Resep Opor Ayam Simple yang Sederhana

Indonesia sememangnya terkenal dengan pelbagai sajian masakan yang sedap dan menggugah selera. satu di antara makanan yang beken yakni opor ayam. sampai-sampai makanan khas Indonesia ini ada kalanya dihidangkan didalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sebenarnya memiliki cita rasa yang perisa dan gurih. Takaran kuah santan juga bumbu yang dipasang pun berbeda-beda. menjadi makanan yang mampu dijabarkan hampir semua daerah mempunyai ciri khas sendiri ini.


Ayam yakni komponen transenden dari masakan ini, selanjutnya ada kuah santan kental yang sanggup dijalani dari perasan kelapa langsung ataupun dapat mengenakan santan instan. serta pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, menata rasa yang enak serta penyajiannya lebih menggoda. malahan masakan ini jadi primadona kala lebaran yang umumnya disantap memakai ketupat atau lontong dan juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam bisa dimasak sesuai selera akan tetapi takaran bahan juga bumbunya kudu pas. Nah buat sobat yang sedang kepingin mengolah opor ayam maupun mencoba memasaknya di rumah, tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam gampang enak juga gurih.


Opor Ayam Simple

Bahan:
- 2 btng serai, geprek
- 4 lembar daun salam
- secukupnya bawang merah goreng
- 1 kg daging ayam, potong-potong
- Secukupnya minyak
- 65ml sachet santan instan
- 1 jempol besar lengkuas,geprek
- 1 liter air
- Secukupnya garam dan gula pasir

Bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 5 butir kemiri, sangrai
- 2 ruas jari jahe
- 6 siung bawang merah
- 1/2 sdt merica

Cara memasak:
- Rendam potongan ayam menggunakan jeruk nipis, cuci kembali sampai bersih.
- Rebus ayam sebentar sampai berubah warna saja, tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang.
Masukkan salam, dan lengkuas, aduk-aduk.
- Masukkan ayam, aduk sebentar. Tambahkan air biarkan mendidih, bumbui garam dan gula. Masak sampai ayam empuk. Terakhir masukkan santan instan, aduk kembali, tunggu hingga mendidih. Jangan lupa cek rasanya.
- Angkat, sajikan dengan taburan bawang merah goreng.