Resep Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning Enaknya Nendang Banget

Indonesia sungguh terkenal dengan bermacam-macam sajian masakan yang lezat dan menggugah selera. satu di antara makanan yang tersohor yakni opor ayam. malahan makanan khas Indonesia ini ada kalanya dihidangkan didalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sungguh memiliki cita rasa yang sedap dan gurih. Takaran kuah santan juga bumbu yang dipasang pun berbeda-beda. menjadi makanan yang mampu diucapkan hampir semua daerah mempunyai ciri khas sendiri ini.


Ayam yakni komponen baku dari masakan ini, selain dari itu ada kuah santan kental yang sanggup ditempuh dari perasan kelapa langsung atau dapat memakai santan instan. dan pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, menghasilkan rasa yang enak serta penyajiannya lebih menggoda. malahan masakan ini jadi primadona tatkala lebaran yang lazimnya disantap memakai ketupat ataupun lontong serta juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam bisa dimasak sesuai selera akan tetapi takaran bahan juga bumbunya mesti pas. Nah untuk teman-teman yang sedang kepingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, akan tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam simpel enak dan gurih.


Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Bahan :
- 500 gr dada ayam, potong-potong
- 2 bh tahu putih, potong-potong
- 400 ml santan encer
- 300 ml santan kental
- 2 lbr daun jeruk purut, robek daunnya
- 2 lbr daun salam
- 1 btg serai geprek
- Bawang merah goreng untuk taburan
- Sambal terasi goreng

Bumbu halus :
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1,5 cm kunyit bakar
- 1,5 cm jahe
- 1/4 sdt ketumbar sangrai
- 2 btr kemiri sangrai
- 10 btr merica butiran
- Jinten, sejumput
- Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak:
- Rebus ayam terlebih dahulu buang air dan sisihkan. Goreng tahu setengah matang, sisihkan.
- Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk, daun salam dan serai, aduk-aduk sampai agak layu. Tambahkan 3 sdm santan encer agar bumbu tidak gosong.
- Masukkan ayam, aduk sebentar lalu tuang santan encer. Setelah mendidih, masukkan tahu. Rebus sampai ayam matang sempurna dan bumbunya meresap.
- Tuang santan kental, tambahkan gula, garam serta kaldu ayam bubuk. Aduk rata santannya, agar santan tidak pecah. Tes rasa, apabila sudah mendidih matikan api.
- Siap disajikan saat hangat dengan taburan bawang merah goreng & ditemani sambel terasi goreng.