih. Sebab fungsi dari air ini sendiri ialah sebagai media penghantar panas dari mesin ke radiator.

Selang radiator bocor

Seperti disebutkan sebelumnya, peran dari selang radiator yaitu untuk mengalirkan air bersuhu tinggi dari mesin ke radiator. Karena aliran bersuhu tinggi inilah yang memajukan risiko kebocoran pada selang.

Air menetes di bawah bumper depan

Manakala ada tetesan air di bawah bagian depan kendaraan maka dipastikan itu ialah adanya kebocoran pada radiator. Walhasil air di dalamnya menetes di wilayah bawah bumper mobil kamu.

Ada korosi di permukaan radiator

Langkah terakhir, perhatikan permukaan radiator adakah korosi maupun rembesan air. Manakala ditemui dua tanda ini, dipastikan radiator mobil sahabat rusak.

Semoga penjelasan mengenai peran radiator kendaraan di atas bagus untukmu.

  1. Also read: Fungsi Extra Fan Pada Mobil Mengenal Penambahan Extra Fan pada Mobil