Resep Opor Ayam Putih Gurih dan Cara Buatnya yang Gampang

Indonesia benar-benar terkenal dengan berbagai macam sajian masakan yang raos dan menggugah selera. satu di antara makanan yang populer yakni opor ayam. sampai-sampai makanan khas Indonesia ini sesekali dihidangkan di dalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sememangnya memiliki cita rasa yang gurih dan gurih. Takaran kuah santan serta bumbu yang dikenakan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang sanggup dijabarkan hampir semua daerah mendapati ciri khas sendiri ini.


Ayam ialah komponen esensial dari masakan ini, selanjutnya ada kuah santan kental yang mampu ditempuh dari perasan kelapa langsung atau dapat memakai santan instan. dan pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, mewujudkan rasa yang enak dan penyajiannya lebih menggoda. sampai-sampai masakan ini jadi primadona ketika lebaran yang umumnya disantap memakai ketupat ataupun lontong dan juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera tapi takaran bahan juga bumbunya mesti pas. Nah buat sahabat yang sedang kepingin mengolah opor ayam ataupun mencoba memasaknya di rumah, akan tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam gampang enak serta gurih.


Opor Ayam Putih Gurih

Bahan:
- 1 ekor ayam

Bumbu dihaluskan:
- 9 siung bawang putih
- 9 siung bawang merah
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdm lada
- 1 sdt jinten
- 7 butir kemiri

Bumbu utuh:
- Lengkuas secukupnya
- 5 lembar daun salam
- 2 batang serai

Bumbu lain:
- 1 liter santan
- Kaldu bubuk, garam secukupnya dan sejumput gula pasir untuk penyedap
- Minyak untuk menumis

Cara memasak:
- Rebus ayam tambahkan sedikit cuka atau air jeruk dan daun salam.
- Bumbu halus ditumis sampai harum lalu masukkan ayam, tambah sedikit air dan tutup rapat hingga ayam sedikit empuk dan air menyusut.
- Tambahkan air santan kental dan bumbu kaldu bubuk, garam serta sedikit gula. Koreksi rasa.
- Aduk hingga tercampur, setelah matang angkat dan taburi bawang merah goreng.
- Sajikan.