Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner Serta Fungsinya

Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner Serta Fungsinya - Kalau pemilik kendaraan bermotor yang gemar mengerjakan perawatan motor tentu saja sudah tak asing mendengar injector cleaner maupun carbon cleaner. Produk pembersih injeksi maupun karbon ini melimpa…

Kalau pemilik kendaraan bermotor yang gemar mengerjakan perawatan motor tentu saja sudah tak asing mendengar injector cleaner maupun carbon cleaner. Produk pembersih injeksi maupun karbon ini melimpah dijual bebas di pasaran.


hanya saja hingga saat ini masih melimpah pemilik kendaraan yang masih ragu berkenaan peranan injektor serta carbon cleaner, sedangkan keduanya mendapati perbedaan yang benar-benar mendasar. Berikut ini perbedaan antara pembersih injektor serta pembersih karbon.


Perbedaan Injector Cleaner VS Carbon Cleaner

Injektor yaitu komponen berharga didalam sebentuk kendaraan bermotor. Komponen ini berperan untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran di dalam mesin.


Komponen ini bakal bermasalah jikalau terbentuk penumpukan sisa bahan bakar pada injektor serta karbon pada mesin.


Untuk menangani persoalan tersebut, digunakan cairan khusus berupa injector juga carbon cleaner. Residu sisa pembakaran pada injektor bisa dibersihkan dengan pembersih injektor. Sedangkan karbon pada mesin dibersihkan memakai pembersih karbon.


Dengan demikian, dapat disimpulkan kalau pembersih injektor ialah layanan ataupun alat yang diterapkan untuk membersihkan komponen injektor pada kendaraan, alhasil terbebas dari sisa pembakaran serta bikin bahan bakar kendaraan senantiasa terjaga didalam kualifikasi bersih.


Sedangkan pembersih karbon ialah alat untuk melakukan pembersihan ruang bakar memakai cairan maupun busa pembersih khusus yang dimasukkan di dalam ruang pembakaran, walhasil kerak karbon dapat dihilangkan.


1. Fokus Pembersihan

Perbedaan yang paling esensial dari pembersih injektor serta karbon bertempat pada fokus pembersihannya. Fokus pembersihan dari kedua metode pembersihan kendaraan bermotor ini saling bertolak belakang.


setakar dengan namanya, pembersih injektor berperan untuk melakukan pembersihan injektor, lebih tepatnya pada bagian lubang ataupun hole injector. Lubang ini dibersihkan untuk meluputkan insiden penumpukan residu sisa pembakaran pada lubang pin injektor.


Sedangkan pembersih karbon berperan untuk melangsungkan pembersihan kerak-kerak karbon sisa pembakaran, yang berada di atas piston atau karburator maupun throttle body. Karbon ini kudu dihilangkan sebab dapat mengganggu kinerja kendaraan.


2. Tujuan Pembersihan

Pembersihan injektor dikonkretkan supaya sistem bahan bakar selalu bersih. Situasi ini akan berdampak langsung pada kinerja kendaraan. Proses pembakaran yang baik sebab sistemnya yang bersih akan memajukan kinerja kendaraan.


Sedangkan pembersihan karbon dibuat supaya seluruh sistem yang berkaitan dengan pembakaran dapat bekerja dengan lebih baik. Bertumpuknya kerak karbon pada mesin dapat menyebabkan kendaraan jadi kurang responsif serta kurang bertenaga, walhasil kudu dibersihkan.


3. Bentuk

Baik pembersih injektor ataupun karbon mempunyai bermacam ragam bentuk yang dimanfaatkan selaras dengan keperluan kendaraan. Ada pembersih injektor yang berbentuk cairan maupun bukan. Begitu pula dengan pembersih karbon, ada yang berbentuk cairan serta pasta.


pada lazimnya, pembersih karbon yang berbentuk cairan diperlukan hanya pada pemeliharaan ringan saja. Penerapan pembersih karbon cair ini relatif mudah, walhasil pembersihannya berlimpah dilangsungkan oleh pemilik kendaraan sendiri di rumah.


Cara Menggunakan

Cara memakai pembersih injektor juga karbon bergantung pada bentuk pembersih yang disesuaikan dengan tipe kendaraan. Sejumlah produk kendaraan mendapati cara tersendiri untuk memakai kedua jenis pembersih ini. Tapi pada dasarnya sama saja.


Injector cleaner ataupun pembersih injektor yang tak berbentuk cairan dipakai untuk membersihkan jalur injeksi hingga lubang injektor. Metode pemakaiannya, throttle body dibuka terlebih dahulu kemudian baru dibersihkan memakai pembersih injektor ini.


Sedangkan pembersih injektor berbentuk cairan lebih gampang penggunaannya. Untuk memakai pembersih ini, sahabat cuma tinggal mengombinasikan cairan pembersih injektor ke tangki bensin.


