Fungsi Jack Stand, Mengenal Komponen, Kegunaan dan Cara Kerjanya

Definisi jack stand merupakan alat pengaman untuk menjaga kendaraan agar tidak jatuh jika dongkrak pengangkat dilepas atau rusak.

Sebagian besar teknisi di bengkel memperbaiki bawah mobil membutuhkan dongkrak dan jack stand untuk keselamatan kerja.

Jika mencari tahu arti jack-stand, dengan demikian kita jadi tahu bahwa pengertian jack stand yaitu suatu penyangga yang tingginya dapat diatur dan digunakan untuk menopang mobil yang diangkat dengan dongkrak.

Jack stand atau kerap diucap dengan kata rigid rack, yakni satu di antara alat bengkel yang dikenakan sebagai alat bantu kerja sesudah proses mendongkrak mobil dilakukan.

Dengan adanya jack stand, para teknisi akan terbantu saat memperbaiki komponen-komponen mobil dengan lebih teliti yang letaknya berada di bagian bawah.

Terkadang terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan tak hanya berada di bagian permukaannya, namun ia juga mampu terbentuk di bagian bawah mobil. 

Oleh karena itu, buat memperbaikinya, kendaraan harus ditopang dengan jack stand. Lagipula, menyangga mobil dengan jack stand juga dinilai lebih aman daripada memakai batu ataupun kayu.

Jack stand adalah mitra partner dongkrak, dan harus digunakan setiap kali mendongkrak mobil. Untuk rotasi ban, servis rem, kerja suspensi, semuanya.

Jika ini asing bagi kamu, maka penting untuk mempelajari perangkat ini dan cara menggunakannya, dan artikel ini akan menunjukkan semua yang harus di ketahui.

Apa itu Jack Stand?

Fungsi Jack Stand, Mengenal Komponen, Kegunaan dan Cara Kerjanya

Jack stand adalah perangkat mekanis yang dapat disesuaikan ketinggiannya yang digunakan untuk menopang berat kendaraan yang diangkat. Paling umum, mereka ditempatkan di bawah mobil sebagai jaring pengaman untuk melindungi kendaraan. 

Jack stand ini berbeda dengan dongkrak, baik dongkrak mekanik atau hidrolik dalam penggunaannya. Biarpun sama-sama bagus untuk mengusung mobil supaya bisa diperbaiki, akan tetapi teknik kerjanya berbeda.

Selain itu, jack stand juga wajib dioperasikan dengan hati-hati supaya tangan kita enggak terjepit.

Fungsi dari jack stand

fungsi jack stand mobil

Fungsi jack stand adalah untuk penopang atau penahan sejumlah kendaraan yang sebelumnya udah diangkat memakai dongkrak.

Jack stand berfungsi sebagai pengaman jika dongkrak mendapati kerusakan. Selain itu, fungsi dari jack stand adalah sebagai silihan dongkrak. 

Jack stand merupakan bagian bernilai dari pengangkatan kendaraan, kegunaan jack stand dirancang khusus untuk menangkal beban statis secara andal selama perawatan mobil dilakukan.

Kebanyakan jack stand menggunakan bagian-bagian dasar ini untuk berfungsi.

Bagian-bagian Jack Stand

kegunaan jack stand

Sebelum mengenal cara mengoperasikan jack stand, sebaiknya mengetahui lebih dalam tentang fungsi dan beberapa bagian dalam alat ini.

Jack stand berfungsi untuk meringankan atau membendung beban kendaraan yang sudah didongkrak tatkala melakukan perbaikan. Jadi, kendaraan harus diangkat dulu dengan memanfaatkan dongkrak, baru ditahan dengan jack stand.

