Kelebihan Kekurangan Suspensi Double Wishbone

Setiap kendaraan memiliki sistem suspensi yang menghubungkan roda ke seluruh kendaraan. Tujuan dari sistem suspensi adalah untuk memberikan stabilitas saat berbelok, memaksimalkan kontak antara ban dan jalan, juga menjaga kenyamanan berkendara.

Ada berbagai jenis sistem suspensi yang dibuat untuk kendaraan. Dua sistem suspensi yang paling umum untuk mobil adalah sistem suspensi MacPherson strut dan sistem suspensi double wishbone.

Suspensi tipe double wishbone terdiri dari berbagai bagian dan komponen, seperti ball joint, shock absorbers, lower arm, upper arm, coil spring (pegas keong) dan dudukan poros roda.

Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Double Wishbone

 

Kelebihan suspensi double wishbone

Suspensi double-wishbone memiliki lengan kontrol vertikal atas dan bawah yang meningkatkan kontrol camber negatif. Hasilnya, kendaraan memiliki stabilitas jalan yang lebih baik karena ban lebih menyentuh jalan.

Juga, keselarasan roda dan kemudi tetap konstan. Double-wishbone akan memungkinkan untuk mengendalikan kendaraan dengan stabilitas secara konsistensi. Alhasil, ini akan memungkinkan pengendara untuk mengemudikan mobil dengan lebih baik saat mengendarainya.

Double-wishbone cocok untuk kalibrasi setiap rakitan bergerak dalam sistem, karena beban lebih seimbang di antara bagian-bagiannya. Dengan variasi sistem double wishbone, beban desain lebih disederhanakan dan dapat disesuaikan untuk berbagai beban, kecepatan, dan aplikasi menikung.

Kekurangan suspensi double wishbone

Satu-satunya hal negatif untuk dikatakan tentang suspensi double wishbone adalah harganya mahal. Sistem suspensi ini jauh lebih kompleks daripada MacPherson strut, yang berarti produsen membutuhkan lebih banyak uang untuk membuatnya.

Ada begitu banyak komponen dan bagian dari sistem suspensi double wishbone, sehingga berisi lebih banyak bagian yang bergerak daripada desain MacPherson strut yang disederhanakan. 

Jika satu bagian rusak atau aus, seluruh suspensi akan berhenti bekerja dengan baik. Sebagai pemilik kendaraan dengan double wishbone, tentu membutuhkan biaya penggantian dan pemeliharaan lebih tinggi untuk add-on double-wishbone dan seringkali memerlukan beberapa penyesuaian.

Suspensi MacPherson Strut VS Double Wishbone

Apa perbedaan antara kedua sistem suspensi ini? Sistem suspensi MacPherson strut ditemukan di bagian depan kendaraan, sedangkan sistem suspensi double wishbone ditemukan di bagian belakang.

Memang benar, kedua sistem suspensi ini termasuk dalam IFS dan IRS, suspensi independen, lebih lengkapnya silahkan baca: Kelebihan dan Kekurangan Suspensi Independen

Sekarang setelah meninjau keunggulan dan kelemahan dari sistem suspensi double wishbone, menurutmu mana yang merupakan pilihan terbaik?

Setiap jenis sistem suspensi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terserah kamu untuk memutuskan sistem suspensi tertentu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.