Resep Opor Ayam Kampung Bumbu Kental Spesial serta Nikmat

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan legendaris ini? dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori mengenai perayaan dan cerita terhadap kampung halaman. Masing-masing daerah di Indonesia boleh menjadi punya menu unggulan dan cita rasanya tersendiri. tetapi, untuk urusan opor ayam, hampir semuanya sepakat kalau rahasia kenikmatannya yaitu bumbu opor ayam yang komposisinya pas, ialah kombinasi antara bumbu halus dengan bumbu rempah yang bikin rasa opor ayam kuning terasa medok.


Resep opor ayam lazimnya tidak berdiri sendiri. Daerah Sumatera umumnya menghidangkan opor ayam sederajat dengan telur balado, rendang, juga keripik pedas. Daerah Jakarta dan Jawa Barat memahami opor ayam sebagai menu sarapan yang dikombinasikan dengan ketupat juga sayur labu. Ada pula Jogja yang identik dengan gudeg-nya, menghidangkan opor ayam sebagai menu pelengkap di dalam porsi nasi gudeg dan sambal krecek.


Jadi tidak melulu untuk perayaan saja, bukan? Opor ayam betul disajikan di beragam suasana. Untuk makanan sehari-hari di hunian rumah hingga pastinya saat Idul Fitri atau Idul Adha. Padukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk pengalaman bersantap yang paripurna.


Kalau lupa dengan cara bikinnya karena jarang memasak, teman-teman sanggup menyimak resep opor ayam di bawah ini.


Opor Ayam Kampung Bumbu Kental

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung
- 1000 ml air
- 100 ml santan instan kental
- 3 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- 2 batang serai, geprek
- 1 ruas lengkuas, geprek
- Kaldu jamur
- Garam
- Gula pasir

Bumbu halus:
- 12 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 4 butir kemiri, sangrai
- 1 sdt jintan
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt ketumbar, sangrai
- 1 ruas kunyit, bakar

Cara memasak:
- Cuci bersih ayam, potong sesuai selera.
- Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Aduk rata. Masak sampai harum dan daun berubah warna.
- Tambahkan ayam, aduk sampai rata dengan bumbu. Masukkan air, kaldu jamur, garam dan gula pasir, masak sampai mendidih.
- Tuang santan kental, masak sambil diaduk-aduk. Kecilkan api, masak hingga ayam empuk. Koreksi rasa.
- Angkat dan sajikan.