60+ Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Satu di antara bagian fisik amat bernilai untuk menopang penampilan ialah rambut. Rambut yakni mahkota manusia, aset yang berharga.

Kesempurnaan wajahmu tak lengkap rasanya kalau rambutmu gak terawat.

Baik pria maupun wanita ada kalanya melakukan berbagai ragam cara untuk memelihara dan menghandel dilema pada rambutnya.

Sebelum kita membahas topik baru-baru ini mengenai cara mengatasi ketombe dengan cepat menggunakan garam, tidak ada salahnya untuk memahami terlebih dahulu apa itu ketombe dan apa saja penyebabnya.

Ketombe enggak sekadar mengganggu aktivitas, ketombe juga kerap membuat kita enggak percaya diri.

Ketombe yaitu pengelupasan kulit mati yang berlebih juga akan bertambah pada jumlah yang melimpah dalam bentuk semacam serpihan-serpihan berwarna putih maupun kelabu pada kulit kepala.

Salah satu permasalahan yang sering sekali kita jumpai pada rambut yakni ketombe.

Ketombe ialah kelainan kulit kepala biasa yang menyerang hampir setengah dari populasi pada usia pra-pubertas juga dari jenis kelamin serta etnis apa pun.

Hal tersebut bakal dikatakan normal kalau pengelupasan kulit cuma sedikit, tetapi jika berlebih situasi ini bakal menyebabkan gejala jamur ataupun kutu rambut.

Maka kudu dilakukan pemeliharaan untuk melindungi kesehatan kulit kepala dan juga merawat penampilan agar hendaknya tak risih sebab ketombe berjatuhan.

Sebenarnya, sel-sel kulit yang mati serta terkelupas ialah kejadian normal dan alami sekiranya pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Tapi, muncul sejumlah orang yang mengalaminya secara terus menerus sampai-sampai diikuti dengan iritasi. Ketombe bisa juga yaitu gejala infeksi jamur atau kutu rambut.

Semisal di kepalamu diperoleh ketombe, enggak menggaruk kepalamu secara berlebihan. Menggaruk bagian kepala yang diperoleh ketombe akan sebabkan kerusakan kulit, yang seterusnya dapat menambah risiko infeksi.

Sebagian besar orang menyatakan bahwa ketombe akan membuat hilangnya rasa pede. Mengapa? Karena ketombe terkadang berjatuhan di baju bakal sangat terang terlihat bila baju berwarna gelap.

Tak sekadar itu, sebagian ketombe pun hadir jelas bersarang di rambut penderitanya. Mesti saja situasi ini sangat menggangu penampilan seseorang maupun temannya tatkala berinteraksi. Cantik-cantik kok ketombean, nggak mau kan? 

Itulah sebabnya, pengobatan ketombe jadi paling berguna bagi kesehatan kepalamu serta penampilanmu. Sebagian kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus ketombe.

Hanya saja, enggak semua sampo ketombe menyodorkan penyelesaian yang cermat buat beberapa penderita ketombe. Maka dari itu diperlukan bahan alami sebagai alternatifnya.

Satu di antara bahan alami yang mampu teman-teman coba merupakan garam.

Garam diklaim sebagai bahan yang paling cepat dan efisien untuk mengusir ketombe. Selain itu, kita bisa menjumpai bahan ini dengan mudah. Di warung banyak, di rumah pasti ada.

Lantas, gimana cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami pakai garam? Yuk kita bahas bersama!

Cara untuk ngilangin ketombe akut dengan garam

1. Garam tanpa kombinasi bahan lain

Rambut yang sehat dan indah sebagai satu diantara indikator kecantikan para wanita dan tidak dapat dipisahkan dari ritual perawatan kecantikan lainnya. Wajah yang sudah tampak cantik sempurna akan terlihat kurang sekiranya rambut tak terawat. 

Untuk menyempurnakan penampilan rambutnya para wanita ada kalanya melakukan bermacam-macam pemeliharaan baik yang modern atau yang tradisional.

Hal itu niscaya dilakukan untuk melihara keadaan rambutnya supaya tetap indah dan terawa.

