Resep Opor Ayam dan Telur Sedap yang Terenak

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan legendaris ini? dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori berkenaan perayaan dan cerita berkenaan kampung halaman. Masing-masing daerah di Indonesia boleh menjadi punya menu unggulan dan cita rasanya tersendiri. tetapi, untuk urusan opor ayam, hampir semuanya sepakat bahwasanya rahasia kenikmatannya ialah bumbu opor ayam yang komposisinya pas, merupakan kombinasi antara bumbu halus dengan bumbu rempah yang bikin rasa opor ayam kuning terasa medok.


Resep opor ayam umumnya tidak berdiri sendiri. Daerah Sumatera lazimnya menghidangkan opor ayam sejalan dengan telur balado, rendang, dan keripik pedas. Daerah Jakarta dan Jawa Barat mengetahui opor ayam sebagai menu sarapan yang dikombinasikan dengan ketupat juga sayur labu. Ada pula Jogja yang identik dengan gudeg-nya, menghidangkan opor ayam sebagai menu pelengkap di dalam porsi nasi gudeg juga sambal krecek.


Jadi gak melulu untuk perayaan saja, bukan? Opor ayam betul disajikan di bermacam-macam suasana. Untuk makanan sehari-hari di tempat tinggal hingga pastinya saat Idul Fitri maupun Idul Adha. Padukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk profesionalisme bersantap yang paripurna.


Kalau lupa dengan cara bikinnya sebab jarang memasak, teman-teman transkerja dapat menyimak resep opor ayam di bawah ini.


Opor Ayam dan Telur Sedap

Bahan utama:
- 1 ekor ayam, bersihkan,goreng setengah matang
- 5 butir telur, rebus, kupas
- 2 pack santan kara segitiga
- 3 batang serai, geprek
- 3 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 1 jempol lengkuas, geprek
- 1,5 liter air
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Merica bubuk secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 15 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 1/2 sdm ketumbar, sangrai
- 3 butir kemiri, sangrai
- 1 sdt jinten, sangrai
- 1/2 sdt merica butiran
- Sejumput kunyit bubuk

Cara memasak:
- Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga wangi dan matang. Kemudian masukkan ayam, aduk rata hingga ayam terbalut bumbu.
- Masukkan air, aduk rata. Kemudian masukkan telur. Masak hingga mendidih. Lalu masukkan santan, aduk rata. Aduk hingga mendidih kembali.
- Bumbui dengan garam, gula dan merica. Tes rasa. Jika sudah enak, matikan api.
- Taburi dengan bawang goreng jika suka, sajikan.