Jack stand terdiri dari sejumlah bagian atau elemen yang punya fungsinya sendiri-sendiri. Bagian-bagian yang ditemukan dalam jack stand adalah:

1. Base

Jack stand biasanya ditanam ke permukaan dengan kerangka dasar empat kaki. Itu berbentuk seperti piramida, atau empat As terhubung di sisinya yang kuat tatkala mengangkat beban mobil. Bilah pendukung meluncur ke atas dan ke bawah melalui bukaan tengah di pangkal. Jenis jack stand yang berbeda menggunakan platform datar dengan tabung di tengahnya.

2. Lock Pin (Pin Pengunci)

Pin pengunci ini terbentuk dari batang besi yang berbentuk segitiga ataupun bulat. Pada dudukan ini, pin ditempatkan melalui salah satu dari banyak lubang yang tersedia untuk menyesuaikan ketinggian.

Fungsinya untuk mengunci ataupun menahan bagian rahang (tube) pada jack stand supaya tetap stabil ketika digunakan.

3. Tube (Rahang)

Rahang jack stand atau tube ini adalah tempat di mana beban kendaraan diletakkan. Biar enggak turun, tube ditahan oleh base jack stand secara vertikal pada ketinggian khusus. Di bagian atasnya, ada sadel (fixture) alhasil kontak antara tube dan mobil gak menyebabkan lecet.

4. Control Lever (Pengatur Tube Jack Stand)

Bentuknya kayak tuas dan memiliki peran untuk mencegah posisi rahang. Sewaktu mobil hendak diangkat, bagian rahang ini seterusnya diatur lagi ketinggiannya dengan control lever walhasil teknisi sanggup mengakses bagian bawah mobil.

Cara Mengoperasikan Jack Stand kala Servis Mobil

Meskipun penerapan jack stand lebih biasa ditemukan pada mobil, sahabat sanggup menggunakannya jika ingin memperbaiki elemen yang terdapat di bagian bawah mobil secara mandiri di rumah. Penggunaannya mesti hati-hati, karena dapat menimbulkan jari terjepit. Langkah-langkah pemakaian jack stand adalah:

  1. Lepaskan terlebih dahulu lock pin supaya rahang jack stand mampu dinaik-turunkan.
  2. Naikkan rahang jack stand sesuai dengan ketinggian mobil, berikutnya masukkan kembali lock pin pada lubang penguncinya.
  3.  Letakkan jack stand pada chassis kendaraan yang lebih kuat, contohnya AS roda. Semisal teman-teman punya mobil sedan, letakkan pada bagian samping bawah.
  4.  Sebelumnya dijelaskan bahwasanya jack stand harus diletakkan kalau mobil sudah diangkat dengan dongkrak. Dongkrak yang sudah dipasang diturunkan dengan hati-hati walhasil jack stand tidak meleset.
  5.  Setelah servis mobil bagian bawah selesai, angkat lagi mobilnya dengan dongkrak hingga lebih besar daripada jack stand.
  6.  Ambil jack stand tersebut, selepas itu lepaskan lock pin pada jack stand. Tarik control lever untuk mengembalikan posisi rahang hingga turun semacam sedia kala.

Jack stand adalah bagian penting dari pengangkatan kendaraan. Jack stand dirancang untuk menaikkan beban bukan menahannya.

Meskipun mungkin tampak tidak efisien atau bahkan tidak nyaman pada saat itu, penting untuk diingat bahwa jack stand sama pentingnya dengan dongkrak itu sendiri. Hanya karena dongkrak kamu belum pernah gagal sebelumnya bukan berarti tidak akan pernah gagal. Selalu periksa panduan pengguna untuk semua peralatan sebelum digunakan dan ikuti semua panduan keselamatan kerja.

Perbedaan Dongkrak dan Jack Stand

Perbedaan dongkrak dan jack stand dijelaskan disini.

Dongkrak

Dongkrak mobil menggunakan kekuatan hidrolik untuk mengangkat bagian dari mobil yang memungkinkan akses pengguna untuk mengganti ban atau melakukan perbaikan atau perawatan. Dongkrak datang dalam berbagai jenis dan peringkat berat. Memilih jenis dongkrak yang tepat untuk pekerjaan yang dilakukan adalah kuncinya, tidak hanya untuk keselamatan mekanik, tetapi juga kendaraan.