Begitu juga dengan para pria yang pastinya wajib merawat rambut mereka. Sahabat sanggup menggunakan garam tanpa kombinasi apapun untuk mengusir ketombe membandel. Metodenya adalah :

Pertama, taburkan garam pada kepala. Lantas, gosokkan pada rambut juga kulit kepala yang basah. Sehabis itu buat pijatan lembut selama sebagian menit di kulit kepala. Andaikan dirasa cukup, bilaslah rambut untuk meredakan sisa garam. Cara tersebut akan memberikan hasil maksimal sehabis dilakukan beberapa kali. Gampang sekali kan?

2. Garam serta Sampo

Salah satu masalah rambut paling biasa yang dialami beberapa besar orang ialah rambut berketombe. Penyebab kulit kepala terkelupas kayak ketombe mampu diakibatkan oleh beraneka macam hal. Mulai dari  pola hidup  sehari-hari yang mungkin kurang memerhatikan kesehatan rambut, maupun makanan penyebab ketombe yang dikonsumsi.

Cara keramas juga mampu memengaruhi timbulnya ketombe pada kulit kepala . Seumpama kurang bersih dalam membilas lambut sesudah keramas, keadaan ini bisa bikin sisa shampo yang masih melekat menumpuk bersama kulit mati serta menimbulkan ketombe.

Kamu dapat menghilangkan ketombe dengan obat alami pakai garam juga sampo yang dikombinasikan. Metodenya gampang sekali. Pertama, taburkan garam pada kepala. Lalu, gosokkan pada rambut juga kulit kepala yang basah. Selepas itu jalankan pijatan lembut selama sejumlah menit di kulit kepala. Lalu tambahkan sampo dan pijat lagi kepala sekitar 3-5 menit. Seumpama sudah melakukan rangkaian di atas, bilas bersih kepalamu dengan air.

3. Garam serta Air Lemon

Sering kali ketombe membawa dampak rasa percaya diri menurun karena terlihat mengotori rambut juga jatuh pada pakaian, terlebih-lebih ketika menggunakan pakaian dengan warna yang gelap maka ketombe akan semakin menampakan wujudnya, niscaya hal tersebut sangat mengganggu penampilan kita juga menyebabkan rasa tak nyaman pada diri sendiri.

Garam serta air lemon juga dapat membersihkan ketombe kering serta menumbuhkan rambut secara alami. Adapun cara paling ampuh mengatasi ketombe dengan garam dan air lemon yakni sebagai berikut :

  1. Siapkan 2-5 sendok makan garam dapur juga air dari satu lemon yang udah diperas.
  2. Larutkan garam tersebut didalam air hangat juga campurkan dengan air lemon.
  3. Gosokan larutan garam tersebut ke kulit kepala memakai kedua tangan. Diamkan kurang lebih 15menit sambil memijat perlahan kulit kepala.
  4. Basuhlah kulit kepala dengan air hingga bersih.

4. Garam dan Minyak Kelapa

Sejatinya berketombe bukanlah hal baru, terdapat sejumlah metode tradisional yang sampai tatkala ini dipercaya sanggup membersihkan ketombe dengan efisien dan memiliki risiko lebih rendah bila dibanding dengan memakai produk perawatan rambut berbahan kimia. Satu di antara cara mengatasi ketombe dengan alami serta cepat  yaitu dengan  menggunakan garam juga Minyak Kelapa.

Minyak kelapa menyimpan banyak vit E yang baik untuk tumbuh kembang rambut serta kesehatan kulit kepala. Cara paling ampuh ngilangin ketombe akut dengan garam dan minyak kelapa ini sungguh-sungguh cocok untuk sobat yang ingin mengusir ketombe tapi tidak lupa juga menyerahkan vitamin untuk rambut. Metodenya sederhana, cukup campurkan minyak kelapa dengan garam, lalu pijat dengan perlahan pada kulit kepala.habis itu , diamkan selama sejumlah saat serta bilas memakai air bersih ataupun sampo untuk meredakan sisa minyak serta garam pada kulit kepala.

5. Garam juga lidah buaya 

Tidak ada yang dapat meragukan khasiat lidah buaya untuk rambut. Kombinasi dari aloe vera serta garam ini udah banyak dikenakan di Korea sebagai pemeliharaan rambut. Garam dengan kandungan mineralnya dipercaya dapat mengatasi ketombe juga meresap minyak berlebih di kulit kepala. Lidah buaya memuat protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, zat besi, vitamin A, B1, serta C.

