Resep Opor Ayam dan Telur Sedap Semua Pasti Suka!

Indonesia sebenarnya terkenal dengan berbagai sajian masakan yang hosit dan menggugah selera. satu di antara makanan yang tersohor yakni opor ayam. sampai-sampai makanan khas Indonesia ini terkadang dihidangkan didalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini benar-benar memiliki cita rasa yang gurih dan gurih. Takaran kuah santan juga bumbu yang diterapkan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang mampu dijabarkan hampir semua daerah mendapati ciri khas sendiri ini.


Ayam yaitu komponen baku dari masakan ini, bersama dengan itu ada kuah santan kental yang dapat dihadapi dari perasan kelapa langsung maupun dapat memanfaatkan santan instan. juga pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, membentuk rasa yang enak juga penyajiannya lebih menggoda. sampai-sampai masakan ini jadi primadona tatkala lebaran yang lazimnya disantap memakai ketupat ataupun lontong dan juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera tapi takaran bahan serta bumbunya mesti pas. Nah buat kawan-kawan yang sedang kepingin mengolah opor ayam maupun mencoba memasaknya di rumah, tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam mudah enak serta gurih.


Opor Ayam Kampung Simpel dan Gurih

Bahan:
- 1 ekor ayam kampung muda, potong-potong sesuai selera
- 250 ml santan kental
- 1 liter santan encer
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 2 batang serai, geprek.
- 2 lembar daun dalam.
- 2 lembar daun jeruk.
- 1-2 sdm gula merah.
- Garam dan penyedap jamur secukupnya
- Minyak untuk menumis.
- Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus:
- 11 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 buah cabai merah merah
- 5 butir kemiri, sangrai
- 1 sdt ketumbar.
- 1/2 sdt jintan.
- 1/2 sdt lada

Cara memasak:
- Tumis bumbu halus hingga harum beserta lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk. Masukkan ayam hingga berubah warna, tuang santan encer, didihkan.
- Tambahkan gula merah, garam, penyedap jamur, aduk, masak hingga ayam setengah matang.
- Tuang santan kental, masak hingga ayam matang sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
- Koreksi rasa. Angkat. Beri taburan bawang goreng. Sajikan.