Hampir setiap kendaraan baru yang dijual dilengkapi dengan dongkrak sebagai alat standar untuk mengganti ban. Sementara dongkrak ini tentu saja mampu mengangkat kendaraan beberapa inci dari tanah untuk mengganti ban, untuk pekerjaan yang lebih mendalam diperlukan dongkrak atau dudukan dongkrak kedua yaitu jack stand.

Itu selalu bijaksana untuk berhati-hati saat menggunakan dongkrak. Jika kendaraan yang akan diangkat berbobot 2 ton, gunakan dongkrak dengan bobot minimal 2,5 ton. Jangan pernah menggunakan dongkrak pada kendaraan yang melebihi kapasitas nominalnya.

Jack Stand

Jack stand berbentuk menara atau tripod dan dirancang untuk menopang berat kendaraan yang ditinggikan. Mereka harus ditempatkan di bawah gandar atau rangka kendaraan untuk memberikan dukungan tambahan untuk mobil yang ditinggikan.

Setelah kendaraan didongkrak, jack stand ditempatkan pada tempatnya dan kendaraan diturunkan ke jack stand. Ada bagian atas berbentuk pelana pada jack stand, yang dirancang untuk menopang poros kendaraan. Jack stand hanya boleh digunakan pada permukaan yang keras dan rata dan hanya untuk kendaraan yang berada dalam kapasitas berat standar.

Alat ini tersedia dalam berbagai jenis jack stand dan dikategorikan berdasarkan kapasitas tinggi dan berat maksimum. Dalam kebanyakan kasus, tinggi jack stand dinyatakan dalam inci dan kapasitas berat dalam ton.

Jack stand biasanya dijual berpasangan dan paling sering digunakan dengan dongkrak lantai. Ketinggiannya biasanya berkisar antara 13 hingga 25 inci tetapi dapat berkisar hingga 6 kaki. Kapasitas berat bisa naik dari 2 ton hingga 25 ton.

Jack stand terutama digunakan untuk perbaikan atau perawatan, tidak biasa digunakan untuk mengganti ban.

Jenis-jenis dongkrak

Cara memakai dongkrak mungkin kelihatan sepele. Pengungkit yang lazimnya digunakan ketika mengangkat kendaraan ketika proses mengganti ban mobil ini benar-benar dirancang supaya mudah digunakan. Biarpun begitu, tidak berarti kamu mampu menggunakannya dengan sembarangan. Pendayagunaan dongkrak secara sembarangan sanggup merusak komponen mobil dan sampai-sampai membahayakan keselamatan.

Sebelum memakainya untuk mendongkrak mobil, kawan-kawan transkerja harus mengetahui jenis dan fungsi dongkrak yang dipakai. Ya, baru-baru ini ditemukan bermacam-macam jenis dongkrak di pasaran. Masing-masing jenis pun beda teknik pakainya. Nah, supaya kamu senantiasa aman ketika mengoperasikan dongkrak, berikut merupakan cara memakai dongkrak sesuai dengan jenisnya sendiri-sendiri.

Agar dongkrak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, berikut ini cara mengoperasikan dongkrak sesuai jenisnya.

1. Dongkrak gunting

Seperti namanya, dongkrak satu ini punya bentuk layaknya semacam gunting. Bentuknya ringkas serta mudah disimpan. Dongkrak gunting yakni pengungkit mekanis yang memakai sistem ulir untuk bikin gerak naik juga turun. Kebanyakan pabrikan mobil menyediakan dongkrak bentuk ini sebagai peralatan standar pada mobil.

Cara memakai dongkrak gunting memang tidak sulit. Pertama pastikan mobil tidak bergerak. Selanjutnya sobat tinggal menyidik posisi titik tumpu dongkrak yang benar pada rangka maupun badan mobil. Lalu putar tuas pengungkit yang tersedia. Gerakkan searah jarum jam untuk mengusung dan untuk menurunkan, sobat transkerja cukup memutar ke arah yang berlawanan.