Tak heran apabila aloe vera mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk memelihara rambut semacam menghitamkan rambut, menangkal rambut rontok, menguatkan akar rambut, dan menghilangkan ketombe. Aloe vera akan melindungi rambut dari pengaruh kurang baik pendayagunaan garam.

Cara alami ngilangin ketombe dengan garam dan aloe vera betul-betul mudah, tidak lebih dari 3 langkah. Teman-teman transkerja cuma wajib menaburkan garam pada batang lidah buaya lalu gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Manfaatkan secara biasa dan buktikan keampuhannya.

6. Garam juga Cuka Apel

Scrub berbahan dasar garam dan cuka apel dinilai ampuh dalam menindak ketombe. Scrub ini pula bisa menjaga kelembaban kulit kepala.Caranya gampang loh. Cukup dengan membaurkan sedikit garam juga cuka apel hingga membikin scub lalu gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan sebagian saat serta bilas dengan air bersih. Itulah cara ngilangin ketombe akut dengan garam dan cuka apel.

7. Garam serta Minyak Zaitun

Cara paling ampuh menghilangkan ketombe dengan garam dan bahan lainnya datang dari garam dan minyak zaitun. Metode ini ampuh untuk kulit kepala kering yang berketombe. Kandungan mineral dalam garam yang dapat menyerap minyak dan minyak zaitun yang fundamental ialah kombinasi yang digdaya untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala yang kering. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat pakai garam juga minyak zaitun yaitu sebagai berikut :

  1. Siapkan 2 sendok makan garam dapur dam minyak zaitun hangat secukupnya.
  2. Campurkan 2 sendok makan garam dengan minyak zaitun hangat hingga merata dengan baik.
  3. Pijat kulit kepala memakai ramuan ini, biarkan ia meresap selama 15 – 20 menit.
  4. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala memakai sampo dan air bersih.
  5. Lakukan langkah-langkah di atas secara berurtan juga rutin. Maka, ketombemu bakal segera hilang.

8. Garam dan Air Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis mampu membunuh bakteri penyebab timbulnya ketombe juga garam bisa mengurangi minyak di dikulit kepala yang mungkin jadi sarang bakteri. Dengan membaurkan kedua bahan ini, teman-teman transkerja bisa menghilangkan ketombe. Metodenya sederhana, pertama, teman-teman transkerja mesti menyiapkan 2 sendok garam serta jeruk nipis. Kedua, campurkan 2 sendok makan garam laut dengan perasan air jeruk nipis. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik. Pijat kulit kepala memakai campuran ini serta biarkan ia meresap didalam kulit kepalamu selama 15 – 20 menit. Terakhir, cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala memakai sampo juga air bersih. Jalankan sebanyak 3-4 kali sepekan dan ketombemu akan pergi jauh tak kembali.

9. Garam serta Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti bakteri yang bagus untuk mengatasi ketombe yang bersemayam di kepalamu. Kombinasinya dengan garam bikin kinerja bawang lebih baik juga efektif. Tekniknya :
1. Siapkan sebagian siung bawang putih serta garam.
2. Hancurkan sebagian siung bawang putih dan garam walhasil membentuk scrub.
3. Balurkan scrub tersebut pada kulit kepala sobat sebelum keramas.

10. Garam juga Santan

Santan yg kerap kali kita jumpai dalam masakan ibu ini kenyataannya bisa didayagunakan untuk melindungi kesehatan rambut serta juga untuk menanggulangi ketombe. Perolehan yang maksimum bakal didapat andaikan sahabat mengkombinasikannya dengan garam. Cara menghilangkan ketombe dengan gampang dan cepat memakai garam juga santan tidaklah rumit. Cuma dengan menggabungkan santan serta garam halus secukupnya, lalu aduk-aduk sampai merata, juga aplikasikan pada kepala dan rambut kamu. Diamkan selama sebagian menit lalu langsung bilas rambut sobat sampai bersih dengan air. Nggak rumit kan?

