Resep Opor Ayam Telur Puyuh Spesial yang Sederhana

Indonesia sungguh terkenal dengan pelbagai sajian masakan yang raos dan menggugah selera. satu di antara makanan yang tersohor yakni opor ayam. malahan makanan khas Indonesia ini kadang-kadang dihidangkan didalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sememangnya memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Takaran kuah santan serta bumbu yang didayagunakan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang sanggup dijabarkan hampir semua daerah mendapati ciri khas sendiri ini.


Ayam yaitu komponen pokok dari masakan ini, selanjutnya ada kuah santan kental yang sanggup dijalani dari perasan kelapa langsung atau dapat mengenakan santan instan. juga pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, menata rasa yang enak juga penyajiannya lebih menggoda. malahan masakan ini jadi primadona ketika lebaran yang lazimnya disantap memakai ketupat maupun lontong dan juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera akan tetapi takaran bahan juga bumbunya kudu pas. Nah untuk kawan-kawan yang sedang mau mengolah opor ayam maupun mencoba memasaknya di rumah, tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam praktis enak serta gurih.


Opor Ayam Telur Puyuh Spesial

Bahan:
- 1 kg ayam bagian sayap dan paha
- 20 butir telur puyuh
- 2 serai, geprek
- 3 cm lengkuas, geprek
- 5 lembar daun jeruk
- 1 liter air
- 500 ml santan
- Gula dan garam secukupnya

Bumbu halus:
- 12 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 6 butir kemiri
- 3 cm jahe
- 5 cm kunyit
- 1/2 sdt jinten
- 1 sdt merica

Cara memasak:
- Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga matang dan wangi.
- Masukkan ayam, masak sampai berubah warna lalu masukkan air, masak hingga ayam setengah matang.
- Masukkan santan, tambahkan gula dan garam, aduk-aduk terus jangan sampai santan pecah.
- Masukkan telur puyuh, masak hingga ayam matang, koreksi rasa.
- Sajikan.