Namun, kamu kudu berhati-hati ketika memutar tuas pengungkit. Hindari memutar dengan kecepatan tinggi. Putaran yang cepat kadang enggak dapat ditangkap sebagai tenaga untuk meningkatkan pengungkit. Selain itu, putaran yang terlalu cepat juga sanggup membuat batang tuas terlepas. Putar batang tuas dengan kecepatan sedang tetapi pasti supaya tuas mampu naik dan turun dengan cepat.

2. Dongkrak botol

Kedua ada dongkrak botol. Bentuknya menyerupai botol berbentuk kecil dengan tuas pengungkit. Berbeda dari dongkrak gunting yang memakai sistem ulir, dongkrak botol ialah pengungkit yang memakai sistem hidrolik untuk mengusung kendaraan.

Dengan adanya sistem hidrolik, kawan-kawan transkerja enggak wajib mengeluarkan tenaga terlalu besar untuk memakai dongkrak satu ini. Pengoperasiannya pun cukup mudah. Kawan-kawan cukup mengusung dan menekan tuas pengungkit dongkrak hidrolik untuk meninggikan beban. Sedangkan untuk turunkan beban, kawan-kawan transkerja cukup memutar pengunci hidrolik pelan-pelan berlawanan dengan arah jarum jam.

3. Dongkrak lantai

Terakhir ada dongkrak lantai (floor jack) ataupun terkadang juga disitir dengan dongkrak buaya sebab bentuknya menyerupai moncong buaya. Sama semacam dongkrak botol, dongkrak lantai juga memakai sistem hidrolik. Tetapi, bentuk dongkrak yang horizontal malah mirip dengan dongkrak gunting. Terkadang, dongkrak tipe ini jua dilengkapi dengan roda untuk memudahkan penggunanya.

Cara memakai dongkrak lantai gak sulit sebab telah dilengkapi dengan sistem hidrolik, secara keseluruhan mirip dengan metode menggunakan dongkrak botol. Tetapi, dimensi dongkrak lantai yang lebih tinggi daripada dongkrak botol mungkin mengharuskan kamu untuk melangsungkan beberapa penyesuaian.

Jenis-jenis jack stand

Jenis Berdasarkan Bahan Material

Tidak banyak variasi pada dudukan jack stand tetapi bahan dari mana mereka dibuat dapat membuat perbedaan besar. Dudukan kecil dan ringan cenderung terbuat dari aluminium atau baja ringan. Dudukan jack stand yang dibuat untuk kendaraan tugas berat harus terbuat dari besi tuang atau baja.

Jenis Berdasarkan Tinggi Tetap

Dudukan ini memiliki ketinggian tetap, yang memberi mereka keuntungan karena tidak memiliki bagian yang bergerak untuk gagal. Namun, mereka tidak dapat disesuaikan sehingga tidak serbaguna dan tidak terlalu portabel. Dudukan ini sangat andal dan tahan lama dan jika hanya digunakan di satu lokasi dengan kendaraan yang sama, dudukan ini merupakan pilihan yang tepat.

Jenis Berdasarkan Adjustable Height

Jack stand yang dapat disesuaikan memungkinkan ketinggian untuk disesuaikan. Jenis yang paling umum,  menggunakan kolom tengah berlekuk untuk penyesuaian ketinggian. Ketinggian disesuaikan menggunakan ratchet yang terpasang.

Jack stand yang dapat disesuaikan sering kali menggunakan pin baja yang dimasukkan ke dalam lubang di kolom tengah.

Jenis terakhir dari jack stand yang dapat disesuaikan disebut dudukan rotasi dan pengguna harus memutar kolom tengah searah jarum jam untuk menaikkan ketinggian dan berlawanan arah jarum jam untuk menurunkannya.