Namun, hindari pemakaian injector cleaner pada mobil yang tidak dikenakan pada waktu yang lama. Keadaan ini bakal menyebabkan kualitas pembersihan komponen menurun walhasil pembersihan gak maksimal. Manfaatkan juga pembersih berkualitas tinggi yang sinkron dengan kebutuhan kendaraan sobat.


Namun lain halnya dengan pembersih karbon. Pendayagunaan pembersih karbon berbentuk cair amat mudah. Sahabat cuma tinggal mencampur cairan pembersih ini ke bahan bakar.


Penggunaan pembersih karbon berbentuk pasta juga relatif mudah. Pembersihan kerak sisa pembakaran dapat dikonkretkan dengan memasukkan pasta anti karbon pada lubang busi, kemudian hidupkan motor dengan teknik disela.


Jangka Waktu Perawatan

maintenance kendaraan injeksi biasanya dimanifestasikan dengan pembersih injektor dan carbon. Pemeliharaan dengan pembersih injektor mempunyai jangka waktu yang berbeda dari perawatan dengan pembersih karbon.


Jika memakai pembersih injektor, sepantasnya direalisasikan secara teratur setiap sejumlah bulan sekali. Atau akan lebih baik bila kamu membersihkan injektor setiap pemakaian kendaraan sudah mencapai 4000 hingga 5000 km.


Sedangkan jangka waktu perawatan kendaraan dengan pembersih karbon sedikit lebih singkat. Pembersih karbon akan lebih baik diperlukan setiap jangka waktu pemakaian kendaraan sudah mencapai 3000 km, ketika kerak belum terlalu berjibun dan berapit erat alhasil gampang dibersihkan.


Kondisi harapan kendaraan bermotor akan pemeliharaan bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan pemakaiannya. Bila kendaraan udah terasa tak nyaman juga performanya menurun, segeralah laksanakan perawatan dengan membersihkan injektor.


Harga

Harga pembersih injektor biasanya berkisar Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- sesuai dengan kualitas yang dimiliki cairan pembersih ini. Sedangkan harga pembersih karbon menjurus lebih murah daripada pembersih injektor. Pembersih karbon bisa kawan-kawan Transkerja dapatkan dengan harga sekitar Rp 30.000,-


Range harga tersebut sesuai dengan kadar kandungan zat yang ditemukan di dalamnya. Untuk hasil pembersihan lebih bagus, jangan cuma dipandang dari harganya saja. Ikuti rekomendasi dari bengkel resmi kendaraan supaya mesin kendaraan sahabat Transkerja selalu terjaga.


Resiko

Apapun yang diperlukan secara berlebihan, pasti akan mengakibatkan akibat yang negatif. Begitu pula dengan pemakaian injektor serta carbon cleaner ini. Resiko pemakaian kedua jenis perawatan kendaraan ini dapat dijabarkan sebagai berikut.


1. Pembersih Injektor

Penggunaan injector cleaner secara sembarangan bisa mengakibatkan resiko yang berbahaya bagi motor injeksi. Untuk menyemprotkan cairan pembersih ini diperlukan profesionalisme dan pengetahuan agar enggak mendatangkan permasalahan.


Masalah yang mampu tumbuh dari pembersihan yang sembarangan antara lain, motor akan kehilangan tenaga alhasil sulit dihidupkan.


kalau dapat dihidupkan, kemungkinan kepiawaian mesin jadi rendah. Hal terburuk yang sanggup berlangsung adalah motor bisa betul-betul mati, enggak dapat dihidupkan.


Selain penerapan yang sembarangan, cairan ini juga enggak baik bagi kendaraan andaikan cairan yang diperlukan berkualitas rendah. Pembersih injektor berkualitas rendah mendapati kandungan aseton yang tinggi.


Zat kimia tersebut benar-benar dapat membersihkan sisa pembakaran dengan baik. Harganya pun menjurus lebih murah. Tapi zat ini bisa merusak logam dan cat kendaraan. Bahkan, bila kadarnya terlalu tinggi dapat merusak seal juga sensor sensitif pada kendaraan.


2. Pembersih Karbon

Pembersihan karbon dengan cairan pembersih karbon dinilai benar-benar ampuh menyirnakan kerak karbon walhasil ruang pembakaran jadi lebih bersih. Akan tetapi terlalu sekali-sekali menyelenggarakan pembersihan ini malah akan mengakibatkan persoalan pada kendaraan.


andaikata cara ini terlalu ada kalanya dilakukan, maka yang terangkat bukan cuma kerak karbon saja melainkan lapisan dari kepala piston. Terkikisnya lapisan kepala piston semakin lama akan semakin memperburuk performa komponen tersebut.


Untuk meninggalkan resiko yang disebabkan dari proses pembersihan yang sembarangan, kamu bisa memanfaatkan produk original injector cleaner dari untuk perolehan yang optimal. Serta percayakan perawatan kendaraan kesayangan kamu pada bengkel terdekat.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement