Resep Nasi Goreng Chinese Food yang Praktis, Rugi Kalau Tidak Tahu!

Nasi goreng berjibun dijual di pinggir jalan hingga restoran. Menu ini menjadi satu di antara makanan favorit warga negara Indonesia. Nasi goreng umumnya disajikan dengan berbagai ragam kreasi topping kayak ayam, ikan teri, bakso, babat, atau yang lainnya.


Walaupun terkesan simpel, nasi goreng memiliki cita rasa unik di lidah. Semua nasi goreng itu enak, tak terkecuali nasi goreng ini. Nasi goreng ini dimasak pakai bumbu-bumbu sederhana. sesuai buat sarapan keluarga, berikut resep nasi goreng yang mampu sobat coba.



Sonia Stephanie @Stephanie_sonia D.I Yogyakarta


nasi masi sisa bnyak, syang klau gak dimakan, dan udah masak nasi baru. akhirnya bikin nasi goreng ini aja, enakk.. bahan dkulkas ada smua. bisa jg dtambah sosis, baso, cumi, ikan asin, atau isian apapun yg sesuai selera, enak jg. tp sy suka yg sperti ini polosan, ckup udang dan ayam, wangiii banget, persis seperti makan nasi goreng di restoran chinese kenamaan di jogja Sera*u. coba bikin yukkk


Bahan-bahan


  1. 100 gr dada ayam fillet, potong dadu
  2. 50 gr udang kupas, geprek kasar
  3. 2 piring nasi putih, yg agak meprul
  4. 2 butir telur ayam, kocok lepas
  5. 1 batang daun bawang, iris halus membulat
  6. 1 sdm kecap asin
  7. 1 sdt minyak wijen
  8. 1 sdm kecap ikan
  9. 1 sdm saus tiram
  10. 1/2 sdt kaldu jamur
  11. 1 sdt peres garam halus
  12. 1/2 sdt gula pasir
  13. 1/2 sdt merica bubuk
  14. bumbu :
  15. 5 siung bawang putih geprek kasar
  16. 1/2 bh bawang bombay, uk sedang, cincang
  17. minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat


  1. Panaskan minyak goreng, goreng telur, kacau, supaya menjadi kecil2 seperti untuk orak arik, jangan terlalu halus ya mengacaunya. jika sudah kekuningan dan menggumpal, angkat sisihkan


  2. Tumis bawang putih dan merica bubuk dengan menggunakan minyak dan penggorengan yg bekas untuk menggoreng telur, tumis hingga bumbu matang dan harum.


  3. Masukkan udang dan ayam, tumis kembali hingga ayam dan udang matang dan harum, susul dengan bawang bombay, tumis kembali hingga harum dan bawang bombay layu. masukkan telur yg digoreng kacau tadi.


  4. Kecilkan api, masukkan kecap ikan, kecap asin, tumis kembali. matikan api masukkan nasi putih, saus tiram, garam, kaldu jamur, gula pasir, aduk2 hingga semua bumbu tercampur rata.


  5. Nyalakan api, tumis nasi goreng hingga matang dan harum, dan semua bumbu pastikan tercampur merata. masukkan minyak wijen dan daun bawang, aduk merata.


  6. Perbaiki rasa, sajikan, angkat.


  7. Cocok disajikan dengan acar timun dan rawit hijau.