Resep Opor Ayam Putih Gurih Rasanya Emang Juara!

Indonesia sungguh terkenal dengan beragam sajian masakan yang sedap dan menggugah selera. satu di antara makanan yang tersohor yakni opor ayam. malahan makanan khas Indonesia ini sesekali dihidangkan didalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sungguh-sungguh memiliki cita rasa yang perisa dan gurih. Takaran kuah santan dan bumbu yang dimanfaatkan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang mampu dijabarkan hampir semua daerah punya ciri khas sendiri ini.


Ayam yaitu komponen fundamental dari masakan ini, bersama dengan itu ada kuah santan kental yang sanggup diikuti dari perasan kelapa langsung maupun dapat memakai santan instan. juga pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, menata rasa yang enak serta penyajiannya lebih menggoda. sampai-sampai masakan ini jadi primadona tatkala lebaran yang lazimnya disantap memakai ketupat maupun lontong juga juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam bisa dimasak sesuai selera tetapi takaran bahan serta bumbunya harus pas. Nah buat teman-teman transkerja yang sedang kepingin mengolah opor ayam maupun mencoba memasaknya di rumah, tetapi belum tahu metodenya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam mudah enak juga gurih.


Opor Ayam Boiler Sedap

Bahan:
- 1 ekor ayam boiler
- 2 lembar daun salam
- 4-5 lembar daun jeruk
- 2 batang serai
- 1,25 liter santan
- 1/2 sdt lada bubuk
- 3-4 cm kayu manis
- Garam dan kaldu bubuk secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 12 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 5-6 buah kemiri, sangrai
- 1/2 sdt jinten
- 2-3 cm kunyit
- 3 cm lengkuas
- 1 ruas jahe

Cara memasak:
- Lumuri ayam dengan jeruk nipis diamkan 15, cuci bersih dan sisihkan
- Tumis bumbu halus bersama daun salam, serai, daun jeruk hingga harum, lalu tuangkan santan secukupnya, masak hingga santan mendidih.
- Setelah mendidih tambahkan ayam, beri garam, lada bubuk dan kayu manis, kaldu bubuk, masak semua hingga daging ayam matang.
- Taburi bawang goreng saat disajikan.