11. Garam dan Cuka

Sifat abrasif pada kedua bahan ini mesti saja ampuh melawan persoalan ketombe akut. Keduanya akan menciptakan performa yang betul-betul sempurna apabila dikombinasikan. Namun wajib diingat bahwasanya penggunaan cuka disini gak terlalu berlebihan sebab akan membuat kulit kepala sobat transkerja teriritasi. Pendayagunaan garam dan cuka dalam sekali pemeliharaan saja akan memastikan perolehan yang signifikan. Jadi, enggak terlalu kadang kala ya!

Cara untuk mengatasi ketombe dengan garam juga cuka:
1. Siapkan garam, cuka berikut satu wadah.
2. Masukkan 2 sendok garam didalam wadah.
3. Berikan tambahan cuka secukupnya.
4. Aduk hingga keduanya teraduk rata.
5. Usapkan gabungan itu pada kulit kepala dan berilah sedikit pijatan halus.
6. Biarkan garam juga cuka selama 15 menit .
7. Basuh rambut memakai air bersih.
Cara ini cuma disarankan untuk sekali penerapan dalam 2 bulan.

  1. 30 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis
  2. 3 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya dan Minyak Zaitun
  3. Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Alami yang Ampuh Dilakukan
  4. 22 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Lidah Buaya
  5. 30 Cara Mengatasi Ketombe Parah Secara Alami Menggunakan Obat Sederhana
  6. 13 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

Penyebab Ketombe

Ketombe terutama disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan penyebab lain yang mendasarinya. Ini mempengaruhi banyak orang dan merupakan masalah rambut yang umum. Kondisi ini dapat mengiritasi kulit kepala dan membuatnya gatal dan bersisik. Meskipun bukan merupakan risiko kesehatan utama, hal itu dapat membuat seseorang merasa canggung atau tidak percaya diri. 

Apa Penyebab Ketombe?

1. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering adalah penyebab ketombe nomor satu di antara orang-orang. Jika kulit kepala kering adalah alasan di balik ketombe, maka ketombe bisa bertambah parah selama musim dingin. Ini karena kelembaban yang rendah di bulan-bulan yang lebih dingin membuat kulit semakin kering.

2. Kurangnya Perawatan Kebersihan yang Baik

Kurangnya kebersihan rambut dan kulit kepala yang baik juga dapat menyebabkan ketombe. Jika kamu mengabaikan mencuci kulit kepala dan rambut secara teratur, maka kamu lebih rentan menderita ketombe. Ini karena memungkinkan minyak, kotoran, dan residu produk menumpuk dan menumpuk di kulit kepala , yang menyebabkan ketombe.

3. Kondisi Kulit

Kondisi kulit seperti dermatitis seboroik dapat menyebabkan ketombe di kulit kepala. Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan pada kulit kepala.

4. Malassezia

Malassezia adalah jamur yang biasanya ada di kulit kepala setiap orang. Ketika mikrobioma kulit kepala tidak seimbang, hal itu menyebabkan peningkatan Malassezia, yang menyebabkan ketombe. Ini juga dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit kepala.

5. Stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan sistem kekebalan yang terganggu. Ini memungkinkan jamur seperti Malassezia berkembang dan menyebabkan ketombe di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Untuk Menghilangkan Ketombe

Permasalahan dengan kulit rambut berketombe yakni hal yang cukup lazim terjadi. Ketombe mampu memicu rasa gatal dan minder sebab membuat baju pegari kotor saat ketombe rontok. Buat teman-teman yang punya persoalan ketombe kudu tahu nih cara cepat obat alami menghilangkan ketombe!

Ketahui Penyebab Ketombe

Ketombe sanggup memunculkan sebab dikarenakan oleh produksi minyak berlebih pada kulit kepala, stres, perubahan hormon sampai dengan penyakit tertentu. Semacam infeksi jamur, psoriasis, sensitif dengan kandungan tertentu pada shampo dan dermatitis seboroik.

Ketombe dapat mulai terbentuk sejak usia pubertas juga mereda di usia 50 tahunan. Tahukah kamu? Kalau ketombe dapat dialami oleh 50% orang dewasa juga dominan berlangsung pada kulit kepala laki-laki.

Ketombe bikin siklus pergantian sel kulit mati condong cepat dari siklus yang normal. Tubuh bakal terus menerus mengganti sel kulit mati serta mengelupas.

Sekiranya teman-teman transkerja merasa ketombe di kulit kepala terpantau tidak normal, diusulkan untuk segera berkonsultasi dengan pihak dokter terlebih dahulu.

Ketombe bukan suatu keadaan yang berbahaya juga bisa diatasi dengan shampo anti ketombe maupun bisa juga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Namun, masih wajib dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan-bahan alami di bawah ini.

Andaikata teman-teman transkerja mempunyai masalah kulit tertentu ataupun kulit kepala terlalu sensitif, bakal lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memakai bahan-bahan alami di bawah ini.

1. Garam

Selain untuk bumbu dapur, garam mampu didayagunakan untuk mengatasi ketombe juga loh! Garam diklaim bisa mengeksfoliasi untuk melangsungkan pembersihan timbunan sel kulit mati di kepala.

Garam diyakini bisa meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala serta menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang mampu jadi penyebab ketombe muncul.

Lantas macam mana menggunakan garam sebagai cara cepat paling ampuh mengatasi ketombe? Ini dia langkah-langkahnya:

Basahi rambut terlebih dahulu.

Taburkan garam pada kulit kepala lalu laksanakan gerakan pijatan pada kulit kepala hingga ketombe rontok.

Andaikan sudah, bilas rambut memakai shampo hingga bersih.

Kamu juga sanggup menyampurkan garam dengan bahan-bahan alami lainnya untuk meninggikan efektivitasnya. Kayak garam juga lidah buaya atau garam juga minyak kelapa.

Campurkan garam dengan bahan lainnya hingga membikin scrub kental lalu tunaikan seperti langkah di atas.

2. Minyak Kelapa

Kulit kepala yang kering mampu menjadi penyebab problem ketombe semakin buruk. Memakai minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe secara alami dengan menghidrasi kulit kepala.

Minyak kelapa dapat mengobati eksim yang mendatangkan munculnya ketombe di kepala. Di dalamnya terkandung sifat antimikroba yang berperan untuk mengusir jamur penyebab infeksi.

Cara cepat obat alami membersihkan ketombe dengan minyak kelapa dapat dilakukan dengan langkah-langkah ini:

Tuangkan 2 sendok makan minyak kelapa.

Oleskan ke kulit kepala dan pijat secara perlahan.

Diamkan selama satu jam.

Bilas dengan shampo hingga bersih. Enggak sampai ada sisa minyak yang dapat berisiko menyumbat pori-pori di kulit kepala.

3. Lidah buaya

Aloe vera punya kandungan antiradang dan antijamur yang mampu melawan peradangan di kulit kepala yang membawa dampak munculnya ketombe.

Penggunaan aloe vera udah banyak digunakan pada produk kesehatan juga kecantikan. Buat meniadakan ketombe, laksanakan langkah-langkah di bawah:

Oleskan gel aloe vera ataupun aloe vera segar yang sudah dihaluskan ke kulit kepala.

Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Kemudian bilas sampai bersih.

Lakukan secara teratur dalam sejumlah minggu untuk menangkap hasil optimal.

Shampoo Anti Ketombe Jempolan & Paling Ampuh

Shampoo Anti Ketombe Jempolan Paling Ampuh

1. Erhair Scalp Care Shampoo

Erhair yakni produk dari Erha Clinic yang belakangan ini menghadirkan klinik khusus kulit bernama Erha DermaCenter. Produk-produk yang selalu inovatif karena dirancang oleh tim dermatologi dan dokter terbaik. Shampo anti ketombe ini memuat Climbazole serta Piroctone Olamine sebagai anti jamur serta anti bakteri yang bisa menghandel Malassezia sebagai penyebab esensial ketombe. Sedangkan untuk meniadakan gatal serta mengurangi peradangan pada kulit kepala, Erha juga menambahkan kandungan lidah buaya juga Pro Vit B5 pada shampo anti ketombe ini.

Rentang harga: Rp 132.000 – Rp 150.000 (250 ml)

2. Natur Shampoo Tea Tree Oil

Natur Shampoo Tea Tree Oil ini membawa konsep pemakaian bahan alami dalam menata produknya. Kandungan fundamental dalam shampo anti ketombe ini sudah tertera di namanya, tea tree oil. Tea tree oil memiliki khasiat untuk membasmi kutu rambut, ketombe, juga mencegah kulit kepala yang kering juga berminyak. Kandungan lain yang mempunyai tugas berguna untuk meredakan gatal-gatal pengaruh ketombe yaitu ekstrak ginseng. Ekstrak ginseng juga mampu melindungi rambut dari pencemaran lingkungan dan sinar ultraviolet. Terakhir, diperoleh ekstrak urang aring yang mempunyai manfaat melembabkan kulit kepalamu.

Rentang harga: Rp 22.000 – Rp 26.000 (140 ml)

3. L’Oreal SerieExpert Instant Clear

Biasanya kulit kepala yang berketombe terasa tidak enak. Hanya saja karena shampo L’oreal SerieExpert ini mengandung Bisabolo, akibat segar pada kulit kepala sehabis keramas akan jadi tahan lama.

Sedangkan Alpha Piritone ialah kandungan yang bekerja ekstra dalam mengontrol ketombe. Untuk shampo yang mengandung bahan ekstra, teman-teman gak harus merogoh kocek dalam-dalam.

Karena dengan harga yang cukup terjangkau, kawan-kawan transkerja mampu mendapatkan isi yang cukup banyak.

Rentang harga: Rp 125.000 – Rp 145.000 (300 ml)

4. Dove Dandruff Care Shampoo

Nampaknya Zinc Pyrithione yaitu kandungan yang modis dalam mengontrol dan menghilangkan ketombe. Sebab dalam Dove Dandruff Care Shampoo ini jua mengandung Zinc Pyrithione. Semisal ada shampo yang menyarankan penerapan berkala dan tidak setiap hari, shampo anti ketombe dari Dove ini betul-betul aman dimanfaatkan sehari-hari.

Rentang harga: Rp 29.000 – Rp 35.000 (160 ml)

5. Wardah Anti Dandruff Shampoo

Jika tadi ada Romano yang menyediakan klaim wangi tahan lama dengan sensasi segar untuk pria, shampo yang satu ini sanggup jadi unggulan wanita.

Wardah Anti Dandruff Shampoo ini pula menyimpan tea tree oil serta zinc actives yang manjur mengusir ketombe dari kulit kepalamu.

Wardah adalah merk lokal yang membawa konsep produk halal, menjadi aman digunakan.

Rentang harga: Rp 19.000 – Rp 22.000

6. Pantene Anti Dandruff Shampoo

Tenang, bahwasanya merk shampo anti ketombe di atas belum ada yang bikin sobat klik, masih ada Pantene Shampo Anti Ketombe ini. Pantene sampai merancang produk ini dengan bahan-bahan anti ketombe yang dua kali lebih gede.

Kelebihan lain dari Shampoo Pantene Anti Dandruff ini yakni tersedia dalam berbagai ukuran yang bervariasi. Dari yang kecil sampai besar hampir 1 liter.

Jadi, bahwasanya kawan-kawan udah yakin shampo ini pas untuk rambut kamu, langsung aja beli ukuran besarnya karena dijamin lebih murah.

Rentang harga: Rp 42.000 – Rp 49.000 (400 ml)

7. Sunsilk Hijab Refresh Anti Dandruff

Nah, shampo yang satu ini dapat dibilang istimewa nih sebab dirancang khusus wanita berhijab. Walaupun berhijab, tidak sampai mengabaikan kesehatan rambutmu ya.

Permasalahan kulit kepala yang udah lama tetapi tidak diobati akan memberikan imbas domino pada kualifikasi kulit kepala seterusnya.

Sunsilk udah menyiapkan formula istimewa dengan mengombinasikan buah tin, jeruk nipis serta ZPT yang menyegarkan kulit kepala walhasil rambut terhindar dari keadaan sulit ketombe.

Rentang harga: Rp 18.000 – Rp 24.000 (170 ml)

Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe bukanlah gangguan kesehatan serius namun cukup mengganggu.

