Apa itu Magnetic Clutch Pada AC Mobil? Fungsi Magnetic Clutch AC Mobil, Penyebab Magnetic Clutch AC Mobil Rusak

Menjadi satu di antara komponen AC kendaraan, magnetic clutch kerap sekali muncul suatu problem. Sewaktu terjadi kerusakan, AC mobil tak urung jadi tak dingin. Lantas lumrah saja andaikata dinyatakan kalau komponen ini adalah komponen utama. Sepadan dengan kompresor AC mobil, kondensor, juga evaporator.


Dikesempatan ini, komponen ini akan dikupas secara komprehensif. Dimulai dari pembahasan fungsi dan cara kerjanya, dampak yang berlangsung pada saat komponen ini rusak, sampai cara melindungi biar komponen ini senantiasa awet.


Magnetic clutch adalah komponen pada sistem AC mobil yang berbentuk pulley atau katrol. Pulley ini berotasi secara berkesinambungan mengikuti putaran mesin yg terkombinasi melalui fan belt.


Komponen ini pula mendapati peran untuk menyambung kompresor dengan putaran mesin. Selanjutnya magnetic clutch juga berperan memutuskan kompresor dengan putaran mesin. Cara kerjanya amat sederhana:


Pada saat Mesin mobil Bekerja


Pulley (magnetic clutch) bakal ikut berputar mengikuti putaran mesin. Dari putaraan pulley ini, akan ada arus listrik pada magnet spool. Arus listrik ini akan menarik center piece serta menekan permukaan gesek pulley. Adanya arus listrik ini bakal sebabkan center piece berputar mengikuti putaran pulley. Kompresorpun selanjutnya bakal ikut berputar.


Sewaktu Mesin tak Bekerja


Pulley bakal berhenti bekerja karena putaran mesin tak ada. Efeknya, kompresor AC mobil juga gak bekerja karena tidak ada arus listrik di magnet spool.


Cukup sederhanakan macam mana sistem kerja pada clutch? Konstituen yang buat sebagian orang ditulis dengan nama magnitklat ini sanggup dikatakan sebagai alat pengaktif dan penonaktif kerja kompresor. Udah bisa dibayangkan sekiranya komponen ini sampai mendapati kerusakan?


Hasil yang terjadi sewaktu Magnetic Clutch Rusak


Kerusakan pada magnitklat biasa terjadi. Terlebihnya jika bagian yang dipasang berkualitas rendah, maupun tidak kompatibel dengan spesifikasi AC mobil. Pada saat magnitklat mendapati kerusakan, maka akan terdapat beberapa akibat yang ditimbulkan. Akibat tersebut di antaranya adalah:


Kompresor AC mobil Tidak Bekerja


Karena fungsi komponen magnitklat yaitu sebagai penghubung serta pemutus kerja kompresor, maka kerusakan komponen ini sama artinya dengan tak bisa bekerjanya kompresor dengan normal. Tapi tidak bermakna kerusakan magnitklat tentu menyebabkan kompresor mati total.


Ya, kadangkala kompresor masih berputar meskipun magnitklat daya kemagnetannya udah berkurang. Tapi tentu saja putaran kompresor akan kurang. Hal ini akan merupakan satu diantara penyebab AC mobil tidak dingin.


Bunyi Kasar pada AC Mobil


Kerusakan pada magnetic clutch juga bakal membawa dampak munculnya bunyi kasar ketika AC menyala. Bunyi ini berasal dari gesekan permukaan magnet pulley dengan pelat center piece.


Sebenarnya permasalahan ini enggak terlalu berbahaya, akan tetapi tentu saja bunyi ini cukup mengganggu juga membuat was-was. Keadaan sulit ini lazimnya terjadi karena adanya karat. Mampu juga karena letak juga jarak magnetic pulley juga center piece sudah tidak presisi.


AC mobil Kurang Dingin


Kompresor mungkin saja selalu dapat bekerja, tetapi tidak maksimal sebab magnetic clutch tak mampu mendatangkan putaran yang cukup. Akibatnya, muncul gejala AC mobil yang kurang dingin. Sanggup juga mengakibatkan gejala AC mobil hanya keluar angin.


Selain ketiga hal di atas, terdapat beberapa gejala lain yang muncul dan menandakan ada kerusakan pada clutch. Gejala tersebut di antaranya yakni AC mobil tidak dingin tatkala macet, AC kendaraan tidak dingin kala siang hari, dan AC mobil kadang dingin kadang keluar hawa panas,


Pernah menghadapi satu di antara gejala di atas? Kemungkinan besar problem tersebut terbentuk karena adanya kerusakan pada magnitklat.


Penyebab Kerusakan Magnetic Clutch


Lantas apa yang membawa dampak pulley mendapati kerusakan? Muncul beberapa hal yang dikenal akan sebabkan kejadian kerusakan. Baik yang mewujudkan berkarat, tak lagi mempunyai daya magnetism, ataupun yang mengakibatkan center piecenya tak lagi presisi.


Adapun sejumlah penyebab kerusakan pulley AC mobil ini antara lain adalah:


Kualitas


Spare part kendaraan memiliki kualitas yang bervariasi. Tidak terkecuali magnetikklat ini. Semakin tinggi kualitasnya, semakin lama daya tahannya. Sayangnya, di pasaran melimpah magnetikklat dengan kualitas rendah.


Umur Magnetic Clutch


Spare part ini mendapati umur sesuai dengan kualitasnya. Lazimnya berkisar dari sekitar 3 bulan sampai sekitar 5 tahun. Semakin tinggi kualitasnya, spare part maupun komponen ini akan lebih tahan lama serta awet.


Kebiasaan Buruk ketika mengemudi


Sebagian pengemudi menyetel suhu pada level rendah tatkala mobil melaju di kecepatan tinggi. Tujuannya sederhana, supaya kabin tak terlalu dingin juga agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Sayangnya situasi tersebut memicu pulley menjadi cepat putus nyambung – putus nyambung. Akibatnya, tatkala di putaran tinggi maka clutch bergesekan dengan betul-betul kasar.


Hal di atas mesti menyebabkan pulley AC mobil jadi cepat aus. Maka dari itu, betul-betul disarankan untuk menyetel full temperatur AC kendaraan saat kendaraan melaku pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu clutch sanggup jadi lebih awet.


Agar melindungi komponen-komponen pada AC mobil tetap awet, pemeliharaan berkala wajib dilakukan. Enggak hanya ganti oli, akan tetapi juga keinginan lainnya semacam tune up, maintenance AC mobil, hingga maintenance radiator mobil.


Apakah magnetic clutch dapat diperbaiki?

Magnetic clutch pada AC mobil bisa diperbaiki. Sayangnya magnetic clutch hasil perbaikan enggak awet. Menjadi daripada bolak-balik ke bengkel mobil, amat disarankan untuk langsung ganti baru.


Berapa harga magnetic clutch?

Harga magnetic clutch di bengkel mobil berkisar di angka 500 ribu sampai 1 jutaan. Tergantung jenis mobil. Harga ini belum terdiri pada jasa bongkar serta biaya pemasangan.


Bagaimana cara tahu bahwa magnetic clutch rusak?

Ketika muncul gejala AC mobil tidak dingin tatkala macet ataupun hanya dingin kala malam, maka kemungkinan besar berlangsung kerusakan pada magnetic clutch. Juga kala RPM kompresor enggak bisa naik ke RPM standart. Adanya warna merah pada perbatasan pulley juga jadi tanda keausan.”


Itulah sejumlah hal seputar magnetic clutch yang berguna untuk diketahui. Semoga keterangan ini meringankan kita semua untuk semakin mengetahui masalah-masalah yang kerap kali berlangsung pada AC mobil. Senang dapat menjadi solusi dilema AC mobil.