Kelebihan Kekurangan Suspensi MacPherson Strut

Apa sih itu suspensi MacPherson Strut? MacPherson strut adalah salah satu dari beberapa sistem suspensi otomotif yang umum dalam jenis suspensi depan independen atau IFS.

Ini biasanya terdiri dari single control arm yang terhubung ke bagian bawah hub roda dan penyangga yang dipasang di antara bagian atas hub dan badan kendaraan melalui bushing.

Ketika roda diputar dari sisi ke sisi, seluruh strut biasanya berputar melawan hub. Ini mengunci roda di tempatnya sambil membiarkannya bergerak ke atas dan ke bawah saat kendaraan sedang dikemudikan.

Suspensi MacPherson strut pertama kali terlihat di kendaraan pada akhir 1940-an dan awal 1950-an dan terus menjadi populer.

Sementara suspensi double wishbone kompetitornya dapat memberikan beberapa manfaat kinerja, MacPherson biasanya lebih murah dan memakan lebih sedikit ruang.

MacPherson strut dibangun ke dalam beberapa kendaraan untuk merebut kembali ruang di kompartemen mesin karena kendaraan semakin kecil.

Suspensi double wishbone seringkali memakan lebih banyak ruang dan bisa lebih mahal karena mengandung lebih banyak komponen.

Alih-alih wishbone tunggal yang dipasang di bagian bawah hub, suspensi ini menyertakan wishbone kedua yang terhubung ke bagian atas hub. Ini menggantikan strut saat menyetir. Peredam kejut biasanya digunakan untuk tujuan yang sama seperti sisipan kejut yang ditemukan di penyangga.

Kelebihan Suspensi MacPherson Strut

Suspensi MacPherson strut melakukan pekerjaan yang baik untuk menjaga kendaraan tetap rata di jalan. Mereka juga tidak memakan terlalu banyak ruang, memungkinkan lebih banyak ruang di kompartemen untuk penumpang.

Karena suspensi Macpherson telah mengurangi bobot unsprung, itu membuat kendaraan lebih ringan daripada suspensi double wishbone. Bobot yang lebih ringan ini memungkinkan kendaraan berakselerasi ke kecepatan yang lebih cepat.

Selain itu, kita juga akan merasa lebih nyaman mengendarai kendaraan ini. Dan jika memiliki anggaran terbatas, suspensi MacPherson strut diproduksi dengan harga murah, yang berarti harga yang lebih rendah bagi konsumen.

Kelebihan Kekurangan Suspensi MacPherson Strut

Kekurangan Suspensi MacPherson Strut

Suspensi MacPherson strut memiliki dudukan vertikal yang panjang. Jika perlu menurunkan kendaraan untuk alasan apa pun, kamu bisa mengalami masalah di sana.

Siapapun yang mengendarai mobil balap atau sport tidak akan menginginkan suspensi ini karena mobil jenis ini sering diturunkan ke tanah.

Selain itu, karena sifatnya yang vertikal, berbelok bisa berarti ban mobil tidak terlalu menyentuh jalan. Ini akan sangat membatasi kendali pengemudi terhadap kendaraan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone

Komponen MacPherson strut berfungsi ganda sebagai peredam kejut dan salah satu dari dua titik kontak yang mengunci roda pada tempatnya.

Peredam kejut khas hanya meredam masukan kejut dari jalan saat mengemudi, tetapi MacPherson menggabungkan ini dengan peran yang berfungsi sebagai wishbone atas dalam suspensi dual-wishbone.

Rumah strut yang biasanya bertanggung jawab untuk tegangan lateral yang besar biasanya akan mencakup sisipan shock absorber dan coil spring di mana berat kendaraan benar-benar bertumpu.

Beberapa MacPherson strut akan menyertakan penyesuaian camber variabel. Sementara kebanyakan struts hanya akan langsung terpasang, aplikasi ini akan mencakup dua titik baut di mana strut dipasang ke hub, salah satunya akan eksentrik.

Ini biasanya memungkinkan sudut di mana strut dipasang untuk disetel sebelum mengencangkan baut, menghasilkan penyetelan camber yang berguna. Sudut camber hanyalah ukuran apakah bagian atas roda condong ke arah kendaraan atau menjauhinya.