Ketombe mengakibatkan rontoknya serpihan putih dari kulit kepala, gatal, enggak jarang sampai bikin kulit kepala bersisik.

Ketombe yakni bentuk ringan dari masalah kulit dermatitis seboroik.

Terdapat sejumlah penyebab ketombe, antara lain:

Kulit kepala teriritasi serta berminyak

Malas keramas

Tumbuhnya jamur malassezia

Kulit kepala kering

Tak sesuai dengan produk pemeliharaan rambut tertentu

Selain penyebab di atas, ketombe kadang kala juga bisa berasal dari penyakit kulit kayak psoriasis dan eksim.

Ketombe terkait penyakit kulit menginginkan pemeliharaan khusus dari dokter. Tetapi, ketombe ringan lazimnya dapat diatasi dengan sampo juga beragam teknik alami.

Berikut sejumlah cara mudah menghilangkan ketombe yang praktis juga bisa dijajal di rumah:

1. Oleskan campuran minyak tea tree

Melansir Healthline, cara mudah menghilangkan ketombe yang terbukti ampuh salah satunya menggunakan minyak tea tree.

Minyak tea tree mempunyai sifat antijamur juga antiperadangan yang sanggup kontributif menghilangkan ketombe.

Hal yang mesti diingat, gak langsung mengoleskan minyak tea tree ke kulit kepala sebab dapat mengakibatkan iritasi untuk pemilik kulit sensitif.

Sebelum mengoleskan minyak tea tree ke kulit kepala, pastikan kamu lebih dulu mengencerkannya dengan menggabungkan minyak tea tree dengan minyak kelapa.

2. Manfaatkan minyak kelapa

Beberapa penelitian menyebutkan, minyak kepala cespleng digunakan menjadi satu di antara cara menghilangkan ketombe dengan alami.

Bahan aktif minyak kelapa mendukung kulit kepala senantiasa lembab alhasil dapat meredakan iritasi.

Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai sifat antimikroba yang potensial dipakai untuk membendung pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

3. Terapkan lidah buaya

Zat aktif antibakteri dan antijamur dalam lidah buaya bermanfaat untuk menangani ketombe.

Aloe vera juga dapat mengurangi peradangan dan mampu menangani infeksi penyebab rambut rontok.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk membersihkan ketombe sanggup dengan mengoleskan gel tanaman aloe vera ke kulit kepala.

Selain itu, teman-teman juga sanggup menggunakan gel berbasis lidah buaya yang melimpah tersedia di pasaran serta praktis digunakan.

4. Konsumsi asupan kaya probiotik

Probiotik bisa membantu menambah daya tahan tubuh juga membantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Penelitian kecil membuktikan, mengonsumsi probiotik selama 56 hari bisa mengurangi tingkat keparahan ketombe secara signifikan.

Beberapa makanan dan minuman kaya probiotik antara lain kombucha, tempe, tahu, asinan, juga makanan hasil fermentasi lainnya.

5. Oleskan kombinasi minyak serai

Minyak serai punya sifat antimikroba serta anti-inflamasi yang sanggup menopang mengatasi ketombe. Menurut temuan suatu penelitian, tonik rambut yang menyimpan 10 persen minyak serai menyurutkan ketombe sebesar 81 persen sehabis dua minggu. Seperti minyak tea tree, minyak serai akan membuat iritasi atau alergi ketika digunakan langsung ke kulit.

Agar lebih aman, kita sanggup mengencerkan minyak serai terlebih dahulu dengan air atau mencampurkan sebagian tetes didalam sampo ataupun kondisioner.

6. Makan makanan kaya omega-3

Kekurangan asam lemak omega-3 mampu jadi penyebab ketombe, kuku gampang patah, dan kulit kering. Asam lemak baik ini berguna untuk mengelola produksi minyak, mengatur peradangan, menaikkan hidrasi, sampai meredakan tanda penuaan. Untuk itu, metode alami mengatasi ketombe juga mesti modifikasi pola hidup dengan rajin makan makanan kaya omega-3. Beberapa makanan kaya omega-3 di antaranya ikan salon, mackerel, serta kacang kenari.

Updated on: 2022-03-14T23:59:18Z

Published on: 2022-03-14 11:57:00